Bisnis

Berikut 8 Cara Tepat untuk Membuat Proposal Usaha

Cara membuat proposal usaha penting Anda ketahui. Mengapa penting? Proposal usaha adalah salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan investor atau pemodal ketika akan melakukan pendanaan pada suatu bisnis.

Dengan melihat proposal usaha yang Anda berikan, investor dapat membuat perkiraan apakah bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus sehingga dapat memperoleh imbal hasil. Proposal usaha juga bisa dijadikan indikator berapa besar peluang bisnis tersebut untuk meraih pasar. Dari situlah investor bisa membuat perkiraan apakah modalnya bisa kembali dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Pengertian Proposal Usaha

Pengertian proposal usaha adalah dokumen yang dibuat secara tertulis dan berisi tentang gambaran serta proyeksi suatu usaha termasuk bagaimanakah prospek dari bisnis tersebut. Di dalam proposal usaha seharusnya berisi tentang perencanaan bisnis secara detail sehingga investor bisa melihat kelebihan, kekurangan dan prospeknya.

Proposal usaha memiliki beberapa fungsi yang cukup penting yaitu sebagai kerangka dari sebuah bisnis yang akan dibuat, perencanaan dan strategi pemasarannya, melihat berapa modal yang dibutuhkan dan sebagainya.

Cara Membuat Proposal Usaha

1. Buat Pendahuluan yang Menarik

Buatlah investor tertarik sejak awal melalui pendahuluan yang bagus. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mencantumkan latar belakang,visi misi usaha/ perusahaan, tujuan usaha serta target yang nantinya ingin dicapai.

2. Buat Profil Usaha Selengkap Mungkin

Langkah selanjutnya yaitu buatlah profil usaha/perusahaan selengkap mungkin. Poin penting yang harus dicantumkan pada bagian ini yaitu nama usaha, lokasi/alamat usaha dan jenis usahanya. Bagian ini biasanya akan digunakan oleh investor untuk menganalisis bagaimana prospek usaha tersebut.

3. Cantumkan Struktur Organisasi Usaha

Meskipun usaha tersebut misalnya hanya dikelola oleh Anda sendiri namun tetap harus dicantumkan apa jabatan Anda dalam bisnis tersebut. Jika Anda memiliki beberapa karyawan harus dimasukkan juga dalam struktur organisasi lengkap dengan jabatan mereka dan Anda sendiri.

Adanya struktur organisasi akan menunjukan bahwa usaha tersebut dikelola secara profesional.

4. Menjelaskan Produknya

Investor tentunya harus tahu produk apa yang akan Anda jual berikut dengan kelebihan dan kekurangan yang mungkin ada. Hal ini akan membantu investor lebih mudah membuat analisis bagaimana prospek pemasaran produk nantinya.

5. Tentukan Target Pasarnya

Berhasil tidaknya pemasaran produk dipengaruhi oleh pemilihan target pasar yang tepat. Oleh sebab itu perlu mencantumkan siapa saja yang menjadi target pasar dari produk yang Anda jelaskan pada poin sebelumnya. Target pasar tersebut bisa dipilih berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat perekonomian dan sebagainya.

6. Susun Strategi Pemasaran

Semua investor tentunya tidak ingin modal yang ditanamkannya tidak berbuah imbal hasil atau malah hilang sia-sia. Modal dari investor akan bisa dikembalikan kalau usaha tersebut bisa mendapatkan imbal hasil. Salah satu cara untuk memaksimalkan imbal hasil yaitu melalui strategi pemasaran yang tepat jadi jelaskan bagaimana hal tersebut akan Anda lakukan.

7. Susun Laporan Keuangan

Selanjutnya susunlah laporan keuangan yang terdiri dari berapa perkiraan modal yang dibutuhkan dan untuk apa saja, perhitungan laba yang bisa didapatkan dan juga bagaimana sistem pembagian keuntungannya.

8. Penutup

Selesaikan proposal usaha dengan membuat penutup yang bagus, dimana Anda memberikan persuasi kepada investor supaya mau menanamkan dananya sebagai modal. Akhiri bagian penutup ini dengan ucapan terima kasih.

Itulah penjelasan tentang pengertian dan bagaimana cara membuat proposal usaha agar menarik minat investor. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi:

BukuKas. 11 November 2020. Proposal Usaha : Pentingnya, Cara Menyusun, Tips dan Contohnya. Bukukas.co.id: https://bit.ly/3FMOgth

Tips Berbisnis. 27 Juli 2021. 14 Tips Menyusun Proposal Usaha Paling Efektif. Gobiz.co.id: https://bit.ly/3mLPAVU

Share this Post