Bisnis

Ingin Jadi Pengusaha Andal? Berikut 6 Sikap yang Harus Anda Miliki

Masa depan seseorang memang tidak ada yang tahu. Apakah ini pernah terjadi pada Anda? Ketika teman sekolah yang dulunya tidak menonjol di kelas, sekarang malah jadi pengusaha sukses. Seperti cerita Bill Gates yang di masa sekolahnya dulu, banyak temannya yang mengejeknya. Tapi lihat sekarang, Bill Gates mampu menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Ya, siapa saja memang bisa jadi pengusaha sukses tanpa harus melihat sejarah mereka seperti apa. Nah, Anda pun juga pasti bisa. Namun, ada beberapa sikap yang harus dimiliki untuk membantu Anda mewujudkan impian tersebut. Berikut Investree bakal mengulasnya. Simak, yuk!

Punya etos kerja yang tinggi dan kreativitas

Tidak ada pengusaha bisa berhasil hanya dengan bermalas-malasan. Anda harus memiliki etos kerja yang tinggi untuk membangun bisnis Anda. Jika digambarkan, mereka seperti orang-orang yang datang paling pagi di kantor, dan pulang paling akhir. Kalau ada pekerjaan yang belum selesai, mereka tidak masalah mengerjakannya di hari libur. Seperti itulah yang bisa Anda contoh. Bahkan, Anda tidak harus menjadi orang pintar untuk bisa melakukan itu. Keuletan serta kreativitas adalah unsur yang lebih penting.

Bisnis yang dibangun dengan kreativitas tinggi akan lebih mudah menarik perhatian audiens. Ada yang bilang kreativitas merupakan sebuah bakat, tapi kenyataannya – kreativitas itu bisa dipelajari dan harus terus diasah. Siapa saja bisa memunculkan ide kreatifnya, dan terus memperbaruinya seiring perkembangan zaman. Ada banyak ide kreatif yang bisa ditemukan dari hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Diperlukan kepekaan untuk dapat menangkapnya. Kreativitas juga akan menjadi hal yang percuma bila Anda tidak sering mengasahnya dan membiarkannya terhenti begitu saja.

Memiliki passion atas apa yang dilakukan

Semua dimulai dari sebuah passion. Anda harus memiliki passion menjadi seorang pengusaha sehingga dapat terus termotivasi untuk mempertahankan bisnis. Passion juga yang akan memberi Anda semangat agar tidak mudah menyerah. Anda akan sukses karena memilih melakukan pekerjaan yang Anda sukai. Pernahkah Anda merasa sangat bersemangat ketika melakukan suatu pekerjaan? Pasti hasilnya akan berbeda dengan pekerjaan yang Anda lakukan setengah-setengah.

Dengan melakukan apa yang Anda sukai, Anda akan lebih berani mengambil risiko. Hampir setiap pengusaha sukses pernah mengalami kegagalan. Sebut saja Steve Jobs yang pernah ditolak keputusannya oleh para dewan Apple dan menggulingkannya dari posisi CEO. Namun, dia tidak menyerah begitu saja, tidak berkecil hati, dan berusaha menerima kegagalan tersebut hingga akhirnya bisa kembali dengan penuh kemenangan. Sikap seperti itulah yang patut Anda tiru.

Lebih banyak mendengar daripada berbicara

Untuk menjadi pengusaha setidaknya Anda harus memiliki keterampilan berkomunikasi. Tapi ternyata tidak hanya itu, Anda juga dituntut untuk mau mendengar apapun yang dikatakan oleh orang-orang di sekitar Anda. Mau mengerti apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh para pegawai, sampai konsumen Anda. Bisnis tidak selamanya tentang Anda. Bahkan seorang Steve Jobs juga selalu mau mendengarkan tim penasihat dan karyawannya, sehingga dia mendapat dukungan penuh dari mereka. Seorang pebisnis terkenal Richard Branson juga menyebut bahwa dengan mau mendengarkan orang lain, itu merupakan salah satu dari tiga prinsip kepemimpinan yang penting. Dengan begitu, Anda bisa belajar dari satu sama lain dan lebih mudah memahami kondisi pasar terkini untuk menciptakan produk bisnis yang orisinal.

