Cara Membuat WA Bisnis Untuk Mendukung Pemasaran Online Usaha Anda

Cara Membuat WA bisnis

Cara Membuat WA bisnis – Pebisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp Bisnis. Kehadirannya telah disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia, karena memberikan banyak manfaat terutama bagi para pebisnis online.

Dengan WA Bisnis, calon pelanggan bisa langsung melihat katalog dan melakukan komunikasi secara langsung dengan penjual. Mengingat pengguna WhatsApp yang sangat banyak, maka penggunaan aplikasi ini dalam bisnis merupakan cara yang efektif. Untuk itu, mari kupas berbagai informasi tentang WA bisnis yang hars diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan lintas platform gratis yang  memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) yang dimiliki oleh Facebook, Inc. Dengan adanya teknologi tersebut, pengguna bisa saling mengirim pesan teks dan suara, melakukan panggilan suara dan video, berbagi foto, video, dokumen, lokasi, dan jenis format media yang lain.

WhatsApp juga sudah memperkenalkan versi lain bagi bisnis skala kecil seperti UKM dan UMKM, yang dikenal dengan WhatsApp Business. Hadirnya WhatsApp Business bisa memaksimalkan perusahaan atau bisnis untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan yang juga menggunakan WA.

Apa itu Akun Bisnis WA?

WA akun bisnis merupakan sebuah aplikasi chat atau percakapan yang dibuat khusus untuk memberi kenyamanan bagi pebisnis untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya. 

Hadirnya aplikasi WhatsApp bisnis, tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi para pemilik bisnis, terlebih bagi para pebisnis online. Hal ini karena Wa bisnis memberi Anda kemudahan untuk melakukan interaksi dengan konsumen melalui berbagai fitur yang tersedia.

Aplikasi ini bisa membantu pebisnis untuk melakukan promosi produk atau jasa, dan menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan cepat. Cara menghubungi akun bisnis juga tidak berbeda dengan WhatsApp biasa. Sehingga, Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah.

Selain itu, WA bisnis juga membantu Anda untuk untuk membuat profil bisnis dengan cara menambahkan berbagai informasi dasar mengenai bisnis Anda seperti situs web, alamat, akun media sosial, dan informasi penting yang lain sehingga bis memudahkan pelanggan untuk mengenal brand Anda.

Hal ini sangat efektif bagi para pebisnis yang ingin menyampaikan informasi penting pada konsumen. Karena ketika menggunakannya, Anda dapat menulis deskripsi produk atau jasa secara jelas.

Perbedaan WA bisnis dan WA biasa

1. Perbedaan Logo Aplikasi

Salah satu hal yang terlihat sangat jelas berbeda yaitu logo dari kedua aplikasi tersebut. Meski keduanya sama-sama berwarna hijau muda yang sudah sangat ikonis, perbedaan yang signifikan justru ada pada logonya. 

Pada WhatsApp biasa menggunakan logo gambar telepon yang berwarna putih di tengahnya. Sedangkan untuk WhatsApp Bisnis menggunakan logo huruf “B“ kapital berwarna putih.

2. Penggunaan Nomor Telepon pada Akun

Berbeda dengan WhatsApp biasa yang hanya bisa menggunakan nomor handphone saja, WhatsApp Bisnis memungkinkan penggunanya untuk menggunakan nomor handphone dan nomor telepon rumah atau kantor bagi bisnis Anda. 

Tapi, WA tetap menyarankan bagi pebisnis untuk tidak sering mengganti nomor telepon karena nomor tersebut yang akan menjadi patokan bagi pelanggan Anda. 

3. Sistem Balas Otomatis

Fitur pesan otomatis yang ada dalam WhatsApp Bisnis bisa memudahkan Anda untuk merespon para pelanggan dengan cepat. Tentu saja dengan fitur pesan otomatis ini tidak akan didapatkan jika Anda menggunakan WhatsApp biasa.

4. Profil Pengguna

Perbedaan WA bisnis dan WA biasa selanjutnya yaitu profil penggunanya. Dengan menggunakan akun WhatsApp Bisnis, Anda bisa memasukkan berbagai informasi mengenai bisnis Anda seperti menampilkan kategori bisnis pada profil akun bisnis, tautan situs bisnis Anda, dan lain-lain,.

Sedangakan pada akun WhatsApp biasa tidak bisa melakukan hal tersebut.

5. Statistik Pesan

Fitur statistik pesan ini berisi jumlah pesan yang dikirim, dibaca dan yang diterima. Kehadiran fitur WhatsApp ini hanya ada dalam akun WA bisnis, sedangkan pada WA biasa tidak menyediakan fitur yang satu ini.

6. Labelisasi Pesan Masuk

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan biasa yang bisa memudahkan Anda sebagai pebisnis yaitu fitur pelabelan pesan masuk Anda. Dengan memberi label pada chat masuk yang terkait dengan bisnis Anda, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan Anda. 

Cara Mengubah WA Menjadi Akun Bisnis

  • Update WhatsApp Messenger dan download aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store.
  • Buka aplikasi WhatsApp Business.
  • Baca Ketentuan Layanan WA Business. Klik setuju dan lanjutkan untuk menerima ketentuan.
  • Aplikasi WA bisnis secara otomatis mengenal nomor telepon yang Anda gunakan di WhatsApp Messenger. Untuk melanjutkan, pilih opsi dengan nomor telepon bisnis Anda. 
  • Apabila nomor yang ditampilkan bukan nomor yang ingin Anda gunakan, klik gunakan nomor lain, kemudian lakukan proses verifikasi standar.
  • Klik lanjut > izinkan untuk mengizinkan aplikasi mengakses riwayat chat dan media Anda.
  • WhatsApp akan mengirim pesan SMS yang berisi kode 6 digit. Masukkan kode 6 digit tersebut untuk memverifikasi nomor Anda.
  • Buat profil bisnis Anda, kemudian klik lanjut. 
  • Anda bisa melanjutkan untuk mengedit profil bisnis setelah akun WhatsApp Business aktif.

Jadi jika Anda menjalankan sebuah bisnis, maka inilah saatnya memanfaatkan aplikasi media sosial ini agar lebih mudah terhubung dengan konsumen. Karena dengan  kehadiran WhatsApp Business menjadikan komunikasi semakin praktis.