Bisnis

COGS (Cost of Goods Sold): Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Bagi Anda yang sedang menjalani bisnis jual-beli produk, pasti tidak asing dengan harga pokok penjualan atau COGS. Ya, COGS adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam proses penjualan produk. Sebab, perhitungan COGS mencakup keseluruhan biaya yang terlibat di dalam penjualan produk.

Meski begitu, tentu saja tidak semua elemen masuk ke dalam perhitungan COGS. Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang COGS, simak artikel di bawah ini, ya.

Pengertian Cost of Goods Sold (COGS)

Cost of Goods Sold atau COGS adalah perhitungan biaya yang timbul karena proses produksi barang apapun. COGS ini termasuk ke dalam biaya material, biaya tenaga kerja langsung, serta biaya overhead pabrik langsung, serta berbanding lurus dengan pendapat.

Artinya, jika pendapatan meningkat, maka dibutuhkan lebih banyak sumber daya untuk memproduksi barang tersebut. Nah, COGS ini sering kali menjadi item baris kedua yang muncul pada laporan keuangan laba-rugi. Dalam perhitungannya, COGS nantinya akan dikurangkan dari pendapatan untuk mendapat laba kotor.

Secara umum, COGS terdiri dari seluruh biaya yang berkaitan dengan produksi barang ataupun penyediaan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Akan tetapi, COGS tidak termasuk ke dalam biaya penjualan umum. Misalnya, gaji manajemen dan biaya iklan. Biaya tersebut berada di garis laba kotor di bagian pengeluaran penjualan, umum, serta administrasi.

Tujuan Cost of Goods Sold (COGS)

Perhitungan COGS dibuat bukanlah tanpa alasan. Adapun berbagai tujuan dari COGS adalah sebagai berikut.

  • Agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerja. Mulai dari biaya yang tertera, nantinya perusahaan dapat melihat apakah biaya tersebut realistis atau sebaliknya.
  • Perhitungan HPP yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan laba-rugi.
  • Agar perusahaan dapat mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan dalam produksi barang.
  • Adanya laporan keuangan laba-rugi yang jelas dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan terkait produksi berdasarkan data yang lebih valid.

Manfaat Cost of Goods Sold (COGS)

Sebenarnya manfaat utama COGS adalah untuk memberikan estimasi biaya perusahaan secara akurat. Tidak hanya itu saja, COGS juga memiliki sejumlah manfaat lainnya bagi perusahaan. Berikut adalah penjelasan beberapa diantaranya.

1. Menentukan Harga Jual

Manfaat pertama dari COGS adalah perusahaan dapat menetapkan harga barang dan juga jasa yang ditawarkan sesuai dengan besaran biaya produksi, spesifikasi barang, dan jumlah permintaan. Berkat adanya COGS, maka perusahaan bisa mengetahui harga jual yang cocok secara spesifik.

2. Memantau Realisasi Produksi

COGS juga dapat digunakan untuk memantau realisasi produksi. Apabila suatu perusahaan menerima pesanan produk, maka manajemen memerlukan informasi biaya produksi yang tepat untuk memenuhi pesanan tersebut.

3. Menghitung Laba atau Rugi

Melalui perhitungan COGS yang akurat, Anda bisa menilai besaran laba atau rugi yang diperoleh perusahaan. Apabila harga jual lebih besar dari COGS, maka sudah pasti perusahaan akan memperoleh laba. Begitu juga jika harga jual lebih rendah dari COGS, maka Anda akan mendapatkan kerugian.

Cara Menghitung Cost of Goods Sold (COGS)

Agar lebih mudah dalam memahami COGS, Anda perlu mengetahui cara menghitungnya. Berikut adalah rumus perhitungan COGS tersebut.

1. Rumus Penjualan Bersih

Penjualan Bersih = Penjualan Bruto – Retur Penjualan – Potongan dari Penjualan

2. Rumus Pembelian Bersih

Pembelian Bersih = Pembelian – Biaya Pengangkutan Pembelian – Retur Pembelian – Potongan Pembelian

3. Rumus Biaya Produksi Penjualan (HPP)

Harga Pokok Penjualan = Persediaan Barang Awal = Pembelian Bersih – Persediaan Akhir

Itulah penjelasan singkat tentang COGS yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda yang sedang membutuhkan tambahan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis, maka bisa mengajukan pinjaman sebagai Borrower di Investree.

Anda bisa langsung mendapatkan pinjaman modal usaha secara cepat dan mudah karena dilakukan secara online. Jadi, tunggu apalagi. Segera ajukan pinjaman modal usaha ke Investree sekarang juga!

Referensi:

https://www.ekrut.com/media/cogs-adalah

https://majoo.id/solusi/detail/apa-itu-cogs

https://accurate.id/akuntansi/cogs-adalah/

Share this Post