Bisnis

Berikut 6 Contoh Usaha Perseorangan yang Menguntungkan 

Ada banyak contoh usaha perseorangan yang bisa Anda temukan. Usaha perseorangan adalah suatu usaha yang dikelola dan juga diawasi oleh satu orang. Di mana pengelola usaha tersebut akan memperoleh seluruh keuntungannya tanpa dibagi dengan orang lain. Jika ada masalah seperti digugat atau utang juga harus diselesaikan sendiri. Lalu, apa saja contoh dari usaha perseorangan tersebut?

ACD marketplace

6 Contoh Usaha Perseorangan yang Menguntungkan

Ada banyak usaha perseorangan yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar rumah Anda. Kira-kira apa sajakah contohnya? Berikut pembahasannya. 

  1. Bengkel

Saat ini hampir semua keluarga pasti memiliki kendaraan bermotor. Dalam satu rumah kendaraan bermotor yang dimiliki tidak hanya satu melainkan lebih dari itu. Melihat kondisi ini tentu peluang untuk membuka usaha bengkel sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, kendaraan bermotor yang dimiliki tidak mungkin terus dalam keadaan baik. Dalam satu momen pasti akan rusak atau bermasalah.

Jika Anda ingin membuka usaha ini pasti harus memiliki keahlian dan pengetahuan mumpuni tentang seluk beluk kendaraan bermotor. Siapkan juga modal untuk membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan dan biaya operasional. 

  1. Rumah Makan

Peluang menjalankan usaha perseorangan seperti rumah makan juga sangat menjanjikan. Tidak heran jika kemudian banyak yang memilih untuk menjalankan usaha ini, terlebih jika memiliki kemampuan memasak yang mumpuni. Rumah maka dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan karena semua orang pasti butuh makan. 

Ada banyak pilihan menu yang bisa dijual. Namun, disarankan untuk memilih menu yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Pastikan Anda menjual makanan yang terbuat dari bahan berkualitas dan rasanya harus enak.

  1. Laundry 

Membuka jasa laundry merupakan usaha perseorangan yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan orang zaman sekarang lebih menyukai sesuatu yang praktis karena seharian selalu sibuk dengan pekerjaan atau urusan lainnya. Banyaknya waktu yang dimiliki untuk bekerja maka tidak ada banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci pakaian. 

Solusi dari masalah tersebut dengan menggunakan jasa laundry. Banyaknya orang yang menggunakan jasa laundry tentu peluang dari usaha ini sangat menjanjikan. Supaya usaha jasa laundry dikenal banyak orang sebaiknya memilih lokasi tepat dan strategis. 

ACD lender

  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keahlian dan kreativitas untuk membuat karya dari kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk dikembangkan. Keahlian tersbeut bisa dikembangkan dengan membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik lalu dijual. Contoh kerajinan tangan yang dihasilkan seperti kaligrafi, sablon, jasa lukis, lilin aromaterapi dan sebagainya. 

Untuk langkah awalnya, Anda bisa menjual karya tersebut kepada teman dekat, keluarga atau tetangga. Apabila responnya positif Anda bisa menjualnya secara online melalui media sosial atau bisa juga menjualnya melalui marketplace.

  1. Penulis Freelance 

Salah satu contoh usaha perseorangan yang menguntungkan adalah penulis freelance. Penghasilan menjadi penulis freelance ternyata juga sangat besar. Dalam satu bulan penghasilan yang diperoleh mencapai jutaan rupiah. 

Penulis freelance ini ada yang menjalin kerjasama dengan perusahaan penerbitan kecil. Tetapi ada juga yang menulis secara independen. Jika Anda memilih untuk menjadi penulis independen biasanya diminta untuk membuat konten untuk pemilik website atau perusahaan. 

  1. Menjadi YouTuber 

Pundi-pundi rupiah yang bisa didapatkan oleh seorang YouTuber sangatlah banyak, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta. Namun, jika ingin menjadi seorang YouTuber maka Anda dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi serta memiliki kemampuan mumpuni dalam menyunting video. 

Apabila Anda selalu konsisten menghasilkan konten-konten yang berkualitas maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Iming-iming tersebut membuat banyak anak muda yang berkeinginan untuk menjadi seorang Youtuber.

Itulah informasi tentang 6 contoh usaha perseorangan yang menguntungkan. Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak usaha perseorangan untuk dijalankan. Jadi, usaha perseorangan seperti apa yang menarik minat Anda? 

ACD borrower

Referensi:

Reynaldi S.E. 30 Juni 2021. Contoh Usaha Perseorangan Dalam Berbagai Bidang. bisabisnis.id. https://bit.ly/3zFavy2

Mukhamad Iqbal. 12 Juli 2021. 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan Di 2021. 99.co. https://bit.ly/3ypHl5B

Share this Post

Artikel Terbaru