Bisnis

Ini 6 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Sejak pandemi Covid-19 di awal tahun 2020, bisnis makanan online tumbuh pesat. Tak heran banyak orang yang membutuhkan cara memulai bisnis makanan online. Berkembangnya teknologi juga menjadi faktor semakin mudahnya memulai usaha bisnis makanan online. Berikut ini beberapa cara memulai bisnis makanan secara online yang bisa Anda terapkan untuk menambah imbal hasil.

1. Temukan Ide

Jika ingin memulai bisnis makanan online, tentukan jenis makanan atau minuman yang akan dijual. Misalnya saja ingin menjual aneka makanan beku atau Frozen food, bisa juga ide menjual sambal rumahan, bahkan ide menjual makanan sehat baik untuk menjaga kesehatan dan program diet. Banyak ide yang bagus untuk memulai usaha makanan online

2. Siapkan Modal

Jika sudah mengetahui jenis produk makanan atau minuman apa yang akan dijual, ini memudahkan penghitungan modal awal. Setiap ide jualan makanan online memiliki besar modal yang berbeda. Usaha makanan biasanya membutuhkan modal untuk alat masak, kemasan, dan yang paling penting bahan baku dan perlengkapan masak.

Semua itu harus dihitung di awal atau sebelum memulai bisnis. Bisnis makanan online tentu membutuhkan modal lebih sedikit, karena pelaku bisnis tidak perlu menyediakan dana untuk sewa tempat.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis makanan online, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis makanan online dengan lancar dan maksimal.

3. Tentukan Target Pasar

Untuk bisa menentukan target pasar, perlu dilakukan survey. Survey atau riset bisa dilakukan dengan cara mengatami media sosial, makanan apa yang sedang banyak dicari dan kalangan mana yang paling banyak mencari makanan tersebut. Setelah melakukan survey atau riset, secara otomatis akan terpikir siapa target pasar yang sesuai dengan produk yang sudah ditentukan.

Contohnya, ada ide menjual salad buah. Saat melakukan survey, anak muda dan komunitas diet yang banyak mencari produk makanan tersebut. Maka pasarkan salad yang akan dijual di komunitas gym, zumba, dan sejenisnya.

4. Pilih Pemasok Bahan Baku

Usaha makanan online tentu membutuhkan bahan baku mentah dimana biasanya masa kadaluarsanya sangat terbatas. Untuk itu pilihlah pemasok dengan tepat. Pastikan pemasok bahan makanan mentah menyediakan yang segar. Paling penting pilihlah pemasok utama yang bisa dipercaya atau tidak menipu soal kualitas bahan makanan mentah yang dijual. Jika perlu, cari pemasok cadangan yang bisa backup pemasok utama saat sedang berhalangan. Jadi produksi makanan tidak akan terganggu.

5. Menentukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sudah bisa dipikirkan sejak ide dan target pasar sudah jelas. Kunci dari pemasaran produk adalah tepat sasaran. Oleh karena itu mengapa menentukan target pasar di awal sangatlah penting. Strategi pemasaran ini meliputi hal-hal yang terlihat remeh namun memberikan pengaruh sangat besar. Misalnya, nama toko makanan online, kemasan dari produk makanan online yang dijual, pemilihan logo dan warna khas dari toko online tersebut. Banyak hal yang sangat detail dalam membuat strategi pemasaran. Jadi pastikan untuk memikirkan dan membuatnya dengan sungguh-sungguh.

6. Tentukan Menu

Membuka usaha makanan tentu tidak hanya satu menu saja yang dijual. Ada menu makanan lain yang pasti juga dijual dalam satu toko makanan online. Namun, tentukan menu atau produk khusus dari toko makanan online. Istilahnya adalah menu best seller. Ini adalah bagian dari strategi pemasaran agar bisa menarik lebih banyak konsumen. Pastikan dalam menjalankan sebuah toko makanan online selalu melakukan inovasi. Inovasi adalah cara untuk bisa mengembangkan usaha makanan yang sudah jalan agar lebih maju.

Cara memulai bisnis makanan online cukup sederhana. Asalkan sudah memiliki ide dan target pasar, selanjutnya adalah menyiapkan dana untuk modal memulainya. Untuk tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang.sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download Investree for Lender di Google Play Store dan App Store sekarang juga atau kunjungi website https://investree.id/loan.

Referensi :

Rakha Fahreza Widyananda. Selasa, 6 Oktober 2020 11:00. 10 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Cocok untuk Pemula, Mudah Dilakukan. Merdeka.com : https://bit.ly/3lZkRo9

Share this Post

Artikel Terbaru