Equilibrium (Keseimbangan Pasar): Pengertian dan Fungsinya

Di dunia ekonomi, tempat dimana adanya transaksi antara penjual dan pembeli disebut pasar. Dalam pasar, jika terjadi kondisi saat kebutuhan pembeli dapat dipenuhi sesuai dengan harga normal barang atau jasa yang ditawarkan, maka saat itulah terjadi equilibrium atau keseimbangan pasar.

Lalu, apa itu equilibrium? Dan apa fungsinya bagi bisnis Anda? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Equilibrium

Equilibrium adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika angka penawaran setara dengan angka permintaan. Jika digambarkan dalam grafik, maka kurva penawarannya dan kurva permintaannya akan saling memotong. Titik potong tersebut merupakan gambaran harga equilibrium. Dalam pasar, equilibrium ini dikenal juga dengan istilah ceteris paribus. Artinya, barang yang ditawarkan oleh penjual tidak akan berlebih karena permintaan pembeli sudah sesuai dengan kapasitas produksi. Dan dengan kata lain, pasar tidak memiliki alasan untuk menaikkan atau menurunkan harga suatu barang karena jumlahnya sudah seimbang.

Untuk menghitung equilibrium, Anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

Permintaan (Demand) = Penawaran (Supply)

Q= Q= QE      atau      PD = PS = PE

Keterangan:

Q= Quantity (Jumlah)

P = Price (Harga)

D = Demand (Permintaan)

S = Supply (Penawaran)

E = Eqiuilibrium (Keseimbangan)

Fungsi Equilibrium

Equilibrium adalah hal yang esensial jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis. Pasar yang stabil akan menyebabkan kestabilan harga sehingga bisnis Anda tidak akan mengalami kerugian. Keseimbangan pasar ini memiliki dua fungsi, yaitu fungsi penawaran dan fungsi permintaan.

  • Fungsi Permintaan (Demand)

Fungsi permintaan ini menunjukkan jumlah permintaan produk dan faktor lainnya yang memengaruhi jumlah permintaan tersebut. Dalam fungsi ini, dikenal pula hukum permintaan, yaitu apabila terjadi kenaikan harga pada suatu produk, maka permintaannya akan mengalami penurunan. Sebaliknya, jika terjadi penurunan harga, maka permintaannya akan mengalami kenaikan. Sederhananya, hubungan dari fungsi permintaan ini terjadi saat harga dan jumlah barang berbanding terbalik (negatif). Dalam kondisi seperti ini, biasanya akan terjadi persaingan antar konsumen dalam mendapatkan barang sehingga menimbulkan kelebihan permintaan padahal jumlah barang terbatas atau market shortage. Namun, jika permintaan terus-terusan meningkat, maka harga akan kembali melonjak dan menyebabkan jumlah permintaan dan penawaran menuju titik keseimbangan atau equilibrium. 

  • Fungsi Penawaran (Supply)

Berbeda dengan fungsi permintaan, fungsi penawaran lebih menunjukkan hubungan persamaan antara harga produk dengan jumlah produk yang ditawarkan oleh produsen. Fungsi ini bekerja sesuai hukum penawaran, yaitu kenaikan harga produk akan menyebabkan kenaikan jumlah produk yang ditawarkan oleh penjual. Sebaliknya, penurunan harga produk akan menyebabkan penurunan jumlah produk yang dijual. Namun, dalam hal ini tentunya akan ada faktor lain yang mempengaruhi. Maka, hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan selalu berbanding lurus (positif).

Saat harga barang berada di atas titik equilibrium, maka yang terjadi adalah kelebihan penawaran atau market surplus. Kondisi ini terjadi saat jumlah barang yang ditawarkan melebihi permintaan pada harga pasar. Hal ini akan menguntungkan konsumen karena produsen akan bersaing menjual produk dengan harga murah karena pasokannya berlebih. Jika konsumen yang menginginkan produk tersebut tetap sedikit, maka harga akan turun dan membuat jumlah permintaan dan penawaran kembali ke titik equilibrium.

Nah, itu dia penjelasan mengenai equilibrium, lengkap dengan kedua fungsinya. 

Sebagai investor, sudah pasti Anda harus jeli melihat kondisi pasar saat ini. Namun, tidak semua investor punya waktu untuk melakukan analisis pasar yang rumit. P2P lending Investree bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda berinvestasi. Dengan pendanaan mulai dari 1 juta rupiah, Anda akan mendapatkan return mulai dari 12-20% per tahun. Pendaftaran sebagai lender pun mudah, cepat, dan 100% online. Informasi lengkapnya dapat Anda simak di tautan berikut ini: https://investr.ee/BlogLender

Yuk, investasi di Investree sekarang!

Referensi:

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-keseimbangan-pasar/

https://www.akseleran.co.id/blog/keseimbangan-pasar/

https://www.modalrakyat.id/blog/equilibrium-adalah