Bisnis

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha, Harus Anda Hindari!

Memahami apa saja faktor kegagalan wirausaha sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab, menjalankan suatu usaha memang bukanlah suatu hal yang mudah. Butuh proses yang panjang dan perencanaan yang matang untuk bisa mendapatkan kesuksesan. Dengan mengetahui faktor apa saja yang membuat wirausaha gagal, Anda bisa menjadi wirausahawan yang sukses dan matang. 

5 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Harus Dihindari 

Ada banyak faktor yang bisa membuat gagalnya usaha yang dijalankan. Berikut ini adalah beberapa faktor kegagalan berwirausaha yang harus dihindari:

  1. Kurang Pengetahuan dan Pengalaman

Faktor yang pertama adalah kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Perlu Anda ketahui bahwasanya dalam menjalankan membutuhkan pengetahuan yang mumpuni serta pengalaman yang banyak. Pengalaman yang dimiliki menjadi kunci keberhasilan usaha yang dijalani. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam usaha sebaiknya urungkan niat untuk memulai usaha karena terlalu berisiko.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan belajar tentang cara menjalankan usaha dari orang lain. Untuk mendapatkan banyak informasi mengenai hal ini Anda bisa bertanya langsung kepada orang yang lebih berpengalaman atau bisa juga bekerja terlebih dahulu menjadi karyawan di suatu perusahaan. Setelah Anda merasa cukup mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, mulailah untuk membuka usaha yang diinginkan.

  1. Gagal dalam Membuat Rencana

Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum membuka usaha adalah membuat perencanaan yang matang. Jika Anda tidak bisa membuat rencana usaha yang bagus dan terstruktur maka usaha yang dijalankan bisa dengan mudah mengalami kegagalan. Terlebih perencanaan bisnis yang dibuat berisi tentang jenis usaha apa yang akan dijalankan, berapa modal yang dibutuhkan, dari mana modal itu berasal, dan masih banyak lagi.

  1. Lokasi yang Kurang Memadai 

Faktor kegagalan dalam wirausaha selanjutnya yaitu lokasi usaha yang kurang memadai. Di mana lokasi usaha yang dipilih kurang strategis sehingga kurang mendukung proses implementasi usaha yang Anda jalankan. Jangan memilih lokasi yang  jauh dari pusat pendidikan, jauh dari pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya. Lokasi sepi tentu akan membuat usaha Anda sulit diketahui orang lain sehingga risiko mengalami kegagalan sangat besar. 

  1. Tidak Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

Sebagai pemilik usaha Anda diharuskan bisa mengatur keuangan dengan baik. Jika tidak bisa maka usaha bisa dengan mudah mengalami kegagalan. Anda harus bisa mengatur cash flow serta bisa memeliharanya dengan baik dan benar. Kurang cermat dalam mengelola cash flow usaha yang dijalankan bisa dengan mudah hancur. Anda juga harus memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kerugian yang dialami.

  1. Kurang Sungguh-sungguh dalam Berwirausaha

Kurang serius saat menjalankan usaha maka berpeluang mengalami kegagalan. Sikap yang kurang serius akan membuat Anda menjadi labil serta sulit dalam memutuskan apa saja  yang dijadikan prioritas dan tidak. Dengan sikap yang kurang sungguh-sungguh tentu kegagalan bisa dengan mudah menghampiri Anda. Jika memang benar-benar niat menjalankan usaha sebaiknya lakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras supaya bisa mendapatkan kesuksesan. 

Itulah informasi tentang lima faktor kegagalan wirausaha yang harus Anda hindari. Mulai dari kurangnya pengetahuan, persiapan, hingga tidak membuat catatan keuangan dengan benar. Dengan menghindari faktor-faktor tersebut semoga usaha yang Anda jalankan bisa berjalan lancar dan sukses. 

Referensi:

Erna Sulistyowati. 14 Juli 2020. Coba Hindari, 7 Faktor yang Bisa Bikin Bisnis Gagal. Liputan6.com. https://bit.ly/3flt56A

Rizki Indra. 22 Juli 2021. Usaha Belum Berhasil? Ini 5 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Perlu Dipelajari. Lemonilo.com. https://bit.ly/3lqoqnw

Share this Post