Bisnis

Berikut 5 Jenis Jenis Dividen yang Jarang Orang Tau!

Pada pasar modal, dividen pasti sering muncul dan terdengar bagi para investor. Jenis-jenis dividen sendiri cukup beragam. Dividen merupakan bagian dari imbal hasil usaha yang didapatkan perusahaan dan diberikan kepada para pemegang saham perusahaan tersebut. Hal tersebut merupakan imbalan karena para pemegang saham bersedia menanamkan harta yang dimiliki dalam perusahaaan.

Jumlah dividen yang diberikan kepada para pemegang saham dilihat berdasarkan imbal hasil perusahaan itu sendiri. Selain itu keputusan dewan direksi dan pemegang saham lain juga mempengaruhi jumlah dividen. Lalu, di sini dividen dibagi menjadi 5 jenis. Berikut ini jenis-jenis dividen yang perlu diketahui.

1. Dividen Tunai

Istilah lainnya adalah Cash Dividend. Jenis dividen ini merupakan bentuk pembayaran dividen yang paling banyak digunakan atau paling umum. Dividen memang lebih banyak dibayarkan atau diberikan secara langsung.

Perusahaan lebih banyak yang menggunakan cara memberikan dividen secara tunai. Jumlah dividennya dilihat berdasarkan besar saham yang dimiliki pemegang saham. Uang tunai atau cash dividend yang diterima, akan ditransfer dan disimpan pada rekening bank pemegang saham yang bersangkutan.

Dividen tunai ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah maju dan memiliki kondisi finansial yang stabil. Pemberian dividen dalam bentuk uang tunai juga sangat disenangi investor.

2. Dividen Saham

Jenis dividen selanjutnya adalah Stock Dividend. Dividen saham ini merupakan dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham dengan cara menerbitkan atau mengeluarkan saham baru dalam perusahaan. Pembayaran saham baru ini dilihat berdasarkan jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham.

Cara ini merupakan ucapan terima kasih yang cocok bagi investor yang suka bermain saham. Biasanya investor dengan modal yang berlebih akan merasa senang menerima dividen saham ini. Rasa terima kasih dari pihak perusahaan akan tersampaikan dengan baik melalui ini.

3. Dividen Properti

Dividen jenis ini biasanya dibayarkan dalam bentuk properti. Perusahaan yang menggunakan jenis dividen ini adalah perusahaan yang mengalami kekurangan kas operasi, tetapi tetap ingin memberikan dividen kepada investor. Oleh karena itu dividen properti ini yang menjadi solusi.

Properti yang biasa digunakan sebagai dividen adalah persediaan, aset, real estate, hingga kendaraan. Nanti, pihak perusahaan akan mencatat properti yang dijadikan dividen pada nilai pasar wajar. Meski tidak ada sejumlah uang yang pantas, dividen properti ini sangat berharga dan cocok diberikan kepada investor, mengingat properti selalu mengalami kenaikan nilai.

4. Dividen Skrip

Jenis yang keempat ini sangat mirip dengan dividen properti. Perusahaan yang kekurangan dana untuk membayar dividen sering juga menggunakan Script dividen. Script dividen ini merupakan dividen dalam bentuk surat janji utang untuk membayar para investor. Dalam surat janji utang ini ada periode atau jangka waktu yang disepakati antara pihak investor dengan perusahaan.

5. Dividen Likuidasi

Dividen yang terakhir adalah dalam bentuk likuidasi. Jenis dividen ini bertujuan untuk mengembalikan modal awal dari investor sebagai ekuitas perusahaan. Biasanya adanya dividen ini menandakan kalau perusahan dalam kondisi tidak baik atau bangkrut sehingga memberikan dividen likuidasi pada pemegang sahamnya.

Itulah jenis-jenis dividen yang jarang orang tahu. Dividen bisa Anda dapatkan jika memiliki saham perusahaan. Jika Anda belum mengerti saham, Anda bisa mengalokasikan dana Anda ke instrumen investasi lain seperti Pendanaan untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Pendanaan di Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Referensi :

Shifa Nurhaliza. Minggu, 28 Februari 2021 12:48 WIB. Sudah Tahu Jenis-Jenis Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya. Idxcannel.com : https://bit.ly/3qaWV47

Share this Post

Artikel Terbaru