Bisnis

Berikut Jenis-Jenis Penjualan yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis penjualan penting Anda ketahui untuk mengembangkan usaha Anda. Penjualan adalah hal terpenting dalam setiap usaha. Tanpa penjualan, perusahaan atau suatu usaha tidak mungkin bisa mendapatkan imbal hasil. Setiap hari dalam rutinitas manusia tidak bisa dipisahkan dari transaksi jual beli.

Penjualan dilakukan oleh usaha kecil, usaha menengah maupun usaha besar dengan produk berupa barang maupun jasa. Dimana terdapat proses pemenuhan kebutuhan dari penjual maupun pembeli yang dilakukan secara tunai atau kredit. Penjual akan memberikan suatu komoditas kepada pembeli dengan harga yang sudah ditentukan.

Jenis-Jenis Penjualan

1. Trade Selling

Trade selling adalah aktivitas penjualan dimana pihak produsen maupun pedagang skala besar memberikan kebebasan kepada pengecer untuk melakukan perbaikan pada distribusi produk yang mereka lakukan. Tujuannya agar distributor bisa mendapatkan tingkat penjualan yang bagus. Contohnya adalah penjualan yang dilakukan produsen kepada pedagang grosir yang nantinya akan menjual kembali produk tersebut.

2. Missionary Selling

Missionary selling adalah penjualan dimana pihak produsen memiliki sendiri distributor atau penyalur bagi produk-produknya. Jenis penjualan ini dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan mendorong konsumen supaya mau membeli produk langsung dari penyalurnya tersebut.

3. Technical Selling

Jika penjualan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan solusi yang dihadapi oleh pembeli, maka itu disebut technical selling. Jadi produsen akan menjual produk yang memang dibutuhkan pembeli supaya masalah yang dipunyai konsumen tersebut bisa diatasi.

Technical selling sering dilakukan dengan cara memberikan saran dan solusi kepada konsumen supaya masalahnya teratasi dengan baik kemudian menawarkan produk yang sesuai kebutuhannya.

4. New Business Selling

Jenis penjualan ini dilakukan dengan cara berusaha agar calon pembeli benar-benar bisa menjadi pembeli atas produk yang ditawarkan. Jenis penjualan ini umum digunakan oleh para pemasar produk asuransi.

5. Responsive Selling

Pada responsive selling, Anda bisa menemukan dua unsur utama yaitu route driving dan retailing. Jenis penjualan ini akan memberikan tugas kepada setiap tenaga pemasaran untuk memberikan respon atas permintaan konsumen.

 

Penekanan pada jenis penjualan ini adalah bagaimana konsumen akan selalu mengulang pembelian melalui pemberian pelayanan terbaik. konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan penjual saat membeli produk cenderung akan mengulang pembelian yang dilakukan.

Bentuk-Bentuk Penjualan

1. Tunai

Penjualan tunai adalah dimana pembeli langsung membayar produk yang yang dibelinya dari penjual setelah terjadi kesepakatan harga. Bentuk penjualan ini paling sering dilakukan.

2. Kredit

Pembeli tidak langsung membayar secara tunai melainkan dengan cara mengangsur atau cicilan sesuai dengan waktu yang telah disepakati dengan penjual.

3. Tender

Penjual akan melakukan presentasi atas produk yang ditawarkannya kemudian dilakukan lelang. Pembeli akan memilih mana produk yang terbaik baginya dan melakukan penawaran.

4. Grosir

Penjualan dilakukan dalam jumlah yang besar dengan harga lebih murah dari pasar. Biasanya pembelian grosir ini dilakukan karena produk tersebut akan dijual kembali.

5. Ekspor

Penjualan yang dilakukan antar negara dimana suatu negara yang memiliki produk akan menjualnya kembali kepada negara lain supaya bisa mendapatkan keuntungan.

6. Konsinyasi

Penjualan yang dilakukan kepada pihak perantara misalnya reseller. Bentuk penjualan seperti ini mudah ditemukan dalam toko online.

Itulah jenis-jenis penjualan yang bisa Anda coba. Untuk meningkatkan penjualan dan membuat usaha Anda semakin berkembang, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, membuka cabang dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Silmi Nurul Utami. 27 Agustus 2021. Penjualan : Pengertian Para Ahli, Bentuk, Jenis dan Tujuannya. Kompas.com : https://bit.ly/3l4SqVI

Insight Talenta. Pengertian Penjualan, Tujuan dan Bentuknya dalam Perusahaan. Talenta.co : https://bit.ly/3uBi9rQ

Share this Post