Cara Memulai Bisnis Usaha Rental Motor Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Usaha Rental motor dari Nol

Cara Memulai Bisnis Usaha Rental Motor dari Nol – Motor merupakan salah satu transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Ditambah dengan kondisi jalan yang sering macet, menjadikan motor sebagai transportasi yang paling efektif untuk digunakan.

Tapi, jika Anda sedang bepergian jauh dari rumah dan tidak menggunakan motor, maka rental kendaraan bermotor menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Bisnis rental kendaraan motor ini banyak ditemukan di kota-kota besar, kawasan wisata, area kampus dan area yang berdekatan dengan fasilitas umum yang lainnya.

Untuk membangun bisnis rental motor tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk itu, Anda bisa memulai langkah awal dengan mengajukan pinjaman untuk membuka usaha ini.

Agar bisa sukses berbisnis rental kendaraan bermotor, Anda harus menyiapkan segala dengan matang. Mengingat banyaknya peminat, maka sangat efektif jika rental motor dijadikan pilihan usaha. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan.

Bagaimana cara memulai bisnis rental motor dari nol? Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Memulai Bisnis Usaha Rental Motor dari Nol

Berikut ini tahapan untuk memulai persiapan usaha hingga siap untuk dijalankan. 

1. Menyiapkan Modal 

Untuk membangun bisnis, tentu Anda harus menyiapkan modal lebih dulu. Anda dapat memperoleh modal dari pinjaman bank, mengajukan pinjaman ke P2P atau menggunakan tabungan pribadi Anda. 

Apabila Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan Anda bisa membayar cicilan per bulannya. Jangan sampai cicilan Anda mengganggu pos pengeluaran pokok dan membebani Anda.

2. Menentukan Lokasi 

Anda harus memilih lokasi penyewaan yang strategis, misalnya seperti di dekat stasiun, di dekat bandara, atau dekat pelabuhan. Pokoknya di area akses masuk pelancong atau orang yang berwisata.

Sehingga, dengan cara ini peluang bsinsi Anda akan dilirik akan menjadi lebih besar. Selain lokasi, yang menentukan laris tidaknya rental adalah media promosinya. 

3. Mengalokasikan Modal untuk Membeli Kendaraan 

Setelah menentukan lokasi, maka Anda tinggal membeli kendaraannya. Anda bisa membeli motor yang bekas atau motor baru untuk dijadikan sebagai armada. Untuk jumlah unitnya, sesuaikan saja dengan modal Anda. 

Untuk motor baru harganya bisa berkisar Rp15-20 juta per unit, sedangkan bekas bisa berkisar Rp5-10 jutaan. 

4. Menentukan Harga Penyewaan 

Setelah kendaraan siap, tinggal tentukan berapa harga yang akan Anda patok untuk sekali sewanya. Penetapan harga juga tergantung pada pasar dan lama penyewaan. Agar Anda tidak merasa bingung, buat perbandingan harga sewa di beberapa kota.

5. Menyiapkan Media Promosi 

Setelah semuanya siap, supaya bisnis Anda dikenal lebih luas, Anda membutuhkan media promosi yang tepat. Anda bisa menggunakan media sosial atau situs website.

Tapi yang paling efektif adalah testimoni dari konsumen Anda. Ketika mereka puas dengan bisnismu, kemungkinan besar mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain. 

6. Jangan Melupakan Biaya Lainnya 

Anda harus mempersiapkan biaya perawatan dan lainnya. Misalnya seperti, biaya cuci rutin, servis per bulan, bayar pajak tahunan, dan lain-lain. 

Untuk memulai sebuah bisnis, tentu Anda membutuhkan modal awal. Darimana Anda bisa mendapatkan modal tersebut? Modal bisa didapatkan darimana saja salah satunya dari pinjaman bisnis. Untuk mendapatkan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman di Investree.

Tidak perlu khawatir tentang persyaratan yang sulit dipenuhi. Selama usaha-mu sudah berbadan hukum CV/PT dan sudah berjalan 1 tahun, Investree menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan, sehingga kamu dapat memperoleh dana dengan mudah tanpa harus menyerahkan jaminan yang berharga. Selain itu, Investree juga menawarkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti modal kerja, investasi, pengadaan barang atau peralatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cek semua jenis pinjaman di Investree

Dengan layanan pinjaman modal usaha Investree, Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis-mu dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, klik banner di bawah ini untuk daftar menjadi Borrower di Investree!

daftar borrower investree

Tunggu apalagi? Jadi Borrower Investree daftar borrower investreesekarang!