Bisnis

Berikut 5 Cara Membuat Laporan Keuangan Mudah Dilakukan

Cara membuat laporan keuangan penting Anda ketahui untuk mengembangkan usaha. Laporan keuangan merupakan laporan yang harus ada dalam setiap bisnis, lembaga, instansi, maupun laporan dalam rumah tangga. Laporan ini dibuat agar keuangan yang digunakan selama jangka waktu tertentu memang benar-benar tepat sasaran. Di samping itu, dengan membuat laporan keuangan, Anda juga bisa melakukan penghematan dalam penggunaan uang karena laporan keuangan selain digunakan sebagai pertanggungjawaban terhadap keuangan yang telah digunakan, hal ini juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi.

Cara Membuat Laporan Keuangan yang Benar

1. Mencatat Transaksi dalam Jurnal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menyusun laporan keuangan adalah mencatat semua transaksi yang dilakukan menjadi satu dalam sebuah jurnal. Transaksi tersebut meliputi penjualan, pembelian, sewa, dan transaksi yang lainnya. Sertailah catatan jurnal transaksi tersebut dengan bukti atau nota. Sebab, tanpa nota atau bukti yang sesuai, transaksi Anda bisa jadi diragukan oleh pemeriksa keuangan.

2. Memposting Jurnal Transaksi ke Buku Besar

Setelah semua transaksi Anda catat ke dalam jurnal, maka langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke dalam buku besar. Dalam buku besar ini, Anda harus lebih rinci mencatat semua transaksi yang sebelumnya telah dibukukan dalam jurnal tersebut. Melakukan hal ini tidaklah sulit karena hanya melakukan pemindahan saja dari jurnal ke buku besar.

3. Menyusun Neraca Saldo

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yakni menyusun neraca saldo. Dalam hal ini Anda harus memasukkan mana saja yang termasuk debit dan mana saja yang termasuk kredit. Neraca saldo ini dibuat untuk melakukan pengecekan terhadap keseimbangan debit dan kredit yang ada dari seluruh rekening.

4. Membuat Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian merupakan sebuah data tambahan. Maksud dari hal ini adalah Anda harus mengumpulkan beberapa data penyesuaian jika ada beberapa hal yang belum ada atau belum sesuai dengan neraca saldo.

5. Melakukan Penyusunan Neraca Lajur

Sebelum benar-benar menyusun laporan keuangan, maka Anda harus menyusun neraca lajur terlebih dahulu agar lebih mudah. Cara membuatnya yakni dengan menyusun neraca lajur dari data neraca saldo dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian. Selanjutnya, saldo yang telah disesuaikan akan terlihat pada kolom neraca saldo dan nantinya hal tersebut adalah saldo yang akan dilaporkan dalam neraca laba dan rugi.

6. Menyusun Laporan Keuangan

Dalam menyusun laporan ini, Anda hanya tingga menyalin semua data yang telah dibuat pada neraca lajur. Tugas Anda hanya menuliskannya dengan rapi dan sesuai dengan standar pembuatan laporan keuangan yang ada. Buatlah serapi mungkin dan mudah dibaca karena kualitas dari laporan keuangan mencerminkan profesionalisme dari sebuah perusahaan.

Itulah cara membuat laporan keuangan yang bisa Anda lakukan. Dalam membuat laporan ini tentu tidak mudah, pastikan Anda melakukan pengecekan secara teliti membuat laporan agar hasilnya nanti benar dan tepat sasaran. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Jurnal Entrepreneur. 6 Langkah Mudah Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula. Jurnal.id: https://bit.ly/3H01zqx

Share this Post