Bisnis

Cara Membuka Usaha Agen Telur dengan Modal Kecil

Usaha agen telur menjadi salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Usahanya pun cukup mudah untuk dijalankan. Di samping itu, masyarakat membutuhkan telur untuk konsumsi sehari-hari sehingga Anda pun tidak akan kesulitan dalam melakukan promosi dan menjualnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari langkah-langkah membuka usaha agen telur di bawah ini.

Langkah Membuka Usaha Agen Telur Modal Terbatas

Usaha agen telur bisa dimulai dengan modal terbatas. Meski begitu, Anda harus paham langkah-langkah yang baik dalam memulai dan menjalankan usahanya agar bisa berjalan lancar. Langkah-langkahnya yaitu:

1. Menentukan Jenis Telur yang Dijual

Cara pertama untuk memulai usaha agen telur yakni dengan menentukan jenis telur apa yang akan Anda jual misalnya saja telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh. Jika Anda masih pertama kali dan hanya mempunyai modal kecil, maka sebaiknya pilih salah satu jenis telur saja terlebih dahulu. Hal ini lebih efektif dan mengurangi risiko kebangkrutan akibat kerusakan telur yang sering sekali terjadi.

2. Bekerjasama dengan Supplier

Tanpa supplier yang menyuplai telur yang akan Anda jual, maka usaha agen telur Anda tidak akan berjalan. Oleh sebab itu, carilah supplier telur sebanyak-banyaknya. Usahakan bekerjasamalah dengan supplier telur yang amanah dan mempunyai pasokan telur berlimpah langsung dari kandang ternak karena biasanya harganya lebih terjangkau. 

3. Menyiapkan Tempat Usaha

Usaha agen telur juga memerlukan tempat yang luas untuk penyimpanan telur yang dijual. Di samping itu, Anda juga harus menyiapkan berbagai peralatan untuk perawatan telur agar tidak mudah pecah, busuk, dan rusak. Hal ini harus Anda pikirkan dan Anda siapkan sedini mungkin.

4. Menentukan Sistem Penjualan Telur

Sistem penjualan telur juga tidak boleh Anda abaikan. Anda harus menentukan sistem penjualan apakah itu dengan sistem ecer, sistem partai, dan apakah nantinya telur akan dijual dengan sistem online atau offline. Hal ini harus didesain sebaik mungkin agar nanti Anda tidak kebingungan ketika usaha sudah mulai berjalan.

5. Menentukan Harga Telur yang Akan Dijual

Menentukan harga jual telur juga sangat penting untuk diperhatikan. Usahakan harga jual telur nantinya tidak akan membuat Anda merugi dan tidak terlalu mahal pula. Sebagai usaha yang baru dirintis, Anda bisa memberikan harga lebih terjangkau untuk menarik minat konsumen selama hal tersebut masih memberikan keuntungan bagi Anda.

6. Melayani Pelanggan dengan Sepenuh Hati

Pelayanan adalah salah satu hal yang akan menunjang kesuksesan usaha Anda. Pelanggan tentu akan terkesan dan kembali lagi berlanggan ke usaha Anda jika pelayanannya memuaskan. Maka dari itu, pastikan semua pelayanan yang dilakukan oleh Anda dan karyawan Anda baik, ramah, serta fast respon.

Itulah beberapa cara membuka usaha agen telur dengan modal terbatas yang bisa Anda pelajari. Jadilah pengusaha yang jujur dan mengedepankan kualitas barang yang dijual. Dengan begitu, maka pelanggan akan tetap loyal dengan produk Anda sehingga usaha pun bisa jadi semakin berkembang dari hari ke hari. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha agen telur, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha agen telur dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Muhammad Damar Wicaksono. Sabtu, 03 Sep 2016 16:45 WIB. Mau Jadi Agen Telur dengan Omzet Rp 3 Juta-Rp 10 Juta/Bulan? Ikut Waralaba Ini. Finance.detik.com : https://bit.ly/3yn01ni

Share this Post