Bisnis

Berikut Pengertian Peluang Usaha yang Wajib Diketahui

Pengertian peluang usaha sering kali merujuk pada proses pengidentifikasian, pengembangan, serta perencanaan usaha yang dapat menciptakan proses yang lebih baik dalam menjalankan aktivitas ekonomi sehingga dapat menciptakan usaha baru yang terbentuk dalam kondisi penuh ketidakpastian dan risiko. Misalnya saja peluang sebagai dropshipper, penulis artikel, blogger profesional, dan lain sebagainya.

Karakteristik Peluang Usaha

Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seorang pengusaha untuk mencapai tujuan usahanya yaitu imbal hasil, dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimilikinya.

Secara garis besar, peluang usaha yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. usaha yang dijalankan mampu mendatangkan imbal hasil, alias profitable.
  2. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut tidak terlalu besar.
  3. Bukan merupakan jenis usaha musiman.
  4. Produk yang dihasilkan memiliki nilai jual.
  5. Dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan.
  6. Skala usaha dapat diperbesar.
  7. Bukan hanya ambisi pengusaha, namun sifatnya riil.

Sumber Peluang Usaha

1. Diri Sendiri

Banyak orang yang melihat peluang usaha setelah menyukai sesuatu sebagai hobinya. Misalnya menyanyi, walau mungkin awalnya hanya melakukan kegiatan tersebut untuk hobi, namun karena menilai ada banyak orang yang menyukai musik dan lagu nyanyiannya, akhirnya menjadi seorang penyanyi. Atau seseorang dengan hobi menulis. Awalnya mungkin hanya menulis pengalaman pribadinya dalam buku harian. Namun setelah berjalan beberapa waktu, peluang usaha menjadi penulis terbuka lebar mulai dari membuat buku, novel, atau menjadi blogger.

2. Keahlian yang Dimiliki Seseorang

Keahlian bisa diubah menjadi peluang usaha. Sebagai contoh, orang yang memiliki keahlian dalam berbahasa asing bisa menjadi translator bagi perusahaan besar yang sedang merencanakan ekspansi ke negara tujuan. Atau yang ahli di bidang internet seperti membuat website. Maka, membuat website bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

3. Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan turut mempengaruhi peluang usaha seseorang. Dalam hal ini, seseorang dengan latar belakang pendidikan juru masak bisa menciptakan berbagai varian masakan baru yang dapat menjadi peluang usaha baru. Atau misalnya saja untuk seseorang dengan latar pendidikan musik, melalui pendidikan tersebut mampu menciptakan instrumen musik baru yang sesuai dengan minat masyarakat dan akhirnya membuatnya menjadi pencipta lagu populer.

Manfaat Peluang Usaha

  1. Kesempatan memiliki tabungan banyak.
  2. Memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati kesuksesan dari usaha yang dijalankan.
  3. Mempunyai waktu yang lebih panjang untuk merepresentasikan inovasinya.
  4. Bisa mandiri sejak dini.

Strategi Peluang Usaha

  1. Tentukan titik dimana Anda dimungkinkan mulai menemukan sumber peluang. Cobalah pelajari apa minat dan bakat yang Anda punyai. Kemudian sesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh.
  2. Setelah itu, temukan sektor usaha yang tepat untuk Anda masuki berdasarkan kriteria di atas.
  3. Berdayakan keunggulan produk Anda supaya mempunyai nilai jual yang layak bersaing dengan produk garapan kompetitor.
  4. Evaluasi peluang Anda menjadi suatu usaha yang menjanjikan.

 

Itulah sekilas informasi mengenai pengertian peluang usaha lengkap dengan ciri, manfaat, dan strateginya. Untuk mengembangkan usaha tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi : Guru Ekonomi. 18 September 2020. Peluang Usaha. Sarjanaekonomi.co.id : https://bit.ly/3ivHoqD

Share this Post

Artikel Terbaru