Selalu penasaran dan mau belajar hal baru

Selalu memiliki rasa ingin tahu itu yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha andal. Sadarkan diri Anda untuk terus memiliki terobosan baru bagi bisnis yang sedang dijalankan. Anda tidak akan berhasil memimpin sebuah bisnis bila bersikap acuh tak acuh terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda. Dengan selalu mau belajar hal baru, Anda akan mencari cara membuat sesuatu yang lebih baik dan tidak mudah puas dengan apa yang sudah Anda capai saat ini.

Misalnya saja, di awal Anda membangun sebuah bisnis - seringkali Anda tidak memiliki staf lengkap karena keterbatasan dana. Di situlah Anda wajib mempelajari segalanya mulai dari akuntansi hingga pemasaran sejak awal. Pengalaman seperti itu akan membuat Anda memiliki pengetahuan lebih luas. Dengan begitu, Anda sudah pernah melaluinya dulu, baru mengajarkannya kepada para staf. Sehingga Anda akan lebih dihargai oleh mereka.

Memiliki inisiatif yang menginspirasi

Jadilah seorang self-starter yang mau mengambil inisiatif di setiap proses pengembangan bisnis Anda sendiri. Sebagai seorang pengusaha, hanya diri Anda yang bisa mengambil langkah tersebut agar dapat menginspirasi para pegawai, rekan bisnis, bahkan konsumen Anda untuk berkembang. Jadi kalau bukan Anda, siapa lagi? Meski Anda tahu akan ada tantangan ke depannya, tapi itulah yang akan membantu diri Anda tumbuh sebagai pengusaha sukses dan memiliki bisnis lebih kuat. Berusahalah mengambil setiap peluang baru, tidak terjebak dalam pola pikir tertentu, dan mau menerima perubahan. Karena mereka yang sukses adalah yang pintar mengubah situasi buruk dan memutarnya demi keuntungan mereka.

Tahu kapan waktunya mengatakan tidak

Pengusaha yang benar-benar sukses dapat melihat banyak peluang untuk diambil. Tapi mereka yang andal harus pintar memilih setiap peluang yang datang. Itu artinya, Anda harus selektif dan memilih hanya yang memiliki potensi terbesar. Karena pasti Anda tidak ingin membuang sumber daya yang dimiliki secara percuma, bukan? Itu mengapa, Anda harus tahu kapan waktunya mengatakan tidak. Seperti Steve Jobs yang dihadapkan dengan 350 pilihan produk ketika ia kembali ke Apple pada tahun 1997. Akhirnya Jobs bisa mengurangi jumlah produk menjadi hanya 10 produk dan fokus hanya pada produk unggulan yang terus mereka kembangkan hingga hari ini. Ini juga yang akan membuat pikiran Anda jadi tidak terpecah sehingga tidak berpotensi membuat bisnis berjalan kacau.

Itu tadi keenam sikap yang bisa Anda contoh untuk mendukung diri Anda menjadi pengusaha andal. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin bila Anda mau mengusahakan yang terbaik. Saat menjalankan sebuah bisnis dan memimpin para staf, berusahalah menjadi the best version of yourself. Terus semangat untuk mencapai apa yang Anda inginkan, ya!

Referensi:

Ben Walker. 11 Mei 2020. Six Personality Traits of Successful Entrepreneurs. Forbes.com: https://bit.ly/3hZU1dH

Ryan Robinson. 20 November 2019. 8 Traits of the World’s Most Successful Entrepreneurs. Thebalancesmb.com: https://bit.ly/3zkJZtE

Share this Post

Artikel Terbaru