Cara Memulai Bisnis Distributor yang Menguntungkan!

Bisnis distributor menjadi salah satu bisnis menguntungkan yang bisa Anda coba. Distributor merupakan perusahaan yang bertindak sebagai perantara atau perwakilan bagi produsen. Seperti yang diketahui jika produsen ini akan membuat atau memproduksi suatu produk. Sedangkan perusahaan ritel yang akan menjual produk tersebut.

Namun, sangat jarang perusahaan ritel mengambil produk langsung dari produsen. Tetapi lebih memilih untuk mengambil produk dari distributor. Dengan begitu tidak salah jika bisnis ini sangat menguntungkan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari bisnis distributor dibawah ini.

5 Cara Memulai Bisnis Distributor yang Menguntungkan

1. Persiapkan Modal yang Dibutuhkan

Gambar 1

Untuk memulai bisnis ini diharuskan untuk mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Nominal modal yang harus dipersiapkan jumlahnya cukup banyak. Ini dikarenakan sebagai distributor bisanya akan membeli produk atau barang dalam jumlah yang banyak. Modal besar yang dikeluarkan di awal sebanding dengan imbal hasil yang nantinya akan diterima.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis distributor, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis distributor dengan lancar dan maksimal.

2. Menentukan Produk Apa yang akan Dijual

Supaya Anda bisa sukses menjadi seorang distributor berarti harus mengetahui produk apa saja yang potensial untuk dijual di pasaran. Untuk mengetahui produk apa saja yang potensial, Anda diharuskan untuk melakukan riset pasar. Riset pasar wajib dilakukan sebelum bisnis mulai dijalankan.

Selain melakukan riset pasar, Anda juga perlu memiliki pengetahuan mumpuni tentang produk yang dijual. Hal ini dikarenakan pengetahuan terhadap suatu produk bisa digunakan untuk meyakinkan konsumen sehingga mau membeli produk yang Anda jual. Dengan begini maka peluang untuk mendapatkan imbal hasil yang besar sangat terbuka lebar.

3. Mengenal Kompetitor

Gambar 2

Perlu diketahui jika dalam menjalankan bisnis distributor Anda tidak sendiri. Maksudnya ada banyak pesaing atau kompetitor yang menjalankan bisnis yang sama. Keberadaan kompetitor tidak boleh membuat Anda pesimis melainkan harus lebih semangat untuk bisa bersaing.

Anda harus mengetahui dan mengenal kompetitor supaya nantinya bisa mempertimbangkan produk apa yang dijual. Pertimbangan ini akan lebih matang apabila sebelumnya sudah ada riset pasar. Data yang diperoleh bisa dianalisis dengan tujuan untuk menentukan produk apa saja yang laku di pasaran dan mempunyai kompetitor dengan jumlah sedikit.

4. Pilih Produsen yang Sudah Berpengalaman

Meski Anda merupakan pebisnis distributor pemula sebaiknya menjalin kerjasama dengan produsen yang sudah berpengalaman. Bisnis distributor ini nantinya akan dijalankan dalam jangka waktu panjang sehingga perlu mencari produsen dengan reputasi yang baik.

Pastikan juga produk yang diproduksi produsen merupakan produk yang berkualitas sehingga para pelanggan akan merasa puas membeli produk di perusahaan Anda. Supaya bisnis Anda bisa berkembang maka harus menjual produk berkualitas dan memberikan pelayanan yang baik.

5. Memiliki Kemampuan Pemasaran 

Gambar 3

Supaya produk bisa terjual dalam jumlah yang banyak berarti Anda harus memiliki kemampuan memasarkan produk. Jika Anda memiliki kemampuan memasarkan produk yang baik maka akan lebih mudah meyakinkan konsumen dengan memberikan penjelasan akan kelebihan produk yang dijual. Apabila penjelasannya meyakinkan maka konsumen akan membeli produk tersebut bahkan bisa saja menjadi pelanggan tetap.

Memiliki kemampuan memasarkan produk juga menjadi pertimbangan produsen sebelum menjalin kerjasama dengan Anda. Tentu ini menjadi poin tambahan supaya bisnis ini bisa berjalan dengan.

Itulah cara memulai bisnis distributor yang menguntungkan. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus melakukan persiapan sebaik mungkin agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Referensi :

Berdesa.com. 20 November 2019. Cara Menjadi Distributor Pabrik yang Sesuai. Berdesa.com. https://bit.ly/3q7o4UP