Bisnis

Berikut 6 Karakteristik Jasa yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa karakteristik jasa yang penting Anda ketahui. Tentunya, karakteristik perusahaan jasa berbeda dengan karakteristik perusahaan dagang. Dimana perusahaan dagang hanya menawarkan produk-produk yang bisa disimpan, disentuh dan juga dilihat. Sementara konsumen dari perusahaan jasa hanya bisa merasakan manfaatnya usai menggunakannya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari karakteristik perusahaan jasa dibawah ini.

Karakteristik Perusahaan Jasa

1. Tidak Memiliki Produk Fisik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, entitas jasa tidak mempunyai stok produk karena yang diperdagangkan adalah produk yang tidak terlihat secara fisik. Meskipun demikian, konsumen akan merasakan manfaat dari jasa tersebut setelah menggunakannya.

 

Mengingat tidak adanya bentuk fisik, konsumen kemungkinan kesulitan dalam memahami produk yang sedang ditawarkan, proses ketika menggunakan layanan tersebut, serta apa saja manfaat yang bisa didapatkan setelah mengkonsumsinya. Untuk alasan ini, perusahaan jasa wajib membuat manajemen strategi yang tepat untuk membuat layanan itu menjadi ‘nyata’ di mata konsumen lewat peningkatan brand awareness. Serta melampirkan bukti kepuasan dari konsumen-konsumen sebelumnya.

2. Jasa Heterogen

Pada dasarnya, setiap klien atau konsumen perusahaan jasa akan menerima jenis pelayanan yang berbeda antara satu sama lain. Jasa yang mereka terima tidaklah sama persis lantaran tergantung pada harga dan kebutuhan konsumen yang telah ditetapkan.

Perusahaan jasa juga sering memodifikasi layanannya untuk menyesuaikan dengan kritik dan masukan dari konsumen yang hadir. Namun meski jenis layanan setiap konsumen tidak sama, mereka berhak memperoleh pelayanan secara eksklusif.

Sebagai tambahan informasi, sifat layanan yang heterogen akan memberikan respon yang beragam dari konsumen. Misalnya saja seorang dokter yang baru saja sukses menyelesaikan operasi akan menerima pujian bak dewa, sementara pasien lainnya mungkin merasa kecewa dikarenakan resep obat yang diberikan memberikan efek samping yang buruk.

3. Tidak Ada Harga Pokok Penjualan

Harga suatu layanan sudah ditetapkan perusahaan dengan mempertimbangkan jenis layanan dan kebutuhan calon konsumen. Selain itu, tidak adanya aktivitas produksi barang juga menjadi salah satu karakteristik dari perusahaan jasa. Sehingga pada laporan keuangan perusahaan jasa, tidak akan ditemui informasi lanjutan terkait dengan harga pokok penjualan.

4. Tidak Ada Persediaan Barang

Entitas jasa menawarkan layanan yang tidak bisa disimpan sebagai inventaris di masa mendatang dikarenakan tidak adanya wujud fisik. Permintaan berikut penawaran untuk jasa umumnya mempunyai rentang waktu yang dekat. Sebab, jasa harus diberikan pada konsumen sesuai dengan permintaan mereka.

 

Disamping itu, perusahaan jasa cenderung minim risiko terhadap pencurian barang, penurunan kualitas maupun penguapan seperti yang biasa terjadi pada produk yang disimpan terlalu lama di gudang.

5. Tidak Ada Batas Kepemilikan

Mengingat konsumen hanya mempunyai akses pada penggunaan fasilitas layanan usai merampingkan pembayaran, maka tidak ada batas kepemilikan dari produk layanan. Sebagai ilustrasi, saat Anda menggunakan angkutan umum dari satu tempat ke tempat lainnya, kemudian membayarnya, kendaraan yang Anda tumpangi tidak menjadi milik Anda.

6. Proses Produksi dan Konsumsi Berjalan Bersamaan

Dalam perusahaan jasa, proses produksi dan konsumsi berjalan secara bersamaan. Sebagai contoh, PLN yang merupakan perusahaan penyedia listrik, wajib mendistribusikan produknya yang tidak dapat menyimpan listrik secara fisik. Pun proses distribusinya tidak bisa ditunda di lain waktu.

 

Perusahaan jasa juga tidak membutuhkan tengkulak yang umumnya terdiri dari pengecer dan pedagang besar. Di kasus tertentu, agen jasa berperan untuk menarik minat klien bisnis, contohnya untuk produk asuransi.

 

Itulah beberapa karakteristik jasa yang patut Anda pahami dengan baik. Jika Anda ingin mengembangkan usaha jasa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha jasa dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

 

Tika Ulfianinda. 7 Karakteristik Perusahaan Jasa yang Wajib Diketahui. Mas-software.com : https://bit.ly/3239Vio

Share this Post