Bisnis

Berikut Pengertian Supervisor yang Harus Anda Ketahui

Supervisor adalah jabatan vital dalam perusahaan dan berfungsi sebagai pengawasan yang mengawasi kinerja para karyawan secara langsung. Jika dalam perusahaan tidak ada supervisor maka perusahaan akan kesulitan dalam mengontrol karyawan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari di bawah ini.

Pengertian Supervisor

Supervisor diambil dari kata supervise yang berarti mengawasi atau mengarahkan. Supervisor merupakan seseorang yang memiliki wewenang atau tanggung jawab untuk mengawasi, mengarahkan suatu tata cara yang mengendalikan pelaksanaan tata cara lainnya. Tugas supervisor di setiap perusahaan atau instansi bisa saja berbeda.

Supervisor memiliki tugas utama yaitu untuk mengawasi jalannya proses produksi supaya berjalan lancar dan terkendali. Singkatnya, supervisor merupakan seseorang yang memiliki wewenang untuk mengawasi segala bentuk usaha.

Seseorang yang memiliki jabatan supervisor harus bertanggungjawab dalam memastikan semua pekerjaan dilakukan karyawan dengan baik sehingga proses produksi berjalan dengan lancar, seperti monitoring produksi, bertanggung jawab keamanan, keselamatan atau kesehatan terancam, pengawasan anak buah, dan melakukan instruksi bekerja.

Tugas Supervisor

Supervisor memiliki peran yang sangat vital dalam perusahaan. Di mana tanpa adanya jabatan ini maka semua pekerjaan tidak akan berjalan dengan baik. Perannya yang vital tentu jabatan ini tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Seseorang yang ingin menjadi supervisor diharuskan untuk memiliki keahlian tertentu supaya tugas-tugasnya bisa diselesaikan dengan baik. Adapun beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab supervisor sebagai berikut:

  1. Melaksanakan tugas, proyek, dan pekerjaan secara langsung.
  2. Bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan bawahannya (karyawan).
  3. Bertanggung jawab untuk memberikan memotivasi karyawan.
  4. Mendisiplinkan bawahannya.
  5. Memecahkan masalah sehari-hari yang rutin.
  6. Menjadi perantara antara karyawan dengan manajemen.
  7. Menegakkan aturan yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan.
  8. Membuat job description untuk staf bawahannya.
  9. Membuat rencana jangka pendek untuk tugas yang sudah ditentukan oleh atasannya.
  10. Menjelaskan deskripsi pekerjaan dengan baik.

Fungsi Supervisor

1. Menjaga Koneksi dan Sebagai Penghubung antara Karyawan dan Manajer

Perlu diketahui jika posisi dari supervisor berada di tengah-tengah antara karyawan dan manajer. Oleh karena itu, supervisor berfungsi untuk menjaga koneksi dan sebagai penghubung antara karyawan dan manajer. Fungsi ini harus berjalan dengan baik agar alur komunikasi antara karyawan dan manajer bisa berjalan dengan baik.

2. Mendukung Serta Mengelola Tugas-Tugas Bawahannya

Dalam perusahaan supervisor memiliki bawahan yang harus diatur. Supaya staf di bawahnya beserta karyawan bisa bekerja dengan optimal maka seorang supervisor harus membuat pengaturan harian yang jelas. Pengaturan harian yang dibuat ini juga bertujuan supaya tercipta suasana kerja yang disiplin dan juga tertib.

3. Memecahkan Masalah Tanpa Dikelola oleh Manajer

Setiap perusahaan pasti akan mengalami suatu masalah ataupun krisis. Masalah yang sedang dihadapi harus segera diselesaikan sehingga karyawan bisa kembali bekerja dengan optimal. Ketika terjadi masalah maka supervisor memiliki peran sebagai pemecah masalah ataupun mencari solusi tepat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.Terkadang seorang supervisor juga memiliki wewenang khusus untuk mengambil keputusan dengan cepat supaya masalah yang sedang dihadapi bisa terselesaikan dengan cepat dan tepat.

Simpulannya, supervisor adalah bagian penting untuk menjalankan perusahaan agar lebih berkembang. Selain itu, Anda sebagai pemilik perusahaan penting memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

Monica Permana. 9 Oktober 2020. Mengenal Tugas, Fungsi, dan Peranan Supervisor dalam Perusahaan. Greatdays.com. https://bit.ly/3hPoevB

Ubay. 23 Juni 2021. Supervisor adalah. Adalah.co.id. https://bit.ly/3ziZEsR

Share this Post

Artikel Terbaru