Bisnis

Ini 7 Inovasi Usaha di Desa yang Dapat Anda Terapkan

Inovasi usaha di desa penting Anda ketahui untuk memulai usaha di desa. Sebagian pelaku usaha termasuk Anda mungkin berpikir jika membuka bisnis di kota besar akan lebih menguntungkan, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar loh! Usaha di desa juga menguntungkan apalagi jika dilakukan dengan maksimal. Lalu, inovasi usaha seperti apakah yang bisa dilakukan di desa? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Daftar Inovasi Bisnis di Desa

1. Bisnis Kebun Sayur Organik

Sektor pertanian saat ini banyak mengandalkan obat-obatan kimia untuk mengusir hama, padahal hal tersebut tidaklah baik bagi kesehatan jika dikonsumsi untuk waktu lama. Karena fenomena tersebut, sayuran yang diproduksi secara organik makin digandrungi masyarakat. Inilah mengapa kebun sayur organik dapat menjadi salah satu inovasi bisnis di pedesaan.

 

Untuk diketahui, jika kebun sayur konvensional hanya mengandalkan pestisida kimia dan minim perawatan, maka perawatan kebun sayur organik harus terbebas sepenuhnya dari pestisida kimia. Sebagai gantinya, petani sayur organik dapat menggunakan paranet atau jaring sebagai tindakan pencegahan hama. Atau menggunakan cara manual untuk menghilangkan hama dan gulma yang tumbuh di sekitar kebun.

2. Bisnis Laundry Antar-Jemput

Bisnis laundry menjamur di seluruh sudut kota besar lantaran peminatnya yang banyak. Akan tetapi di desa berkembang, bisnis ini dapat menjadi inovasi usaha yang menjanjikan. Guna meningkatkan daya tarik masyarakat sekitar, Anda dapat menambahkan sejumlah layanan ekstra seperti antar-jemput, diskon pemesanan layanan pertama, cashback, dan lain sebagainya.

3. Franchise Minuman Kekinian

Bukan hanya digilai di kawasan perkotaan saja, minuman kekinian layaknya buble drink, teh keju, thai tea, atau sejenisnya juga diminati oleh masyarakat dari desa bebrkembang. Selain prospeknya yang menjanjikan, bisnis franchise dapat dimulai dengan modal yang relatif terjangkau. Diketahui, beberapa brand minuman kekinian mematok biaya kemitraan yang murah mulai dari Rp 2.000.000.

4. Usaha Agrowisata

Apabila Anda mempunyai lahan yang cukup luas di desa namun bingung bagaimana cara memanfaatkannya, Anda dapat menjajal bisnis agrowisata sebagai inovasi usaha. Cukup banyak tema agrowisata yang bisa diangkat, misalnya saja perkebunan buah-buahan segar, aneka tanaman pangan, hortikultura, hingga peternakan. Selain akan menghasilkan berbagai bahan pangan untuk dijual, usaha ini dapat menarik minat wisatawan sehingga menghasilkan profit yang berlipat ganda.

5. Rumah Makan Berkonsep Alam

Saat ini, rumah makan yang mengangkat konsep alam banyak disinggahi masyarakat karena sensasi berbeda yang ditawarkannya. Terlebih bagi orang-orang yang terbiasa dengan mobilitas dinamis, distraksi perkotaan, rumah makan dengan konsep alam sering dijadikan tujuan untuk melepas stres dan penat. Sebagai inovasi, Anda dapat menyajikan menu makanan out of the box yang jarang ditemui seperti makanan tradisional perumahan.

6. Lembaga Kursus Bahasa

Jika Anda mempunyai kemampuan bahasa asing yang bagus, membuka kursus bahasa sendiri di desa bukanlah ide buruk untuk dicoba. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang memasukkan kemampuan bahasa asing sebagai syarat calon pegawainya. Tentulah peluang usaha ini masih sangat luas di desa berkembang.

7. Menjajakan Aneka Makanan Ringan yang Unik

Cukup banyak variasi makanan ringan kekinian yang unik untuk Anda pertimbangkan dipasarkan di desa, entah itu dijual langsung, membuka warung makanan ringan sendiri, maupun dititipkan ke toko atau warung. Salah satu contoh makanan ringan unik nan kekinian adalah martabak dengan berbagai varian rasa menarik, pisang nugget, takoyaki, sosis telur, oreo goreng, bolu karakter, dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa inovasi usaha di desa yang bisa Anda coba. Untuk mengembangkan usaha di desa tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha di desa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha di desa dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

 

Chinta Safira. 8 Ide Inovasi Usaha di Desa Berkembang yang Potensial dan Menjanjikan. Bisnishandal.com : https://bit.ly/3o7EvhS

Share this Post

Artikel Terbaru