Bisnis

Berikut Cara Mudah Menghitung Harga Jual Produk Kita!

Penentuan harga jual dalam usaha sangatlah penting. Karena penentuan harga jual akan berpengaruh pada keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, ini dia yang wajib dipelajari oleh setiap pebisnis “Cara Mudah Hitung Harga Jual Produk”. Pada artikel ini, kalian akan dijelaskan bagaimana cara menentukan harga jual yang sesuai.

Yuk kita mulai dengan mempelajari berbagai jenis cara menghitung harga jual produk!

  • Margin Pricing

Strategi yang pertama adalah margin pricing. Jika menggunakan margin pricing, maka harga jual yang ditetapkan berdasarkan dengan pertimbangan margin pricing tersebut. Untuk menggunakan strategi ini, yang pertama harus kalian lakukan adalah membuat harga jual versi kalian. Setelah itu masukkan harga jual yang kalian pilih ke dalam rumus margin pricing.

Berikut rumus Margin Pricing yang dapat Anda gunakan:

Rumus Margin Pricing: (Harga Jual-Harga Modal) / Harga Jual

Contohnya, Anda ingin menjual kopi seharga Rp 25.000/gelas, dengan modal yang dikeluarkan Rp 10.000/gelas. Sehingga perhitungannya adalah (25.000 - 10.000) / 25.000 = 0,6 atau 60%.

Perlu diingat bahwa profit harga jual yang biasa dipakai oleh semua pengusaha adalah mulai dari 0,2 - 0,5 atau 20% - 50%.

Setelah mengetahui persentase margin pricing, kita akan lebih mudah memutuskan apakah harga jual yang kita pilih itu sudah sesuai, terlalu murah, atau masih terlalu mahal. 

  • Markup Pricing

Cara kerja markup pricing adalah dengan menambah keuntungan yang diinginkan langsung ke harga jual. Strategi Pricing yang satu ini banyak sekali dipakai oleh pebisnis. Mengapa? Karena caranya sangat mudah. Cukup menetapkan harga jual sesuai laba yang ingin Anda dapatkan saja.

Begini contohnya, Anda membeli tas merk seharga Rp 9.000.000 dan berniat untuk menjualnya lagi dengan keuntungan sebesar Rp 500.000 maka harga jual yang Anda tetapkan adalah sebesar Rp 9.500.000. 

Sehingga setelah tasnya terjual Anda akan mendapatkan laba maksimal sesuai dengan keinginanmu. 

  • Manufactured Retail Price

Kalau yang satu ini adalah cara menghitung dan menetapkan harga jual sesuai dengan rekomendasi dari produsen. Tapi, perlu diperhatikan bahwa tujuan utama Manufactured Retail Price adalah menstabilkan harga di pasaran. Agar nantinya tidak akan terjadi perang harga. 

Sehingga hal itu pun menjadi kekurangan dari penetapan harga jual secara Manufactured Retail Price, yaitu penentuan harganya tidak bebas atau terbatas.

  • Bundling

Apa itu bundling? Strategi bundling adalah strategi menjual produk dengan sistem paket. Strategi ini cocok dijalankan apabila kita ingin produk segera terjual dan menghasilkan keuntungan. 

Tetapi memang biasanya keuntungan dari strategi bundling lebih sedikit karena berfokus pada kuantiti produk yang terjual dan bukan pada harga jual produk yang tinggi. Itu lah mengapa banyak kita jumpai toko yang bisa menjual ratusan hingga ribuan produk sehari.

Contohnya 1 buah kaos hitam polos dijual seharga Rp 35.000, namun terdapat paket bundling yaitu 3 buah kaos hitam polos dijual seharga Rp 100.000 saja. Sehingga, apabila pembeli memilih paket bundling akan lebih hemat sebesar Rp 5000 dan penjual akan langsung menjual sebanyak 3 buah kaos hitam polos per transaksi.

  • Value Based Pricing

Strategi yang terakhir adalah dengan memakai value based pricing. Berbeda dengan strategi yang di atas, strategi hitung yang ini tidak dapat digunakan di semua produk. Biasanya sebelum melakukan VBP, penjual akan melakukan riset pada market terlebih dahulu. Hasil riset ini nanti yang akan dijadikan patokan dalam menentukan harga.

Namun, terdapat juga strategi VBP yang unik dan dapat Anda coba yaitu memberi harga tinggi secara langsung. Karena mayoritas orang-orang di target pasar akan rela mengeluarkan uang apabila kualitas produknya tinggi, popularitas tinggi, dan produknya langka. 

Gimana mudah bukan? Itu tadi merupakan berbagai cara menetapkan harga jual pada produk kalian. Dari semua cara mana sih yang menurutmu paling cocok untuk bidang usahamu? 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat Anda terapkan di bisnis atau usahamu ya! 

Temukan keuntungan dengan menjadi Pemberi Pinjaman/Lender di Investree! Yuk, daftar sekarang dengan klik tautan berikut https://investree.id/v3/lender/auth/registration !

Meta description: Penentuan harga jual akan berpengaruh pada keuntungan yang akan kita dapatkan. Maka, wajib dipelajari oleh setiap pebisnis “Cara Mudah Hitung Harga Jual Produk”. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menentukan harga jual yang sesuai.

Share this Post