Bisnis

Ini 5 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online Anda Sendiri

Cara memulai bisnis kosmetik online saat ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Kosmetik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi seorang wanita, bahkan pria juga membutuhkan kosmetik. Hal itulah yang membuat bisnis kosmetik sangat menjanjikan untuk Anda lakukan. Apalagi, saat ini Anda bisa menjual produk kosmetik secara online. Berikut ini beberapa cara memulai bisnis kosmetik secara online yang bisa Anda pelajari.

1. Siapkan Modal Usaha

Modal menjadi hal penting yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini. Tanpa adanya modal, bisnis kosmetik tidak akan bisa didirikan. Modal yang dipersiapkan akan digunakan untuk memesan produk ke perusahaan kosmetik maupun perusahaan besar. Selain itu, juga akan digunakan untuk biaya promosi, membeli peralatan, biaya operasional dan sebagainya.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis kosmetik, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis kosmetik Anda.

2. Tentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis kosmetik online selanjutnya yaitu tentukan target pasar. Anda harus mencatat siapa saja konsumen yang menjadi sasaran produk. Bisa konsumen usia remaja atau usia diatas 30 tahun. Supaya lebih mudah dalam menentukan target pasar, Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan.

Menentukan target pasar penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan ketepatan produk. Selain itu, juga akan mempermudah Anda dalam memesan produk ke perusahaan kosmetik atau perusahaan besar sesuai dengan jenis kulit, usia dan merek kosmetik favorit pelanggan yang menjadi sasaran produk Anda.

3. Pastikan Produk yang Dijual Berkualitas

Kosmetik yang ada di pasaran jumlahnya sangat banyak dengan merk dan kegunaan yang berbeda-beda. Akan tetapi, tidak semua kosmetik yang dijual sudah memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan sehingga kualitasnya belum teruji dan bisa membahayakan. Seperti yang diketahui jika produk kecantikan ini bisa langsung bersentuhan dengan kulit. Jika bahan yang digunakan berbahaya tentu akan memberikan efek samping.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka bisnis kosmetik online direkomendasikan untuk memilih produk yang berkualitas dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Selain itu, bahan yang digunakan juga aman dan tidak membahayakan kulit.

4. Membuka Toko Online

Jika Anda ingin produk yang dijual mendapatkan banyak konsumen, disarankan untuk membangun website toko online. Nantinya website tersebut akan digunakan untuk memajang produk yang dijual agar dilihat banyak orang. Cara membuat website toko online sangat mudah dan tidak membutuhkan kemampuan programming.

Namun, untuk membangun website toko online supaya dikenal banyak orang membutuhkan waktu yang panjang. Jika ingin lebih cepat, disarankan untuk membeli atau memesan website toko online ke desain website profesional. Tetapi biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan website tidak murah. 

5. Gencar Melakukan Promosi 

Salah satu cara agar bisnis kosmetik Anda dikenal banyak orang secara luas adalah dengan gencar melakukan promosi. Promosi harus dilakukan dengan maksimal supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan cepat. Promosi produk bisa dilakukan secara offline maupun online.

Anda bisa memanfaatkan keberadaan Facebook, Instagram, YouTube, Blog, Marketplace dan sebagainya untuk promosi. Promosi produk bisa dengan menggunakan video atau foto produk yang cantik. Jika memiliki uang lebih tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa endorsement agar semakin dikenal. Untuk promosi produk secara offline bisa dengan memasang poster, banner atau menyebar brosur.

Itulah informasi tentang 5 cara memulai bisnis kosmetik online Anda sendiri. Bisa dibilang cara untuk memulainya cukup mudah asalkan Anda serius untuk melakukannya. Jika nanti bisnis kosmetik online Anda sudah besar, tidak ada salahnya untuk mencoba memproduksi kosmetik sendiri.

Referensi :

Cpssoft. 19 Agustus 2019. 7 Tips dan Trik Dalam Memulai Bisnis Kosmetik Agar Cepat Berkembang. Cpssoft.com. https://bit.ly/3Dxv3KX

Cariduit.id. 18 Februari 2020. Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online dengan mudah. Cariduit.id. https://bit.ly/3Dxv3KX

Share this Post

Artikel Terbaru