Bisnis

Berikut 5 Usaha Tanpa Modal yang Menguntungkan Anda

Usaha tanpa modal menjadi alternatif bagi Anda sebagai pengusaha pemula yang terkendala masalah modal. Terlebih, beberapa jenis usaha tanpa modal yang tersedia bisa diakses melalui internet tanpa perlu ke luar rumah. Apa saja ide usaha tanpa modal yang paling menguntungkan? Cari referensi usaha Anda di bawah ini.

Usaha Tanpa Modal yang Menguntungkan

1. Dropshipper

Dropshipper diartikan sebagai pihak yang menjual barang dagangan orang lain atau supplier, namun menggunakan nama Anda sebagai pengirim. Segala bentuk kegiatannya dilakukan oleh supplier, mulai dari mempersiapkan barang, mengemas, sampai mengirimkannya ke alamat pembeli. Sementara dropshipper hanya perlu menawarkan produk tersebut secara online.

Untuk memulai usaha tanpa modal ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan barang yang akan dijual dan memilih supplier terpercaya. Selanjutnya, buat akun pada situs penjualan online atau akun media sosial. Jika sudah, cukup promosikan produk yang dijual lewat media sosial, website, marketplace dan lainnya.

Jenis usaha ini menjadi pilihan yang paling diminati dan mudah dilakukan. Sebab, Anda tak perlu repot memikirkan konsep usaha atau memproduksi suatu barang. Selain itu, seorang dropshipper memiliki kebebasan untuk menjual produk terkait dengan selisih harga tertentu. Misalnya, dari supplier harganya Rp.100.000, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 150.000. Dengan begitu, Anda mendapatkan imbal hasil sebesar Rp. 50.000.

2. Blogger

Ada banyak hal yang bisa diposting di blog pribadi, misalnya artikel mengenai tips and tricks, informasi kesehatan, teknologi, dan bahkan berita terbaru dari artis atau isu yang sedang populer saat ini. Saat Anda membangun blog sendiri, Anda dapat memperoleh penghasilan dari pemasangan iklan online dari Google Adsense dan penjualan jasa review.

Cobalah untuk menentukan konsep utama dari blog yang ingin Anda bangun. Carilah topik yang bisa dibuat menjadi konten artikel yang menarik dan unik. Dengan begitu, traffic blog akan meningkat dan jumlah penghasilan dari iklan yang bisa diperoleh pun semakin banyak.

3. Penulis Lepas

Saat ini banyak website perusahaan yang memerlukan konten artikel untuk menarik pengunjung dan calon pembeli. Selain itu, artikel diperlukan untuk membuat situs lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Meski kerap dipandang sebelah mata, nyatanya tidak semua orang mampu membuat konten dengan sistematika yang baik dan menarik.

Peluang penulis lepas masih sangat luas. Beberapa penulis lepas yang sukses berhasil mendapatkan imbal hasil sampai belasan juta per bulannya. Sebagai permulaan, Anda dapat membuat akun pada beberapa situs yang dikhususkan untuk para pekerja lepas. Kemudian, lampirkan beberapa contoh tulisan yang sudah Anda buat sebagai portofolio. Nantinya, jika ada calon klien yang tertarik dengan gaya tulisan Anda, mereka akan langsung menghubungi kontak yang Anda cantumkan.

4. Penerjemah

Banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan freelance dengan kemampuan bahasa asing untuk mengembangkan usahanya. Ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang menguasai bahasa asing.

Untuk memulai usaha tanpa modal ini, Anda dapat mencari proyek skala kecil yang tersebar di internet. Atau bisa juga menawarkan jasa penerjemah kepada teman dan kerabat. Setidaknya, hal ini bisa menjadi tambahan portofolio di kemudian hari. Semakin banyak portofolio berkualitas yang dikumpulkan, akan semakin lebar peluang Anda mendapatkan klien pertama.

5. Tutor Online

Jika Anda memiliki keahlian lebih dari suatu bidang, Anda dapat menjual pengetahuan tersebut kepada orang yang tertarik terhadapnya. Tak perlu modal, Anda bisa memulai usaha ini di rumah saja dengan membuat konten video, audio, serta seminar online. Namun perlu dicatat, Anda harus mengembangkan pengetahuan seperti banyak membaca dan berdiskusi dengan orang lain yang juga menggemari bidang sama. Dengan begitu, Anda bisa mengajari klien Anda secara up to date.

Itulah beberapa daftar usaha tanpa modal yang bisa Anda coba di rumah. Agar usaha semakin berkembang, Anda harus mengelola keuangan dengan baik mulai dari menabung hingga investasi. Salah satu produk investasi yang bisa Anda beli adalah reksadana. Anda bisa berinvestasi hanya mulai dari Rp 10 ribu (tergantung jenis reksa dana yang dipilih) dengan proses mudah, cepat dan 100% online. Beli reksadana sekarang juga di https://investree.id/invest/reksadana atau melalui aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

 

Referensi :

Bobby Agung Prasetyo. 10 September 2021. 11 Rekomendasi Usaha Online Rumahan Tanpa Modal Terbaru Tahun 2021. Siap-Siap Untung Melimpah! 99.co : https://bit.ly/2ZtvruV

Share this Post