Bisnis

Berikut 5 Peluang Usaha di Desa yang Dapat Anda Lakukan

Meski Anda tinggal di desa bukan berarti tidak memiliki peluang untuk membuka usaha. Ada banyak peluang usaha di desa yang bisa Anda jalani. Tidak kalah dengan usaha di kota, imbal hasil yang diterima juga sangat banyak. Berikut ini beberapa peluang usaha di desa yang bisa Anda pilih.

5 Peluang Usaha di Desa yang Dapat Anda Lakukan

1. Jual Pulsa dan Token

Salah satu usaha di desa yang paling menjanjikan adalah jual pulsa dan token. Dikatakan menjanjikan karena pulsa dan token banyak yang membutuhkan. Membuka usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar tetapi imbal yang dihasilkan lumayan besar. Selain itu, cara untuk menjadi agen pulsa juga cukup mudah.

Untuk menjalankan usaha ini tidak harus membangun toko. Anda hanya perlu mempromosikan kepada orang yang tinggal di sekitar rumah jika Anda menjual pulsa. Apabila usaha pulsa dan token sudah berkembang dan memiliki pelanggan yang banyak, tidak ada salahnya untuk membangun toko kecil-kecilan.

2. Usaha Sub Agen Elpiji 3 Kg

Usaha di desa dengan peluang yang menjanjikan dan menguntungkan selanjutnya adalah usaha sub agen elpiji 3 Kg. Sub agen elpiji 3 kg merupakan pihak yang memiliki izin untuk menyalurkan gas elpiji 3 kg kepada masyarakat atau pengecer. Sebelum resmi menjadi sub agen biasanya Anda diharuskan untuk melengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan izin.

Untuk membuka usaha ini membutuhkan modal yang tidak besar. Modal yang dipersiapkan akan digunakan untuk mengajukan permohonan izin dan membeli gas elpiji.

3. Jual Bibit Tanaman

Kondisi lingkungan di desa yang sangat mendukung, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjual bibit tanaman. Peluang usaha di desa satu ini sangat menguntungkan karena pembelinya tidak hanya tetangga saja, melainkan juga pembeli dari luar kota. Supaya mendapatkan banyak pembeli, Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial atau marketplace untuk menjual dan mempromosikan produk.

4. Ternak Lele

Meski ternak lele bukan jenis usaha baru di desa tetapi hingga saat ini yang menjalankannya masih cukup banyak. Ini tidak terlepas dari permintaan pasar akan ikan lele masih tinggi. Permintaan ikan lele tidak hanya berasal dari pasar dalam negeri saja melainkan juga pasar ekspor.

Dalam menjalankan usaha ini, Anda harus mempersiapkan kolam dan bibit ikan lele. Kolam yang dipersiapkan tidak harus berukuran luas. sedangkan bibit lele bisa didapatkan dengan membelinya secara online atau membeli langsung di penjualnya. Persaingan usaha ternak lele sangat ketat sehingga Anda direkomendasikan untuk memiliki strategi pemasaran yang baik dan gencar melakukan promosi.

5. Toko Sembako

Keberadaan toko sembako selalu dicari masyarakat. Kondisi ini disebabkan setiap hari masyarakat membutuhkan kebutuhan pokok untuk dikonsumsi. Tidak salah jika kemudian membuka toko sembako sangat potensial untuk dijalankan, terutama di desa.

Bahan atau produk yang dijual di toko sembako sangat banyak, seperti beras, minyak, gula kopi, tepung dan sebagainya. Jika produk yang dijual sangat lengkap dan harganya kompetitif maka usaha Anda akan ramai dari pembeli.

Itulah informasi tentang 5 peluang usaha di desa yang dapat Anda lakukan. Meskipun Anda tinggal di desa itu bukan alasan untuk tidak bisa membuka usaha. Pilihan usaha dengan peluang yang menjanjikan sangat banyak. Jadi, tunggu apalagi segera manfaatkan peluang tersebut. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha di desa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Hafid Fuad. 25 Agustus 2021. 30 Peluang Usaha di Desa. economy.okezone.com. https://bit.ly/3DoYXkg

Dita Tamara. 22 Maret 2021. Ambil Peluang, Ini 7 Ide usaha di Desa yang Paling Potensial dan Menguntungkan. Sanora.id. https://bit.ly/3aq4MS8

Share this Post

Artikel Terbaru