8 Ide Bisnis yang Menjanjikan di 2023, Raih Cuan Sekarang Juga

8 Ide Bisnis yang Menjanjikan di 2023, Raih Cuan Sekarang Juga!

Indonesia dikenal punya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbanyak di kawasan ASEAN. Data yang dilansir dari Katadata.co.id menyebut, jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai sekitar 65,46 juta usaha. UMKM tersebut nyatanya mampu menyerap 97% tenaga kerja dalam negeri, menyumbang 60,3% pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB), serta berkontribusi pada 14,4% ekspor nasional.

Kenapa kamu tidak menjadi salah satu yang ambil bagian? Atau kamu sebenarnya pengin, tapi bingung usaha apa? Udah jangan bingung lagi. Sini Investree kasih tahu, ide bisnis yang menjanjikan di 2023 untuk raih cuanmu sekarang juga. Simak, yuk! 

1. Jualan produk kreatif ramah lingkungan

Isu lingkungan menjadi perhatian dunia belakangan ini, tak terkecuali di Indonesia. Kemudian, ide menjual produk ramah lingkungan muncul sebagai usaha yang bakal berkembang, karena tumbuhnya minat masyarakat terhadap gaya hidup ramah lingkungan. 

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa produk ramah lingkungan yang banyak dibeli selain makanan adalah produk rumah tangga (47,8%) dan pakaian (37,4%). Lebih banyak responden (62,9%) juga mengaku pernah membeli produk ramah lingkungan dengan alasan ingin ikut serta melestarikan bumi, dan karena ternyata produk yang mereka beli sangat bermanfaat (puas). 

Lalu, apa saja produk ramah lingkungan yang menjadi ide usaha yang menjanjikan?

Beeswax food wrap

Penggunaan beeswax wrap sebagai produk ramah lingkungan dapat mengurangi pemakaian plastik. Kamu bisa menjual pembungkus makanan dengan motif dan warna-warna unik. Beeswax wrap juga dikenal lebih tahan lama dan bisa digunakan kembali. Selain untuk membungkus makanan, beeswax wrap juga bisa dibentuk/dilipat menjadi tempat makanan.  

Reusable kitchen wipes

Ketika kamu menjual produk ramah lingkungan ini, pastikan memilih jenis kain yang tepat. Misal, memilih jenis kain bamboo atau linen yang punya daya serap tinggi, serta mudah dibersihkan. Semakin lama durasi penggunaan produk, semakin baik nilai keberlanjutan produk tersebut bagi lingkungan. 

Komposter

Komposter adalah produk yang digunakan untuk mengolah sampah organik sendiri di rumah. Kamu bisa membuat produk komposter menggunakan drum plastik bekas yang dilubangi pada bagian bawah untuk mendapatkan sirkulasi udara. Buat produk komposter yang cocok ditempatkan di lahan sempit atau ruangan indoor seperti dapur. 

2. Memulai bisnis thrifting

Belakangan ini usaha thrifting lagi naik daun karena ternyata peminatnya banyak. Thrifting sendiri adalah proses menjual barang bekas pakai seperti pakaian, tas, sepatu, aksesoris, dan lain-lain. Kebanyakan bisnis thrifting yang diminati masyarakat, kalau kamu bisa menjual fashion item dari brand ternama dengan harga murah. Lalu, apa saja yang dibutuhkan ketika kamu ingin memulai bisnis thrifting?

Cara memulai bisnis thrifting

  1. Tentukan apakah bisnis ini akan dijalankan secara online atau offline.
  2. Ketika memilih offline, kamu harus menyewa tempat yang letaknya strategis.
  3. Mencari penjual pakaian bekas tangan pertama yang terpercaya.
  4. Sortir kembali untuk memisahkan pakaian layak jual dan tidak.
  5. Pasang harga jual yang sesuai.
  6. Gencar melakukan promosi untuk menarik konsumen.

3. Bisnis makanan sehat

Makin tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, sejalan dengan adanya perubahan gaya hidup. Permintaan pasar terhadap makanan sehat semakin banyak, namun pelaku bisnis yang menggeluti bidang ini masih sedikit. Tentu menjadi peluang usaha jualan yang menjanjikan di 2023. Oiya, saat menjalankan bisnis makanan sehat, sebaiknya kamu juga berkonsultasi dulu dengan ahli gizi agar produk yang kamu jual benar-benar punya komposisi gizi yang akurat. 

