Bisnis

Berikut 5 Ide Bisnis Digital yang Wajib Kamu Ketahui!

Saat ini bisnis digital mulai diminati banyak orang khususnya anak muda. Masyarakat masa kini lebih menyukai sesuatu yang praktis dan tidak ribet terutama yang dapat diakses melalui smartphone dan internet. Sehingga peluang ini dapat menjadi pilihan Anda bagi yang sedang akan merintis suatu usaha.

Usaha digital umumnya membutuhkan modal yang kecil. Namun hal tersebut tetap bergantung dari keahlian serta kreativitas Anda. Banyak sekali bidang yang bisa dipilih dengan usaha digital ini. Nah sebagai referensi, simak beberapa ide usaha digital yang bisa Anda lakukan pada penjelasan berikut ini.

1. Menjadi Blogger

Ngeblog dapat menjadi pilihan Anda dalam berbisnis secara digital. Berawal dari suatu hobi dan passion, Anda dapat mengembangkan blog sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Caranya yakni dengan memasang iklan di space kosong di blog Anda.

Membuat blog cukup mudah. Anda dapat gunakan blog gratis atau dengan membeli domain sendiri. Bila Anda ingin blog bisa menghasilkan uang dan digunakan dalam jangka panjang, sebaiknya pilihlah blog berbayar.

Meski masuk dalam kategori usaha digital, namun bukan berarti menjadi blogger akan mudah dan cepat dalam menghasilkan uang. Diperlukan kesabaran, ketekunan serta konsistensi supaya blog Anda semakin banyak dikenal hingga memberikan penghasilan.

2. Seller Online Shop

Toko online kini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Anda bisa membuka toko online meskipun tidak mempunyai toko offline. Bahkan pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah saja.

Untuk menjadi seller online shop, Anda bisa mendaftarkan toko ke e-commerce populer. Yang pasti Anda memiliki produk barang secara fisik untuk dijual. Omzet penjualan yang akan Anda dapatkan bisa sampai puluhan juta bergantung dari cara Anda berpromosi.

Meski tak memerlukan toko offline, Anda tetap harus mempersiapkan modal untuk menyetok produk serta kebutuhan lainnya seperti alat dan bahan packing.

3. Desain Grafis

Keahlian Anda dalam bidang desain grafis dapat Anda manfaatkan untuk membuka jasa desain grafis secara online. Jasa dapat ditawarkan melalui media sosial Anda, atau dengan mengiklankannya.

Keahlian desain grafis tidak semua orang bisa, sehingga masih cukup banyak yang membutuhkan jasa ini. Anda dapat menargetkan perorangan, atau kepada organisasi maupun perusahaan tertentu. Umumnya penghasilan yang didapatkan cukup tinggi sesuai dengan berapa banyak projek yang Anda kerjakan. Terutama bila yang memesan adalah perusahaan.

4. Dropshipper

Berjualan sebenarnya tidak perlu harus memiliki produk sendiri. Anda pun bisa menjualkan produk orang lain tanpa harus menyediakan stok. Sehingga modal yang dibutuhkan sangat kecil dibanding ketika Anda menyetok barang.

Berjualan sebagai dropshipper memerlukan keahlian marketing yang baik. Anda harus bisa mendorong calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dengan hanya bermodal foto serta deskripsi produk. Kelebihannya, Anda dapat menetapkan harga yang jauh lebih mahal dari harga dari tangan pertama. Namun Anda juga perlu selektif dalam memilih supplier supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Menjual Template Website

Menjual template website juga dapat memberikan penghasilan lebih. Bermodal kreativitas serta keahlian dalam bidang membuat template, Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai kesempatan untuk memperoleh uang.

Banyak sekali pemilik website yang membutuhkan template menarik untuk website mereka. Sayangnya terkadang para pemilik website tersebut kurang ahli dalam membuat template. Untuk itu agar lebih praktis, mereka lebih suka membeli.

Umumnya jasa membuat template sudah satu paket dengan jasa pembuatan website. Harganya pun variatif. Rata-rata dibanderol mulai ratusan ribu hingga jutaan.

Itulah berbagai macam ide bisnis digital yang bisa Anda terapkan. Bisnis digital bisa Anda kembangkan menjadi badan usaha baik itu Commanditaire Vennootschap atau Perseroan Terbatas. Namun, tentu Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis digital seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis digital Anda.

Referensi :

Rifan Aditya. 29 Desember 2020. 15 Ide Bisnis Digital untuk Pemula. Suara.com: https://bit.ly/3opOUHm

Share this Post

Artikel Terbaru