Bisnis

Cara Memulai Bisnis Alat Kesehatan, Aman dan Mudah

Bisnis alat kesehatan merupakan jenis usaha yang sekarang dengan mempunyai peluang atau prospek yang cemerlang. Masa pandemi seperti sekarang adalah alasan utamanya. Cara untuk memulai bisnis alat kesehatan pun mulai dicari dan dilirik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara agar bisa memulai bisnis alat medis yang perlu diketahui.

Cara Memulai Bisnis Alat Kesehatan

1. Siapkan Dana Untuk Modal

Hal paling utama yang perlu dilakukan agar bisa memulai sebuah usaha alat medis adalah dengan menyiapkan modal usaha. Pertama cari tahu dulu perkiraan dana yang harus disiapkan seberapa banyak. Informasi tersebut bisa dicari pada rekan atau orang yang terlebih dulu membuka usaha serupa. Umumnya modal untuk alat medis ini cukup besar karena alat-alat tersebut memang dibandrol dengan harga yang tergolong mahal.

Untuk meminimalisasi besar biaya modal untuk membuka usaha ini, coba cari supplier yang terpercaya dan memberikan harga yang bersaing. Tentunya jangan lupa untuk mengutamakan kualitas barang yang dibeli karena itu merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis. Intinya, carilah supplier yang memberikan harga sesuai dengan kualitas barang. Lakukan pendekatan serta komunikasi sebagai jalan untuk memilih supplier yang tepat.

Untuk mengembangkan bisnis alat kesehatan seperti menambah stock atau memperkuat cash flow, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis alat kesehatan, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis alat kesehatan Anda.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset di sini dilakukan untuk mengetahui kira-kira alat medis apa saja yang bisa dijual dan siapa target pasarnya. Dari hasil riset akan terlihat alat kesehatan apa yang paling banyak dibutuhkan di tengah masyarakat. Menentukan siapa target dan alat medis apa yang akan dijual sangat menentukan kelancaran bisnis alat kesehatan yang dijalankan.

Saat menjalankan usaha alat medis sesuai hasil riset, besar kemungkinan penjualan akan lancar dan terus meningkat. Potensi untuk mendapatkan banyak pelanggan atau pembeli semakin besar. Riset ini sangat penting dilakukan sebelum pengadaan barang.

3. Tentukan Lokasi

Selain hasil riset, lokasi yang digunakan untuk berjualan juga cukup berperan penting. Lokasi berbisnis yang strategis akan sangat menguntungkan dan semakin menunjang potensi pembeli meningkat. Untuk itu selain melakukan riset pasar, penting juga untuk melakukan riset dalam mencari lokasi atau tempat usaha yang ideal.

Lokasi yang strategis yakni berada di dekat jalan besar, dekat dengan beberapa fasilitas umum, dan juga dekat dengan area pemukiman. Akan lebih maksimal lagi jika mencari tempat yang memang sudah menjadi area orang biasa berjualan.

4. Mengurus Perizinan Alat Medis

Untuk bisa membuka bisnis alat kesehatan ini adalah yang paling penting. Perizinan alat yang akan dijual menjadi hal yang krusial. Pihak yang mempunyai wewenang untuk memberikan perizinan untuk alat kesehatan yang akan dijual adalah Dinas Kesehatan. Ada prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan perizinan tersebut.

Caranya mudah, cukup serahkan surat permohonan izin pada Kepala Dinas Kesehatan terdekat. Paling lambat 12 hari setelah menyerahkan surat, petugas dari Dinas Kesehatan akan datang untuk memeriksa kelengkapan bisnis kesehatan yang akan dijalankan. Berkas yang dibutuhkan Nomor Pokok Wajib Pajak, Surat Izin Usaha, serta keterangan domisili. Tak ketinggalan kelengkapan administrasi toko dan alat kesehatan yang akan dipasarkan.

Jika sudah diperiksa nanti akan terbit surat izin dari Dinas Kesehatan jika memang bisnis disetujui buka oleh pihak Dinas Kesehatan. Surat izin ini sangat penting untuk menjamin kelancaran bisnis. Tanpa memiliki surat ini maka sewaktu-waktu bisnis bisa ditutup secara paksa oleh pihak Dinas Kesehatan setempat.

5. Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang profesional dan memuaskan tentu sangat disukai para pelanggan. Bisnis bisa berjalan lancar jika pelayanan yang diberikan kepada konsumen maksimal. Mengutamakan kepuasan konsumen menjadi hal yang penting untuk kelancaran bisnis terutama usaha alat medis. Konsumen yang puas akan melakukan repeat order serta akan merekomendasikan kepada rekan lain. Hal tersebut akan meningkatkan penjualan.

6. Promosi yang Tepat

Pemasaran merupakan faktor paling menentukan apakah produk bisa dikenal target pasar atau tidak. Strategi dalam melakukan promosi pun harus dilakukan dengan tepat, agar penjualan produk yang dipromosikan bisa maksimal. Sekarang ini ada dua cara, bisa promosi secara offline dan online. Media yang digunakan juga beragam mulai media cetak sampai akun media sosial.

Itu dia beberapa cara untuk bisa memulai sebuah bisnis alat kesehatan. Pastikan setiap langkah dilakukan secara optimal supaya saat menjalankan bisnis tidak ada masalah yang berat dan merugikan.

Referensi:

Tips Bisnis. JANUARY 9, 2016. Langkah Memulai Bisnis Alat Kesehatan Secara Mudah. Niaga.tv: https://bit.ly/2ZihMXP

Share this Post

Artikel Terbaru