Lalu, apa saja produk makanan sehat yang bakal laris-manis?

Katering diet sehat

Banyak orang pengin diet, namun gagal karena tidak memperhatikan asupan makanan yang mereka konsumsi. Mau bayar ahli gizi khusus untuk mengatur menu makan diet, juga mahal dan ribet. Karena itu, katering diet sehat memberi solusi bagi mereka untuk mendapat makanan rendah kalori, gula, dan garam yang pasti lebih sehat, sekaligus bisa menjaga berat badan. 

Es krim olahan buah sehat

Seringkali orang takut gendut kalau sering-sering makan es krim. Itu karena es krim biasanya terbuat dari bahan baku utama susu sapi. Lalu, bagaimana kalau kamu mengganti susu sapi tersebut dengan buah-buahan? Kamu juga bisa menggunakan ubi dan labu sebagai bahan baku populer dari pembuatan es krim buah. Produk ini bisa menjadi solusi sehat mengonsumsi es krim, tanpa khawatir bikin gendut. Apalagi belum banyak yang menekuni bisnis ini. 

Rice box makanan sehat

Kamu bisa mengemasnya dalam bentuk rice box yang didalamnya terdapat berbagai menu dan lauk sehat, termasuk menu vegetarian. Jika kamu bisa menyajikan menu sehat dengan rasa yang tetap enak, pasti bakalan ramai pembeli. Apalagi rice box menu sehat ini, banyak dicari kalangan pekerja kantoran, karena dinilai lebih simpel dan dijamin sehat. 

4. Menjual bahan makanan siap masak

Aktivitas masyarakat yang sibuk, apalagi yang tinggal di perkotaan, membuat mereka sering makan di luar rumah karena lebih praktis. Padahal, itu membuat keuangan boncos. Apalagi yang sudah berkeluarga. Sehingga muncul ide usaha yang menjanjikan dengan menjual bahan makanan siap masak. Usaha ini jadi solusi masyarakat yang nggak mau repot, tapi juga bisa berhemat. Kenapa? Ya, bahan makanan siap masak membuat proses memasak jadi lebih cepat, dan hasilnya pasti enak.     

Contohnya iCook, usaha kuliner asal Malang yang menawarkan berbagai menu makanan berbentuk bahan siap masak. Bahan-bahan masakannya sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar. Sehingga konsumen hanya tinggal memasaknya di atas kompor. Sangat memudahkan orang-orang yang tak punya banyak waktu memasak. Bisnis ini tentu bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin cuan!

5. Bisnis scrapframe untuk seserahan

Scrapframe bukan pigura kayu biasa yang bisa kita temukan dengan mudah. Jenis kerajinan ini memang berbentuk bingkai, namun isinya tidak sekedar foto atau lukisan. Scrapframe bisa terbuat dari kayu, kaca, yang dipadu-padankan dengan berbagai hiasan, sehingga menjadi seni tiga dimensi yang didalamnya bisa diisi barang, misal barang untuk seserahan. 

Desain scrapframe dipersonalisasikan sesuai kebutuhan konsumennya. Bisa juga sebagai pigura foto dengan desain tiga dimensi (penambahan hiasan bunga kering, manik-manik, dan ucapan) untuk dijadikan hadiah ulang tahun atau wisuda. Buat kamu yang kreatif dan suka sekali membuat kerajinan tangan, ide bisnis ini cocok dicoba mumpung kompetitornya belum banyak, lho.  

6. Jasa akuntan virtual

Buat kamu yang ingin menggeluti bisnis ini, jelas harus punya keahlian dan sertifikasi di bidang akuntansi. Sertifikasi bisa diperoleh melalui program pelatihan, yang diselenggarakan antara lain oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP), Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Jasa yang kamu tawarkan dapat mencakup pembuatan SOP keuangan bisnis, jasa pembuatan laporan keuangan, sampai urusan perpajakan. Sebagai poin plus, kamu sebaiknya menguasai aplikasi akuntansi yang dapat menunjang kinerjamu sebagai akuntan virtual. 

