Bisnis

Berikut 5 Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Menguntungkan!

Ide usaha rumahan kreatif bisa menjadi solusi untuk menambah penghasilan pada masa pandemi ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa akibat pandemi yang sudah berjalan sekitar dua tahun tersebut telah memukul sektor perekonomian. Penghasilan masyarakat berkurang sementara harga barang-barang malah mengalami kenaikan. Mengandalkan dari gaji bulanan saja belum tentu mencukupi.

Mencoba membuka usaha rumahan mungkin bisa menjadi ide yang cukup baik untuk menambah pendapatan keluarga. Selain modal yang diperlukan tidak terlalu besar jumlahnya Anda masih bisa mengerjakannya disela-sela kesibukan pekerjaan utama atau tugas kantor. Anda hanya perlu menemukan ide usaha rumahan yang tepat dan prospektif saja lalu mengembangkannya.

Ide Usaha Rumahan yang Kreatif dan Prospektif

Anda tidak perlu bingung-bingung mencari ide usaha karena bisa saja dimulai dari hobi dan keahlian yang dimiliki. Jika Anda memerlukan beberapa referensi jenis usaha rumahan kreatif dengan prospek bagus bisa melihatnya dalam daftar berikut ini.

1. Bisnis Katering Makanan Sehat

Apa yang berubah dalam kehidupan masyarakat sejak adanya pandemi ini? Ya, gaya hidup yang lebih sehat termasuk dalam pemilihan menu makanan. Perubahan gaya hidup masyarakat ini dapat Anda manfaatkan sebagai celah bisnis yaitu dengan membuka bisnis katering makanan sehat.

Sebelumnya Anda bisa belajar lebih dulu apa saja yang termasuk makanan sehat dan bagaimana cara pengolahannya. Saat ini belajar apapun bisa dengan mudah dilakukan melalui internet bukan.

2. Bisnis Makanan Bayi

Selain bisnis katering makanan sehat ide usaha kuliner yang tidak kalah menarik adalah makanan bayi. Di daerah perkotaan cukup banyak ibu muda yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak sempat memperhatikan menu makanan bayinya.

Sama halnya dengan bisnis makanan sehat sebaiknya sebelum memulai usaha makanan bayi tersebut Anda juga belajar lebih dulu dari sumber yang benar. Ketika usaha sudah mulai dibuka jangan lupa untuk selalu menyediakan menu-menu makanan bayi yang beragam dan tentu saja sehat.

Menu yang beragam tersebut supaya memudahkan para ibu yang memiliki bayi dalam memilih jenis makanan bagi anaknya. Ide usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan kesehatan terutama ilmu gizi.

3. Jasa Penitipan Anak

Masih tidak jauh dari dunia bayi dan anak-anak ide usaha rumahan yang bisa Anda coba selanjutnya adalah jasa penitipan anak. Terlebih lagi kalau Anda adalah seorang lulusan Psikologi atau Keperawatan. Para orang tua yang sama-sama bekerja dan tidak memiliki membantu di rumah biasanya akan memilih jasa penitipan anak untuk mengurus buah hatinya.

Dengan latar belakang pendidikan yang tepat maka semakin banyak orang tua yang mempercayakan pengasuhan anak-anaknya kepada jasa penitipan anak yang Anda kelola. Bagusnya lagi usaha jasa penitipan anak ini bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus keluar biaya untuk menyewa tempat.

4. Bisnis Tanaman Hias

Sejak masa pandemi orang jadi suka berkebun dan menikmati keindahan tanaman hias sebagai pengusir rasa bosan karena harus berada di rumah. Hingga saat ini bisnis tanaman hias masih cukup diminati dan menjanjikan profit lumayan. Hanya butuh sedikit kreativitas saja tumbuhan yang biasanya hanya dibiarkan begitu saja di pinggir jalan bisa menjadi tanaman hias dengan harga mahal.

5. Jasa Hias Seserahan

Ide usaha rumahan kreatif lainnya yaitu jasa hias seserahan. Bisa dibilang jasa ini tidak ada matinya karena selalu saja ada orang yang menikah. Semakin tinggi kreativitas yang Anda ciptakan dalam menghias seserahan maka otomatis akan makin mahal juga harganya.

Itulah ide usaha rumahan kreatif yang bisa Anda coba. Untuk mengembangkan usaha rumahan kreatif tentu membutuhkan modal yang besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha rumahan kreatif seperti promosi, pengembangan produk dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha rumahan kreatif dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Aldwin Nayoan. 10 Desember 2019. 30 Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan di 2021. Niagahoster.co.id : https://bit.ly/3qU9HUJ

Jessica Gabriela Suhandoko. 15 Oktober 2021. 10 Ide Usaha Rumahan bagi Ibu Rumah Tangga, Mana yang Cocok untuk Anda?. Enterpreuner.bisnis.com : https://bit.ly/3oElYtO

Share this Post

Artikel Terbaru