Ini 4 Kelebihan dan Kekurangan dalam Berbisnis Online

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online yang penting Anda ketahui. Meski banyak kelebihannya seperti meningkatkan ekonomi masyarakat, ternyata ada beberapa kekurangan yang harus dipahami. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha online yang belum mengetahui kekurangannya sehingga tidak melakukan tindakan antisipasi sejak awal. Akibatnya ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga bisa menyebabkan bisnis tidak stabil. Untuk lebih lengkapnya, simak kelebihan dan kekurangan dalam berbisnis online di bawah ini.

Kelebihan Bisnis Secara Online

1. Model  Bisnis Lebih Beragam

Bisnis online sebenarnya bukan selalu berupa toko virtual dimana Anda menawarkan produk melalui internet baik di e-commerce, media sosial dan lainnya. Anda yang tidak memiliki produk tertentu dan merasa tidak berbakat dagang bisa juga menjalankan bisnis online.

Bisnis online mempunyai model yang beragam tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat dan potensi diri. Anda  bisa menjadi afiliasi dari bisnis yang sudah mapan, menjadi Youtuber, blogger,content creator dan sebagainya.

2. Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Kelebihan bisnis online yang sangat disukai orang yaitu bias dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisnis online tetap bisa dijalankan meskipun malam hari dimana orang lain tertidur pulas. Artinya Anda mendapatkan kesempatan memperoleh keuntungan tanpa dibatasi waktu.

3. Modal Lebih Kecil

Modal bisnis online dianggap lebih kecil karena tidak perlu membangun toko maupun sewa kios. Modal Anda bisa difokuskan untuk membeli produk maupun peralatan yang dibutuhkan. Namun, jika Anda ingin mengembangkan bisnis online lebih besar lagi, Anda harus memiliki modal yang cukup.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan maksimal.

4. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Berbisnis online memungkinkan Anda  menjangkau konsumen yang sangat luas bukan hanya domestik saja bahkan global. Teknologi dan jaringan internet membuat bisnis Anda bisa dikenal hingga ke mancanegara. Jangkauan pasar yang luas pastinya berdampak positif yaitu potensi mendapatkan konsumen lebih banyak dan keuntungan lebih tinggi.

5. Promosi Produk Lebih Mudah

Mempromosikan bisnis online juga jauh lebih mudah daripada offline. Semua media sosial dapat digunakan sebagai alat promosi. Anda juga bisa membuat blog atau web khusus untuk memasarkan produk Anda tersebut.

Kekurangan pada Bisnis Online

1. Bergantung Sepenuhnya pada Internet

Namanya saja bisnis online pastinya Anda harus menggunakan koneksi internet. Masalahnya adalah di saat-saat tertentu jaringan internet bisa saja terganggu sehingga Anda tidak bisa melakukan transaksi dengan konsumen yang berakibat pada tidak puasnya pelanggan.

2. Kendala Pengiriman

Hingga saat ini masalah pengiriman masih menjadi kendala bagi bisnis online terutama jika alamat pembeli kurang jelas. Keterlambatan barang untuk sampai ke tangan pembeli seringkali membuat konsumen memberikan ulasan yang kurang bagus kepada toko online Anda tanpa mau tahu kendala yang terjadi pada pengiriman.

Mengetahui dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online diharapkan bisa membuat Anda lebih mempersiapkan diri termasuk dalam menghadapi pembeli atau konsumen. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Andy Mashuri. Kelebihan da Kelemahan Bisnis Online. Andimashuri.com: https://bit.ly/3Hx6X4J

Om Baldan. 23 November 2020. Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Wajib Kamu Tahu. Ombaldan.id: https://bit.ly/3nfj5Qr