Cara Memulai Usaha Laundry Mudah dan Menguntungkan

Saat ini usaha laundry banyak diminati kalangan masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Usaha ini sangat mudah dijalankan dan menguntungkan. Meski terlihat mudah, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara memulai usaha laundry dan apa saja yang harus disiapkan. Oleh sebab itu, cara memulai usaha laundry dibawah ini penting dipelajari.

Cara Memulai Usaha Laundry

1. Menentukan Layanan dan Harga

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memulai usaha laundry adalah menentukan jenis jasa laundry yang akan ditawarkan pada konsumen dan menentukan harganya. Jasa ini harus sesuai dengan apa yang diminati di sekitar Anda mendirikan usaha ini. Harganya pun harus bersaing dan tidak boleh terlalu mahal. Sebaiknya, sebelum menentukan harga dan layanan ini, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu ke tempat-tempat laundry di sekitar usaha laundry Anda.

Secara umum, layanan jasa laundry yang biasanya ditawarkan dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat yakni meliputi:

  • Cuci kering
  • Cuci basah
  • Cuci kering dan setrika
  • Setrika
  • Laundry boneka
  • Laundry tas
  • Laundry sepatu
  • Laundry helm

2. Menyiapkan Tempat

Saat Anda memutuskan untuk membangun usaha laundry, Pastikan tempatnya luas. Hal ini sangat penting karena segala macam hal yang berkaitan dengan usaha laundry membutuhkan halaman yang luas di luar ruangan dan juga memerlukan tempat yang luas di dalam ruangan.

Halaman yang luas di luar ruangan digunakan untuk mencuci pakaian agar cepat kering. Selanjutnya, tempat luas di dalam ruangan digunakan untuk meletakkan mesin cuci, menyetrika, melipat baju, dan juga mengemas baju.

3. Menyiapkan Peralatan Laundry

Peralatan laundry merupakan hal yang wajib ada pertama kali ketika Anda akan membuka usaha ini. Tanpa berbagai macam peralatan laundry, maka Anda tidak bisa memulai usaha tersebut. Jadi siapkanlah segala macam peralatan seperti halnya mesin cuci, mesin pengering, deterjen, setrika uap, dan juga pewangi laundry.

Dalam memilih peralatan tersebut, Anda pun dianjurkan untuk memilih alat dengan kualitas yang baik. Tujuannya adalah agar alat tersebut tidak mudah rusak dan menimbulkan kerusakan pada pakaian yang dicuci seperti halnya kesalahan memilih deterjen akan menyebabkan warna pakaian pudar. Hal ini malah akan merugikan usaha Anda sendiri.

4. Menentukan Brand dan Melakukan Promosi

Sebelum membuka usaha laundry, tentukan terlebih dahulu brand usaha Anda. Usahakan pilih nama yang unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Setelah brand siap, kini Anda tinggal mempromosikan usaha tersebut.Tanpa promosi, maka tidak pernah ada yang tahu bahwa Anda memiliki usaha ini. Lakukanlah promosi baik secara offline maupun dengan cara online.

Itulah segala macam cara memulai usaha laundry yang harus Anda siapkan sejak dini jika memang Anda tertarik untuk menggeluti usaha ini. Promosikan usaha Anda dan jangan lupa untuk membuat inovasi baru pada usaha laundry. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha laundry, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha laundry dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Buku Warung. Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan. Bukuwarung.com: https://bit.ly/3rX6zbn

Riza Dian Kurnia. April 9, 2021. Usaha Laundry: Cara Buka, Modal, Kelebihan & Kelemahan. Qoala.app: https://bit.ly/3yl5ivE