Hubungan Administrasi dan Manajemen dalam Sebuah Usaha

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah administrasi dan manajemen? Salah satu pertanyaan yang muncul disaat Anda memiliki usaha adalah seberapa pentingnya administrasi atau manajemen? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas secara rinci apa hubungan administrasi dan manajemen dan bagaimana pengaruhnya pada suatu usaha. 

Yuk bahas selengkapnya di bawah!

Administrasi

Administrasi adalah kegiatan pencatatan atau penyusunan data secara sistematis yang dilakukan rutin agar nanti saat dibutuhkan akan lebih mudah untuk dicari. Administrasi erat hubungannya dengan manajemen karena merupakan alat utama pelaksanaan proses manajemen itu sendiri. Sehingga manajemen di suatu perusahaan mustahil dapat dilakukan tanpa adanya administrasi. 

  1. Tujuan Administrasi 

Terus sebenarnya apa tujuan dari kegiatan administrasi? 

Tujuan administrasi adalah untuk memantau kegiatan di dalam suatu perusahaan, melakukan evaluasi, dan menyusun langkah kerja yang unggul. Dengan melakukan administrasi suatu perusahaan akan lebih mudah untuk menemukan kekurangan yang harus diperbaiki, dan menyusun langkah yang lebih baik dari sebelumnya.

  • Ciri-ciri Administrasi 

Berikut ciri-ciri administrasi yang dapat Anda pelajari!

  • Terdapat proses berdasarkan aturan yang telah disepakati bersama.
  • Terdapat sekelompok orang yang mengerjakan aktivitas demi tujuan bersama.
  • Terdapat kerjasama untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Terdapat arahan, bimbingan, dan pengawasan

 

  • Macam-macam Jenis Administrasi

Administrasi Niaga

Kegiatan administrasi niaga melibatkan kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai keuntungan bersama. Dalam prosesnya berkaitan dengan produksi, distribusi, dan keuangan. Administrasi niaga sering terjadi di lingkup perdagangan dan produksi.

Administrasi Keuangan

Segala pencatatan pengeluaran, pemasukan, dan sampa sumber dana/modal adalah kegiatan yang terjadi di dalam administrasi keuangan. Makanya, orang-orang yang bekerja di bidang administrasi keuangan harus mempunyai pengetahuan di dunia finansial dan kemampuan hitung menghitung.

Administrasi Pendidikan

Aktivitas administrasi pendidikan melibatkan penyelenggaraan pendidikan dan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, sampai pengarahan. Administrasi pendidikan bertujuan agar sistem pendidikan berjalan sesuai dengan aturan. Yang biasa dikerjakan staff administrasi pendidikan atau tata usaha diantaranya membuat jadwal, mengurus surat-surat, dan mengatur kegiatan sekolah.

Manajemen

Sekarang saatnya kita membahas tentang manajemen. Sejatinya, manajemen adalah suatu kegiatan mengarahkan orang lain agar dapat tercapai tujuan bersama perusahaan. Kegiatan manajemen selalu melalui proses perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya. Lalu apa tugas seorang manajer di sebuah perusahaan? Seorang manajer bertugas mengatur kinerja karyawan agar sesuai dengan tugas dan tujuannya, serta bertanggung jawab pada hasil kinerja mereka.

  • Tujuan Manajemen

Tujuan utama manajemen pada perusahaan adalah untuk meraih hasil yang maksimal dengan upaya lebih minim. Selain itu manajemen juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan atau sumber daya manusia dan menambah efisiensi pada faktor-faktor produksi perusahaan.

  • Unsur-unsur Utama Manajemen

Terdapat beberapa unsur utama manajemen yaitu sumber daya manusia, uang, material, mesin, dan metode. Unsur-unsur ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Karena untuk mencapai tujuan utama manajemen diperlukan sumber daya manusia untuk pelaksanaan, uang untuk mengukur biaya yang diperlukan, material untuk bahan pelaksanaan, serta metode yang mumpuni.

  • Peran Penting Manajemen

Berikut beberapa peran penting manajemen bagi perusahaan:

  • Membantu mencapai tujuan perusahaan
  • Mengoptimalkan sumber daya
  • Menciptakan keseimbangan 
  • Meminimalisir biaya perusahaan

Demikian artikel tentang “Hubungan Administrasi dan Manajemen dalam Sebuah Usaha”. Setelah membaca artikel di atas, semoga Anda jadi lebih tercerahkan dan memahami pentingnya penggunaan administrasi dan manajemen dalam usaha atau perusahaan ya. 

Temukan keuntungan dengan menjadi Pemberi Pinjaman/Lender di Investree! Yuk, daftar sekarang dengan klik tautan berikut https://investree.id/v3/lender/auth/registration!

Meta description: Seberapa penting administrasi atau manajemen untuk usahamu? Di artikel kali ini kita akan membahas secara rinci apa hubungan administrasi dan manajemen dan bagaimana pengaruhnya pada suatu usaha.