Banyak owner business membutuhkan jasa akuntan untuk meringankan tugas mereka membuat laporan keuangan. Di sini akuntan virtual hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Sehingga bisnis tetap berjalan dengan baik dan tetap taat aturan pajak. Jika kamu punya keahlian dan sudah mengantongi sertifikasi yang dibutuhkan, mulai tawarkan jasamu dengan menjalin relasi ke komunitas bisnis.  

7. Jasa konsultan bisnis

Jasa konsultan bisnis banyak dicari belakangan ini. Kenapa? Ya, perannya dianggap bisa membantu memecahkan masalah yang dialami suatu bisnis. Memberi solusi terbaik dengan menawarkan alur pengerjaan yang sistematis. 

Para pemilik bisnis membutuhkan konsultan bisnis untuk membantu mereka melakukan perencanaan bisnis ke depannya. Melakukan analisis kompetitor, efisiensi proses bisnis, menyusun strategi yang diperlukan, sampai memberi ide-ide baru dan membantu pengeksekusiannya. Guna membuat bisnis berkembang makin optimal. Tapi, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi konsultan bisnis?

Cara menjadi konsultan bisnis profesional

  1. Membekali diri dengan skill dan gelar yang relevan.
  2. Memperkaya pengalaman dengan magang/bekerja di perusahaan konsultan manajemen.
  3. Mengambil sertifikasi keahlian untuk mendapatkan lisensi.
  4. Punya relasi/koneksi yang luas.
  5. Punya kemampuan memprediksi tren di berbagai industri.
  6. Menyusun portofolio dan mencari klien.
  7. Tentukan tarif yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan.
  8. Jangan lupa meminta referensi/review dari setiap klien yang bekerja sama. 

8. Jasa manajemen media sosial

Penggunaan media sosial saat ini punya pengaruh paling besar dalam pemasaran. Hampir setiap bisnis punya media sosial untuk mempromosikan usahanya. Makanya, ini bisa jadi ide usaha yang menjanjikan di 2023. Kamu bisa menyediakan layanan one stop service mulai dari pembuatan konten media sosial, peran admin media sosial, sampai menyediakan influencer media sosial. Berikut penjelasannya!

Layanan pembuatan konten media sosial

Kamu dituntut tidak hanya punya kemampuan membuat konten visual (gambar dan video), namun juga harus paham seputar social media marketing. Agar punya kemampuan mengenali audiens dan kompetitor bisnis milik klien, serta bisa mempelajari latar belakang pangsa pasar klien sebagai dasar pembuatan konten. Tanpa melakukannya, konten yang dibuat tidak efektif dan hasilnya nggak akan maksimal.

Layanan admin media sosial

Posisi ini merupakan perpanjangan tangan untuk merangkul calon konsumen lewat media sosial. Kamu perlu mempelajari seluk-beluk bisnis milik klien, mulai dari sejarah bisnis, hingga produk/layanannya. Sehingga sikap dan tindakan saat berinteraksi dengan audiens, sesuai dengan karakter bisnis atau permintaan klien. 

Layanan influencer media sosial 

Influencer media sosial merupakan figur publik yang punya jumlah pengikut banyak. Sebuah bisnis biasanya membutuhkan influencer untuk memasarkan produk/jasa mereka. Di sini kamu bisa bekerja sama dengan para influencer media sosial, untuk kemudian menawarkannya ke klien sebagai bagian dari strategi social media marketing

Itu tadi ulasan seputar ide usaha yang menjanjikan di 2023. Jika kamu sudah menentukan pilihan, ayo, segera take action. Karena sebaik-baiknya usaha adalah yang diwujudkan, bukan hanya diimpikan. Tunggu apa lagi?

Referensi:

Adi Ahdiat. 11 Oktober 2022. Indonesia Punya UMKM Terbanyak di ASEAN, Bagaimana Daya Saingnya?. Databoks.katadata.co.id: https://bit.ly/3X8sKYW 

Aldwin Nayoan. 4 Januari 2023. 30 Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan di 2023. Niagahoster.co.id (Blog): https://bit.ly/3izGs7R

Anik Sulistyawati. 31 Desember 2022. 7 Peluang Bisnis Menjanjikan pada 2023, Bisa Jadi Sumber Penghasilan!. Solopos.com: https://bit.ly/3IFrSGv