Bisnis

Cara Memulai Bisnis Usaha Katering yang Menguntungkan

Usaha katering menjadi salah satu jenis usaha yang menguntungkan saat ini. Banyak orang yang memerlukan jasa katering untuk berbagai acara penting seperti pernikahan, ulang tahun, pertemuan bisnis, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimanakah cara memulai bisnis katering agar sukses? Anda bisa pelajari secara lengkapnya dibawah ini.

Tips Memulai Bisnis Katering

1. Menentukan Jenis Katering yang Ingin Dibuka

Pilihlah jenis hidangan katering yang ingin dibuka. Secara umum, terdapat 2 jenis bisnis katering yang dapat Anda pertimbangkan, yakni bisnis 1 menu spesifik dan bisnis aneka menu.

Pada prakteknya, bisnis katering 1 menu memang lebih mudah dijalankan, namun biasanya akan mempunyai banyak kompetitor di pasaran. Berbeda halnya dengan bisnis aneka menu yang banyak diminati masyarakat dan mempunyai sedikit kompetitor, hanya saja pelaku usaha ini harus mengasah keahlian memasaknya supaya bisa melayani pesanan menu apapun.

2. Buat Brand dan Konten Promosi Menarik

Carilah nama brand yang unik, singkat, dan mudah diingat. Kemudian, desain logo yang merepresentasikan bisnis katering Anda. tidak lupa, lakukan promosi dengan mengunggah konten yang menarik agar brand awareness masyarakat sekitar meningkat.

3. Riset Supplier Murah Namun Berkualitas

Bisnis katering dapat berjalan optimal jika pengusaha melakukan riset supplier dengan jeli. Cobalah untuk membangun networking Anda bersama supplier-supplier berkualitas namun menawarkan harga yang masih bisa dijangkau. Semakin banyak relasi supplier yang Anda miliki, semakin mudah pula Anda mendapatkan bahan-bahan keperluan usaha dengan kualitas dan harga terbaik.

4. Menghitung Estimasi Biaya yang Dibutuhkan

Estimasi anggaran untuk memproduksi suatu menu diperlukan agar penggunaan modal usaha lebih efisien. Lebih lanjut, proses estimasi anggaran bisa dilakukan saat melakukan negosiasi bersama klien. Jadi, ketika klien menawar harga menu katering, Anda sudah mempunyai pedoman sekiranya berapa batas maksimal Anda bisa memberikan potongan harga.

5. Menyusun Konsep MoU dengan Klien

Kebanyakan bisnis katering saat ini tidak lagi menggunakan MoU alias Memorandum of Understanding ketika klien memesan makanan. Akibatnya, banyak pengusaha katering yang merugi lantaran masakannya dikembalikan, pemesan menunda pembayaran pesanannya, dan lain sebagainya. Karena alasan tersebut, ada baiknya untuk membiasakan diri memberikan MoU kepada klien. Pastikan pula memberikan salinan MoU tersebut kepada klein, agar kedua belah pihak merasa lebih aman, nyaman, dan terlindung.

6. Promosi Bisnis Secara Masif di Media Sosial

Media sosial bisa digunakan sebagai medium untuk menjangkau calon konsumen dalam lingkup lebih luas, bahkan mereka yang berasal dari luar daerah Anda saat ini. Rajinlah melakukan promosi di media sosial supaya kesempatan bisnis Anda memperoleh atensi masyarakat luas lebih besar. Perlu dicatat, promosi di media sosial tidak melulu ribet dan berbayar, Anda dapat mempromosikannya secara gratis lewat unggahan di akun media sosial pribadi.

7. Jaga Kualitas Masakan

Paling penting, kualitas makanan wajib terjaga, terutama dari segi kehigienisannya. Jangan sampai Anda terlalu abai terkait hal ini atau konsumen bakal menolak melakukan pembayaran. Lebih buruk lagi, dampak yang bisa ditimbulkan akibat kelalaian pebisnis katering soal rasa adalah reputasi buruk yang berujung pada kegagalan usaha Anda.

Itulah beberapa cara memulai usaha katering yang bisa Anda tiru dari awal. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha katering, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha katering dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

Fitriana Monica Sari. 22 Okt 2019, 07:00 WIB. Simak Cara Mudah Berbisnis Katering. Liputan6.com : https://bit.ly/3qLT6Tg

Share this Post

Artikel Terbaru