Bisnis

Cara Berjualan Di Instagram, Dijamin Barang Cepat Laku

Cara jualan di instagram penting Anda ketahui agar produk laris dan usaha semakin berkembang. Selain E-commerce, Instagram juga menyediakan berbagai fitur jual beli online yang lengkap. Anda bisa membuka toko dan mengunggah barang dagangan di instagram. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari beberapa cara dan teknik berjualan di Instagram yang mudah dan efektif di bawah ini.

Cara Berjualan di Instagram

1. Mengoptimalkan Profil Bisnis

Profil bisnis bisa jadi homepage bagi bisnis Anda. Sekarang banyak calon konsumen yang menggunakan Instagram untuk melihat brand dan produk. Maka dari itu, Anda harus mengerahkan lebih banyak waktu dan usaha untuk bisa membuat feed di Instagram. Buat desain yang indah dan kreatif yang menarik banyak orang untuk melihat feed. Profil bisnis Instagram harus menyertakan foto profil yang relevan dengan brand, bio unik, serta link untuk menuju toko online Anda.

2. Menggunakan Instagram Ads

Instagram memiliki beragam opsi penargetan sesuai dengan kebutuhan pasar bisnis Anda. Pilihan tersebut dikategorikan berdasarkan biaya anggaran iklan, tempat iklan diletakkan, serta periode iklan itu sendiri. Dengan begitu, Anda bisa memilih demografi yang dianggap paling sesuai dengan bisnis Anda.

Iklan produk akan muncul pada beranda atau bagian 'Explore' di Instagram. Melalui fitur ini, akan ada lebih banyak pengguna yang melihat postingan Anda, meskipun mereka tidak mengikuti akun bisnis Anda.

3. Bangun Kemitraan Bersama Influencer

Popularitas para influencer di Instagram semakin meningkat setelah sponsorship mulai mengambil alih peran iklan produk tradisional. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak konsumen yang kurang mempercayai keberadaan iklan tradisional. Mereka cenderung lebih percaya rekomendasi figur yang mereka ikuti.

Penggunaan influencer marketing memberikan Anda peluang untuk menjangkau lebih banyak audiens yang terlibat. Awalnya terlihat seperti risiko menanamkan uang dalam skala besar pada influencer, namun jika Anda mempertimbangkan hasilnya, teknik ini cukup menjanjikan untuk dicoba. Jadi, pastikan anda sudah melakukan perhitungan modal untuk iklan dan membayar influencer. Jika butuh tambahan modal, Investree solusinya. Daftar ke Investree dan ajukan pinjaman dengan mudah dan cepat.

4. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Anda wajib menggunakan hashtag atau tagar dalam setiap postingan di Instagram untuk menjangkau lebih audiens baru. Namun perlu dicatat, pastikan hashtag sesuai dengan produk yang diposting dan jumlahnya tidak berlebihan. Jika terlalu banyak hashtag, postingan Anda dianggap spam oleh Instagram.

Sebagai contoh, brand yang sedang Anda kembangkan bergerak di bidang fashion, maka Anda dapat menggunakan tagar seperti #OOTD, #fashionpria, #fashionwanita, #dressbranded, atau yang lainnya.

5. Menggunakan Caption yang Tepat

Caption postingan penting dibuat dengan kreatif, lucu dan menarik. Jika pengguna salah menempatkan caption, kemungkinan besar akan merusak feed secara keseluruhan. Meskipun Anda memiliki produk berkualitas, jika caption tidak menarik tentu tidak akan mendapatkan respon dari audiens. Sebaliknya jika caption menarik, Anda bisa mendapatkan banyak engagement dan berpeluang mendapatkan sales dari Call to Action (CTA) di postingan produk Anda.

Itulah beberapa cara jualan di Instagram yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat mencoba!

Referensi:

Tim Penulis Sribu. 13 Januari 2021. 8 Cara Jualan di Instagram Supaya Laris Manis (UPDATE 2021). Blog.sribu.com : https://bit.ly/3AmjuEE

Share this Post

Artikel Terbaru