Blue Ocean Strategy: Pengertian, Contoh dan Cara Mengembangkannya

Apalah Anda pernah mendengar istilah Blue Ocean Strategy? Eits, ini bukan nama destinasi wisata, ya. Tapi ini adalah istilah dalam dunia bisnis yang merujuk pada perencanaan ide-ide dan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif.
Jadi, apa itu Blue Ocean Strategy? Berikut adalah pengertian, contoh, dan cara mengembangkannya!

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy pertama kali dicetuskan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Blue Ocean Strategy adalah strategi pemasaran untuk merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan permintaan baru. Cirinya adalah pasar dari industri yang dimasuki akan berbeda dari kompetitor atau belum pernah ada sebelumnya sehingga tidak ada perbandingan produk yang serupa. Sederhananya, Blue Ocean Strategy ini mendukung perusahaan untuk menawarkan produk yang bernilai lebih kepada konsumen dan terbebas dari persaingan pasar sehingga mampu menciptakan permintaan pasar yang lebih tinggi.
Lawan dari kondisi Blue Ocean Strategy adalah Blue Ocean Strategy. Red Ocean adalah kondisi di mana terdapat persaingan yang sangat ketat dalam industri untuk mendapatkan pasar yang sama dengan kompetitor. Hal ini bisa menyebabkan kompetisi menjadi kotor dan setiap perusahaan berusaha saling menjatuhkan.

Cara Mengembangkan Blue Ocean Strategy

Tentu tidak mudah untuk menerapkan Blue Ocean Strategy. Anda memerlukan kreativitas dan kecerdasan dalam mengobservasi perkembangan pasar yang terus berfluktuasi. Untuk menemukan Blue Ocean yang menarik, Anda perlu menerapkan “Kerangka Empat Tindakan” berikut ini:

Mengembangkan

Anda harus mampu mengembangkan produk Anda sesuai dengan kebutuhan industri. Misalnya, label harga, kualitas pelayanan, lini produk, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika Anda menganalisis kelebihan dan kekurangan industri Anda, seperti analisis kompetitor. Kemudian, setelah mengetahuinya, Anda dapat mengembangkan aspek utama diferensiasi yang ada pada produk atau brand Anda.

Mengurangi

Anda harus melihat aspek pada produk dan industri yang dianggap penting namun sejatinya tidak terlalu penting. Usahakan agar mengurangi proporsi aspek tersebut pada produk.

Menyingkirkan

Terkadang, produk yang baru dirilis dapat membunuh stabilitas permintaan pada produk yang sudah ada dalam suatu perusahaan. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, misalnya tujuan produk yang sama tapi tipis sekali nilai pembedanya. Jika ini terjadi, biasanya pasar akan memilih untuk menggunakan produk yang baru dan meninggalkan yang produk yang lama. Hal ini tentu mengganggu sumber pendapatan Anda. Oleh karena itu, ada aspek pada produk atau industri Anda yang dapat disingkirkan untuk memotong biaya produksi sehingga Anda dapat berfokus pada pengembangan produk yang baru.

Menciptakan

Aspek ini mendorong perusahaan untuk membentuk produk yang luar biasa. Pengenalan kebutuhan dari target pasar dapat memberikan pengetahuan yang baru untuk Anda menciptakan produk Blue Ocean.

Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy

Salah satu organisasi yang sukses menerapkan Blue Ocean Strategy adalah Gojek. Gojek adalah produk dari Blue Ocean Strategy yang telah mengubah gambaran industri transportasi Indonesia dengan menghilangkan gangguan pemesanan taksi, penolakan layanan, masalah argo dan hal lain yang selama ini menjadi penghambat transportasi. Gojek sendiri adalah merek dari layanan berbagi tumpangan yang memungkinkan pelanggan memesan tumpangan dengan kemudahan akses hanya melalui smartphone. Ini juga memungkinkan pengguna untuk melacak perjalanan pengemudi menuju titik penjemputan secara real-time melalui aplikasi smartphone.

Gojek menciptakan pasar baru dengan menggabungkan teknologi canggih dan perangkat modern. Gojek juga membuat diferensiasi dirinya dari perusahaan taksi biasa dengan menawarkan pembayaran fleksibel, pendapatan yang baik bagi pengemudi, dan inovasi dari pilihan layanannya yang beragam, seperti Go-Food dan Go-Mart.

Nah itu dia penjelasan mengenai Blue Ocean Strategy. Jika Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha Anda menggunakan strategi ini, Investree hadir untuk membantu Anda. Pengajuan pinjaman melalui Investree sangat transparan, mudah, dan 100% online. Simak selengkapnya dengan mengunjungi Investree.

Referensi:
https://www.jurnal.id/id/blog/blue-ocean-strategy/
https://accurate.id/marketing-manajemen/blue-ocean-strategy/