Bisnis

Ini 7 Cara Praktis Membuka Bisnis Jual Beli Motor Beka

Bisnis jual beli motor bekas menjadi salah satu bisnis yang bisa Anda coba. Hampir setiap rumah terutama di kota-kota besar membutuhkan kendaraan motor untuk mobilitas sehari-hari. Tentu ini menjadi peluang untuk Anda membuka bisnis jual beli motor bekas. Apalagi harga motor baru semakin lama semakin mahal, jadi semakin banyak orang yang membutuhkan motor bekas yang lebih murah. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari cara membuka bisnis jual beli motor bekas dibawah ini.

Tips Praktis Usaha Jual Beli Motor Bekas

1. Cermat dalam Memilih Produk

Mengingat produk yang diperjualbelikan merupakan bekas, penting bagi Anda untuk memilih motor yang masih layak guna. Dengan demikian, pembeli tidak akan ragu untuk membelinya. Selain kondisi fisik luarnya, Anda juga perlu memeriksa bagian mesin motor. Apakah masih berfungsi dengan baik atau perlu diperbaiki, bahkan diganti dengan yang baru.

Cermat dalam memilih produk motor second hand sejatinya ditujukan agar biaya servis motor tidak terlalu membengkak. Sehingga anggaran yang dimiliki bisa dialihkan pada kepentingan lain. Untuk dapat memeriksa kelayakan motor bekas, Anda dapat mencoba melakukan test drive terlebih dahulu.

2. Melakukan Perawatan Secara Optimal

Pada dasarnya, motor bekas yang memiliki kondisi fisik luar dan mesin yang optimal pasti mempunyai nilai tersendiri di hati calon pembeli. Karena itu, memasang harga jual motor bekas yang tinggi pun tidak akan menjadi masalah selama performanya masih oke karena dirawat secara maksimal. Apabila Anda berniat melakukan servis motor, pastikan untuk melakukan riset biaya servis lebih dulu. Kumpulkan rate dari beberapa bengkel dan bandingkan satu sama lainnya. Setelah itu, pilih satu yang menawarkan servis sesuai kebutuhan namun dengan harga termurah diantaranya.

3. Memeriksa Kelengkapan Surat-Surat

Surat-surat yang menyertai motor wajib diperiksa kelengkapannya. Lagipula, siapa sih yang mau beli motor tanpa surat lengkap? Keberadaan surat-surat kendaraan bermotor dapat menjadi tanda bahwa motor bekas tersebut memang dimiliki oleh seseorang dan bukan merupakan hasil curian.

Disamping itu, pembeli akan menaruh kepercayaan lebih pada pelaku bisnis motor bekas yang menjanjikan kelengkapan surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Surat yang lengkap juga akan menghindarkan calon pembeli dari berbagai masalah yang mungkin terjadi setelah membelinya.

4. Cek Pajak Kendaraan

Jika suatu kendaraan bermotor memiliki tunggakan pajak dalam jumlah besar, maka harga jual motor bekas tersebut akan semakin rendah. Berbeda halnya jika pajak motor tersebut selalu dibayarkan tepat waktu. Nilai jualnya secara otomatis akan naik dan pembeli tidak perlu kerepotan dalam mengurus keterlambatan pembayaran motor bekas.

5. Menentukan Target Pasar

Secara garis besar, tiap-tiap kendaraan mempunyai segmen pasarnya masing-masing, termasuk halnya dengan motor bekas. Penentuan target pasar yang tepat akan ikut meningkatkan penjualan bisnis Anda. untuk itu, cobalah tawarkan motor bekas yang dijual pada komunitas pecinta motor di daerah sekitar Anda.

6. Mengetahui Harga Jual Pasaran

Salah satu trik yang bisa digunakan untuk mengetahui harga jual motor bekas di pasaran ialah dengan melakukan riset pasar. Tidak perlu jauh-jauh mengunjungi showroom motor bekas satu per satu, Anda bisa melihatnya di rumah lewat situs e-commerce.

7. Menentukan Proses Platform Penjualan

Anda dapat menjalankan bisnis ini secara online maupun offline. Pada dasarnya tiap-tiap platform penjualan memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya mencoba dua platform tersebut secara langsung. Namun jika tidak, pilihlah salah satu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan target pasar Anda.

Itulah beberapa cara praktis dalam memulai bisnis jual beli motor bekas yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis jual beli motor bekas, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis jual beli motor bekas dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Ari Nursanti. 30 Agustus 2021, 17:00 WIB. Cara Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas untuk Para Pemula dan Estimasi Modalnya. Pikiran-rakyat.com : https://bit.ly/3KW9x6Kv

Share this Post