Bisnis

Berikut 6 Tujuan dari Promosi yang Wajib Anda Ketahui

Tujuan promosi yang paling utama adalah meningkatkan brand awareness produk atau jasa yang ditawarkan. Promosi sangat efektif untuk mengenalkan produk dan meningkatkan potensi penjualan. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar promosi mulai dari pengertian, tujuan dan jenis-jenis promosi, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Pengertian Promosi

Promosi diartikan sebagai tindakan pengembangan atau pertumbuhan sesuatu, baik itu merek, produk, atau perusahaan secara keseluruhan. Sederhananya, kegiatan ini dilakukan tenaga pemasar untuk menginformasikan sebuah produk sekaligus mendorong konsumen agar tertarik melakukan transaksi pembelian terhadap barang atau jasa terkait.

Tujuan Promosi

  1. Mempengaruhi pendapat serta perilaku calon konsumen atas suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Sebagai bagian dari branding atau menciptakan citra dari produk terkait di mata konsumen sebagaimana kehendak perusahaan.
  3. Membantu mengangkat keunggulan dan membedakan produk Anda dengan produk garapan kompetitor.
  4. Membantu meningkatkan total penjualan dan angka persentase imbal hasil perusahaan.
  5. Menjangkau lebih banyak pelanggan baru serta menjaga loyalitas mereka.
  6. Menyebarluaskan informasi terkait produk barang dan jasa kepada masyarakat yang dinilai tepat sebagai calon konsumen potensial.

Jenis-Jenis Promosi

1. Promosi Secara Fisik

Bentuk promosi fisik umum ditemui pada acara tertentu seperti konser, bazar, pameran, dan lain sebagainya. Dimana dalam kegiatan promosi ini biasanya para pengusaha menggelar booth untuk menawarkan produknya. Salah satu keunggulan dari jenis ini adalah memungkinkan pelaku usaha menjangkau langsung serta melakukan interaksi langsung bersama calon konsumen. Namun, jenis promosi ini terbatas dalam menjangkau calon konsumen.

Promosi secara fisik hanya dapat diadakan pada lokasi tertentu. Semisal sekolah, kampus, perkantoran, mall, dan lainnya. Sehingga hanya orang-orang yang ada di lokasi tersebut lah yang bisa dijangkau.

2. Promosi Lewat Media Tradisional

Meski sudah masuk di era digital, promosi melalui media tradisional masih sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Misalnya saja promosi melalui radio, iklan banner, billboard, televisi, koran, tabloid, majalah, dan lain sebagainya. Jenis promosi ini mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan promosi secara fisik, yakni mampu menjangkau lebih banyak pelanggan potensial untuk kurun waktu yang lama. Kendati demikian, promosi melalui media tradisional cukup mahal, baik dari segi medianya ataupun biaya promosinya.

3. Promosi Lewat Media Digital

Dengan perkembangan teknologi dan media informasi, cara promosi di era digital turut mengalami perubahan. Sejumlah promosi melalui media digital yang banyak digunakan diantaranya adalah jaringan website, media sosial, email, aplikasi, mesin pencari, dan lain-lain.

Pelaku usaha yang sudah paham teknologi pasti lebih memilih mempromosikan bisnisnya lewat internet. Selain karena biaya promosinya yang terjangkau, jenis promosi ini mampu menjangkau lebih banyak orang dan prosesnya yang dianggap lebih mudah juga cepat.

Agar promosi berjalan lancar dan memberikan hasil optimal, diperlukan kreativitas dalam mempromosikan produk secara terus menerus. Sebab ada banyak kompetitor yang turut menggunakan media yang sama untuk mempromosikan barang dagangannya. Kuncinya adalah, buatlah pamflet digital yang unik dan sesuai dengan target pasar yang dituju. Jangan lupa untuk menyertakan deskripsi lengkap terkait barang jualan dan tagar untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Itulah beberapa informasi mengenai tujuan promosi yang patut Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi :

Rio Brian. Pengertian Promosi: Definisi, Tujuan, dan Contoh Promosi. Maxmanroe.com : https://bit.ly/3uGtiaP

Share this Post

Artikel Terbaru