Bisnis

Cara Memulai Usaha Ternak Kambing yang Bikin Untung

Ternak kambing memiliki prospek usaha cukup menguntungkan, terlebih lagi pada saat menjelang Idul Adha. Tidak hanya itu saja, masyarakat Indonesia khususnya umat muslim juga menyelenggarakan acara aqiqah bagi anak-anaknya. Jadi peluang usaha ternak kambing sebenarnya selalu terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang signifikan.

Beternak kambing tidak membutuhkan modal sebesar sapi dan lebih mudah terserap ke pasar karena tingkat permintaan yang selalu ada setiap saat. Di Indonesia mudah sekali menemukan penjual sate kambing yang sangat digemari. Belum lagi produk susu kambing yang semakin laris karena bagus untuk kesehatan. Peluang sebaik itu sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

Tips dan Cara Memulai Usaha Ternak Kambing

Anda bisa memulai beternak kambing dengan modal yang tidak terlalu besar hanya beberapa juta rupiah saja. Usaha ternak kambing skala kecil bisa dimulai dengan modal kurang dari Rp. 10 juta dimana Anda bisa mendapatkannya melalui Investree dengan biaya dan bunga ringan.

Nah, bagi Anda yang masih pemula bisa melihat tips dan cara untuk beternak kambing berikut ini sebagai panduan.

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan pastinya adalah memilih lokasi ternak yang tepat. Hindari membuat usaha ternak kambing pada lokasi yang relatif dekat dengan pemukiman dan perumahan warga. Jangan juga memilih lokasi yang tidak jauh dari tempat publik seperti sekolahan, kantor, pabrik dan sejenisnya.

Sebaiknya carilah lokasi yang masih kosong dan cukup jauh dari tempat-tempat seperti disebutkan diatas namun memiliki akses keluar masuk yang cukup mudah.

Pemilihan lahan kosong selain menghindari adanya protes dari masyarakat yang merasa terganggu juga supaya memungkinkan untuk membuat kandang yang luas. Satu hal lagi yang harus diperhatikan pastikan bahwa lokasi tersebut aman dari pencurian.

2. Pemilihan Jenis Kambing

Di Indonesia kita bisa menemukan beberapa jenis kambing yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebelum memulai untuk beternak kambing sebaiknya pilih dulu jenis yang tepat dengan tujuan Anda.

Jenis kambing yang bisa dijadikan sebagai pilihan diantaranya :

  • Kambing etawa yang sangat bermanfaat susunya dan banyak diternak orang.
  • Kambing gibas adalah jenis yang paling tahan dengan cuaca panas maupun dingin.
  • Kambing kacang merupakan jenis yang paling umum di ternak oleh masyarakat pedesaan.
  • Kambing jawa randu selain bisa diambil dagingnya juga merupakan penghasil susu dan sering dipilih sebagai hewan qurban atau aqiqah.

 

3. Persiapan Modal

Selanjutnya Anda harus mulai melakukan perhitungan berapa kisaran modal yang diperlukan untuk membuat peternakan kambing tersebut. Modal yang harus diperhitungkan adalah biaya-biaya untuk :

  • Pembelian atau sewa lahan jika belum memilikinya.
  • Pembuatan kandang kambing.
  • Pembelian bibit kambing setidaknya dua ekor yaitu jantan dan betina agar bisa dikembangbiakan.
  • Pembelian pakan dan vitamin.
  • Pemeliharaan termasuk gaji pegawai yang membersihkan kandang, memberi pakan, menjaga kandang dan sebagainya kalau tidak mungkin Anda lakukan sendiri.

Memperhitungkan modal sejak awal akan membantu Anda lebih mudah mencari sumber pendanaannya jika memang diperlukan. Modal sangat penting untuk mengembangkan usaha ternak kambing Anda menjadi lebih besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha ternak kambing seperti menambah jumlah kambing, menambah kandang dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha ternak kambing dengan lancar dan maksimal.

Penjelasan singkat tentang tips dan cara untuk memulai usaha ternak kambing di atas diharapkan bisa membantu Anda yang masih belum memiliki pengalaman dan pengetahuan sama sekali di bidang tersebut tetapi tertarik mencobanya.

Referensi :

Budi Sasongko. 28 Februari 2020. Tips Memulai Usaha Ternak Kambing Skala Kecil. kompasiana.com : https://bit.ly/3mHk1gg

Wahyu Ramadhan. 3 November 2021. Panduan Ternak Kambing Pemula yang Bikin Cuan, Modal Hanya Rp. 9 Juta. Rumah123.com : https://bit.ly/3nUIU7B

Share this Post

Artikel Terbaru