Economic Order Quantity (EOQ) : Pengertian dan Cara Menghitungnya

Saat menjalankan bisnis dan memesan ulang produk, ada baiknya Anda mengoptimalkan cara memesan produk menggunakan rumus kuantitas pemesanan ulang (economic order quantity) daripada hanya memesan berdasarkan apa yang dibutuhkan. Rumus economic order quantity (EOQ) akan sangat membantu Anda untuk menghemat anggaran biaya logistik dan gudang. Dengan mampu menghitung EOQ, Anda dapat memutuskan dengan lebih baik tentang jumlah produk yang akan dipesan dalam periode tertentu.

Jadi, apa itu economic order quantity dan bagaimana cara menghitungnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Economic Order Quantity (EOQ)

Economic Order Quantity adalah metode pengukuran yang digunakan untuk menentukan volume dan frekuensi pesanan untuk memenuhi tingkat permintaan tertentu sekaligus meminimalkan biaya per pesanan. Sehingga, EOQ dapat diartikan pula sebagai jumlah optimal barang yang harus dipesan pada periode tertentu, sehingga total biaya pemesanan dan penyimpanan barang tersebut dapat diminalisir. Hal ini berkaitan erat dengan prinsip ekonomi, semakin kecil biaya per unit pemesanan produk, semakin besar jumlah total pesanan. Dan semakin besar jumlah total pesanan, semakin pula tinggi biaya untuk menyimpan dan mengelola persediaan barang Anda.

Kategori Biaya EOQ

  • Biaya pemesanan

Biaya pembelian dan biaya set up adalah istilah yang sama untuk menyebut biaya pemesanan. Biaya pemesanan adalah jumlah biaya tetap (fix) yang terjadi setiap kali Anda memesan suatu produk. Biaya pemesanan sifatnya konstan, sebab tidak tergantung pada jumlah barang yang dipesan. Biaya ini tidak lepas dari aktivitas fisik yang dibutuhkan untuk memproses pesanan. Contoh dalam biaya pemesanan adalah biaya persiapan pemesanan, biaya mengiriman atau penugasan karyawan untuk melakukan pemesanan, biaya saat menerima bahan yang dipesan, dan biaya penyelesaian pembayaran pemesanan.

  • Biaya tercatat

Biaya tercatat dikenal juga dengan istilah biaya penyimpanan. Biaya tercatat adalah jenis biaya yang terkait dengan persediaan yang Anda miliki di gudang. Biaya ini terdiri dari biaya yang berkaitan dengan persediaan produk dan biaya penyimpanan. Contoh dari item yang berpengaruh dan masuk ke dalam jenis biaya tercatat ini adalah bunga, asuransi, pajak, dan biaya penyimpanan seperti biaya sewa gudang, biaya listrik, biaya kerusakan, dan lain sebagainya.

Rumus Economic Order Quantity

EOQ = akar kuadrat dari: [2SD] / H

  • S = Biaya penyiapan (per pesanan, umumnya termasuk pengiriman dan penanganan)
  • D = Tingkat permintaan (jumlah yang terjual per tahun)
  • H = Biaya penyimpanan (per tahun, per unit)

Misalkan Anda menjual produk mie instant dimana biaya penyimpanan perkardusnya adalah 0,75 dolar, lalu terdapat permintaan 10.000 kardus per tahun, dan biaya pesanan rata-rata 500 dolar.  Berikut adalah variabel yang bisa Anda tuliskan.

  • $ 0,75 adalah biaya penyimpanan per unit (H)
  • Permintaan 10.000 per tahun (D)
  • Biaya pesanan rata-rata $500 (S)

EOQ = akar kuadrat dari (2) (500) (10.000) /0. 75) 

        = 3.652 kardus per pesanan.

Kuantitas pesanan optimal Anda adalah 3.652 kardus untuk produk mie tersebut.

Nah itulah penjelasan tentang economic order quantity atau frekuensi pemesanan lengkap dengan rumus dan cara menghitungnya. Dengan menggunakan EOQ dalam menjalankan bisnis, Anda dapat meningkatkan proses pengelolaan stok barang Anda secara keseluruhan. Dengan menentukan angka pemesanan pada stok persediaan yang tepat, Anda dapat mengurangi biaya, mencegah kehabisan stok, sekaligus menjaga agar rantai pasokan produk Anda tetap berjalan dengan lancar.

Jika Anda membutuhkan modal untuk meningkatkan kinerja pemesanan dan pengelolaan bisnis Anda, Investree hadir menawarkan pinjaman dengan bunga yang kompetitif. Sebagai borrower, Anda tidak akan dibebankan dengan dengan biaya pendaftaran. Proses pendaftaran juga cepat dan mudah. Cukup melalui link berikut https://investr.ee/BlogBorrower.

Yuk, cari modal di Investree sekarang!

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-cara-menghitung-persediaan-melalui-economic-order-quantity/

https://accurate.id/marketing-manajemen/economic-order-quantity-eoq-adalah/