Bisnis

Berikut 5 Macam Bisnis Wisata yang Menguntungkan!

Bisnis wisata memiliki potensi cukup bagus yang bisa Anda coba. Meski di awal munculnya pandemi membuat sektor pariwisata ini jadi terpuruk. Namun, sekarang peluang bisnis wisata ini kembali merangkak naik seiring dengan turunnya penyebaran Covid-19. Selain itu, banyak orang membutuhkan hiburan berupa wisata untuk menjaga kesehatan mental dan melepas lelah. Ada beberapa pilihan bisnis wisata yang laris dan memberikan imbal hasil untuk Anda. Berikut ini adalah jenis bisnis pariwisata yang cukup menjanjikan.

1. Kuliner

Jika membicarakan wisata, tentu tidak akan jauh dari kuliner. Wisata dan kuliner memang satu kesatuan yang saling membutuhkan. Setiap ada rencana berwisata ke kota lain, wisatawan pasti juga mencari makanan khas dari kota tujuannya. Tak heran jika bisnis kuliner ini menjadi salah satu bisnis pariwisata yang tidak ada matinya.

Hasil yang didapatkan dari menjalankan usaha kuliner terbilang besar, sementara modal yang dikeluarkan umumnya relatif sedikit. Namun tetap, dalam menjalankan sebuah bisnis perlu pengelolaan yang benar dan tepat agar tidak sampai merugi atau gulung tikar.

2. Penginapan

Bisnis wisata yang lain adalah menyediakan tempat menginap bagi para wisatawan. Jasa penyedia penginapan juga cukup menjanjikan dalam bisnis pariwisata. Hal ini karena wisatawan yang datang dari luar daerah maupun Negara pasti membutuhkan tempat untuk menginap selama di tempat wisata. Apalagi wisatawan yang datang dari jauh tentu membutuhkan waktu lebih dari 2 hari untuk mengeksplor tempat wisata yang dikunjungi.

3. Sewa Kendaraan

Kendaraan bermotor utamanya sepeda motor, menjadi alat transportasi penting di tempat wisata. Biasanya backpacker lebih membutuhkan sepeda motor di tempat wisata yang dikunjungi. Hal ini karena menggunakan motor bisa menjangkau daerah mana saja, serta lebih hemat biayanya. Berbeda jika eksplor menggunakan angkutan umum, tentu akan memakan banyak biaya serta jangkauannya terbatas.

4. Jasa Tour Guide

Bisnis wisata yang peluangnya bagus adalah jasa tour guide. Seorang tour guide menjadi salah satu kebutuhan bagi wisatawan khususnya yang datang dari luar negeri. Hal ini dikarenakan ada kendala bahasa yang berbeda, jadi untuk bisa mengarahkan dan berkomunikasi dengan penduduk atau masyarakat di lokasi wisata, para wisatawan asing membutuhkan bantuan tour guide.

5. Menjual Souvenir Khas

Setiap tempat wisata memiliki ciri khas tersendiri. Tak hanya dari segi makanan, namun kerajinan tangan khas juga sering dicari dan menarik perhatian wisatawan. Souvenir khas atau oleh-oleh khas menjadi barang wajib yang perlu dibeli untuk keluarga atau kerabat di kota asal wisatawan. Oleh karena itu, usaha satu ini juga memiliki peluang bisnis yang baik sebab selalu dibutuhkan dan dicari para wisatawan.

Tidak perlu ragu untuk memulai sebuah bisnis terutama yang bergerak di sektor pariwisata. Ada banyak jenis usaha di bidang pariwisata yang memiliki peluang bisnis yang bagus. Penghasilan yang cukup besar meski dengan modal yang sangat terbatas bisa didapatkan dengan memulai salah satu jenis bisnis wisata.

Pastikan untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu supaya bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Pikirkan mulai dari modal, lokasi, dan hal-hal lainnya agar saat menjalankan sebuah bisnis pariwisata bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Usaha di bidang ini mudah untuk dilakukan serta memiliki peluang yang sangat bagus.

Itulah beberapa macam bisnis wisata yang menguntungkan bisa Anda coba dari sekarang. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis wisata, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis wisata dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Gapura Office. 5 Macam Bisnis Wisata Yang Bisa Dicoba Sebagai Peluang Bisnis. Virtualofficeku.co.id : https://bit.ly/3pNN0zl

Share this Post