Bisnis

Berikut 7 Cara Memulai Usaha Dari Nol Untuk Para Pemula

Memulai usaha tentu tidak mudah, apalagi dilakukan dari nol. Anda harus mengetahui berbagai aspek penting dalam membangun usaha seperti target pasar, modal, produk dan lain sebagainya. Setiap jenis usaha memiliki rintangan dan tantangan yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus menerapkan cara memulai usaha yang baik dan benar. Bagaimana caranya? Pelajari secara lengkap di bawah ini.

Tata Cara Memulai Usaha Baru dari Nol

1. Riset Pasar

Riset pasar dibutuhkan untuk memastikan apakah jenis usaha yang dipilih mempunyai prospek yang baik ke depannya, atau memahami peta persaingan dari ranah usaha tersebut. Riset pasar bisa dilakukan dengan melakukan survei produk yang disukai target konsumen, cara pengemasan, harga produk terkait di pasar, keunggulan hingga kelemahan produk yang dijual oleh perusahaan kompetitor.

2. Persiapan Modal

Memulai usaha memerlukan modal yang tidak sedikit. Tidak hanya modal tenaga dan pikiran, tapi juga modal materi berupa inventori dan uang tunai yang siap dibelanjakan. Sumber pendapatan modal pun bisa diambil dari berbagai cara. Mulai dari penggunaan uang pribadi, menggaet investor, hingga meminjam uang di bank.

3. Membuat Produk dan Model Usaha

Produk barang atau jasa menjadi objek yang ditawarkan kepada pembeli. Anda harus mampu membuat atau memilih produk yang memiliki kualitas mumpuni, namun dengan harga terjangkau. Selain itu, penting untuk membuat model usaha dari jenis produk yang sudah ditentukan sebelumnya. Model usaha tersebut mencakup target pasar, layanan, fitur produk, prosedur pemasaran, dan lain sebagainya.

4. Menentukan Visi dan Misi

Menentukan visi dan misi akan memudahkan Anda dalam menentukan arah tujuan usaha selanjutnya. Meski usaha dimulai dari skala rumahan, Anda harus menentukan visi dan misi dari awal. Agar saat usaha berjalan nantinya, sudah ada tujuan jelas yang ingin dicapai. Sehingga Anda tidak asal dalam menjalankan usaha.

5. Percaya Diri dan Inovatif

Penting bagi Anda untuk memantapkan hati dan percaya diri sebelum memulai suatu usaha. Jika setengah hati, usaha yang Anda rintis sangat rentan jatuh. Alih-alih meraih kesuksesan, usaha rintisan itu malah macet di tengah jalan. Selain itu, Anda dituntut untuk bisa berfikir kreatif dan inovatif. Saat dihadapkan dengan persaingan antarkompetitor, Anda wajib menggunakan cara kreatif dalam memasarkan, atau inovatif dalam mengembangkan barang produksi.

6. Terbuka Terhadap Setiap Evaluasi

Setiap usaha baru pasti akan menghadapi kesalahan, baik itu dalam hal produksi maupun pemasarannya. Namun, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk memperbaiki kesalahannya di masa yang akan datang. Sifat selalu terbuka terhadap setiap evaluasi, kritik, juga nasihat dari orang lain akan membantu Anda mempunyai wawasan juga pengetahuan yang lebih luas dalam mengembangkan usaha. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan usaha yang dijalankan secara rutin.

7. Fokus Pada Satu usaha

Sebagian pengusaha pemula tentu ingin mengejar penghasilan tambahan dengan membuka banyak usaha sekaligus. Padahal hal seperti itu tidak disarankan, Apalagi jika usaha utama yang Anda jalani belum cukup stabil. Pastikan untuk hanya fokus pada satu usaha terlebih dahulu, kembangkan semaksimal mungkin, baru kemudian mempertimbangkan untuk membuka usaha di bidang lain.

Itulah beberapa cara memulai usaha dari nol yang bisa Anda terapkan. Setelah usaha Anda dapat berkembang, penting juga untuk memastikan bahwa Anda memiliki perputaran arus kas yang lancar. Modal untuk mengembangkan usaha juga sangat penting Anda miliki. Jika Anda membutuhkan modal untuk pengembangan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan. Jika disetujui, pinjaman Anda akan ditawarkan di marketplace untuk kemudian dipilih dan didanai oleh Lender. Jangan khawatir soal biaya, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Ayu Rifka Sitoresmi. 04 Agu 2021, 12:45 WIB. 10 Cara Memulai Bisnis Sendiri dari Nol Hingga Sukses, Perhatikan Tahapannya. Hot.liputan6.com: https://bit.ly/398gMXM

Share this Post

Artikel Terbaru