Bisnis

Berikut 4 Metode Penjualan yang Harus Kamu Ketahui!

Usaha Anda stagnan dan tidak juga berkembang? Mungkin Anda salah dalam memilih metode penjualannya. Metode penjualan adalah sebuah panduan yang berisi bagaimana cara untuk melakukan tindakan yang tepat dalam tahap-tahap penjualan produk. Metode penjualan ini dilakukan dengan tujuan supaya penjualan berjalan lebih efektif sehingga keuntungan yang diperoleh lebih maksimal.

Dalam melaksanakan metode penjualan tersebut, tim marketing harus mengetahui lebih dulu apa yang menjadi kebutuhan dari pembeli atau konsumen secara menyeluruh. Sehingga dengan begitu tim marketing bisa bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Macam-Macam Metode dalam Penjualan

Metode penjualan dulu dan sekarang tentu berbeda, mengingat konsumen saat ini memiliki tingkat pengetahuan serta pengalaman yang jauh lebih maju. Oleh sebab itu, perusahaan harus mampu menjalankan metode penjualan modern yang lebih sesuai dengan generasi milenial. Anda bisa pelajari berbagai metode penjualannya di bawah ini.

1. Metode SPIN

Dalam penjualan ada metode yang disebut dengan SPIN. Metode ini pertama kali dipopulerkan Neil Rackham pada tahun 1988 lalu. Meskipun sudah cukup lama, namun SPIN masih efektif digunakan saat ini. Metode SPIN ini bisa dibilang paling populer diantara lainnya. SPIN merupakan singkatan yang terdiri dari :

  • Situation atau situasi.
  • Problem atau masalah.
  • Implication atau implikasi atau keterlibatan.
  • Need-Payoff atau imbalan.

Fokus dari metode SPIN adalah memberikan pertanyaan kepada pembeli atau konsumen terkait dengan keempat aspek di atas. Pemberian pertanyaan yang relevan diharapkan bisa membantu tim marketing mengetahui masalah dan harapan sebenarnya yang diinginkan oleh konsumen.

2. Metode Konseptual (SNAP)

Metode konseptual atau diistilahkan juga dengan SNAP adalah pelanggan akan membeli solusi atau konsep yang kita tawarkan bukan berfokus pada produknya. Umumnya konsumen modern akan membuat keputusan untuk membeli suatu produk berdasarkan pada informasi yang diterimanya apakah bisa memberikan solusi untuk masalahnya atau tidak.

 

Metode SNAP berfokus pada bagaimana cara untuk mempengaruhi konsumen secara positif dengan memberikan informasi yang relevan sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk membeli. Jika Anda melakukannya dengan benar maka pembeli akan merasa bahwa keputusan yang dibuatnya merupakan hasil pemikiran sendiri.

3. Penjualan Penantang (Challenger Sale)

Di dalam metode penjualan ini tim sales harus harus mampu melakukan komunikasi yang baik dengan pembeli yang menjadi prospeknya. Sales harus memotivasi dirinya sendiri untuk belajar keterampilan baru agar wawasan bisnisnya bertambah.

 

Dengan bertambahnya wawasan maka sales atau penjual akan lebih mampu untuk mengendalikan komunikasi sehingga membuat pembeli yakin pada apa yang dikatakannya. Sebaiknya penjual atau sales selalu menyesuaikan gaya komunikasinya dengan calon pembeli agar lebih efektif.

4. Penjualan Sandler (Sandler Selling System)

Metode ini adalah yang paling tua diantara sistem penjualan yang ada. Meski sudah tua, metode Sandler ini nyatanya masih memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan penjualan.

 

Hal paling utama dalam metode Sandler ini adalah bagaimana caranya agar rasa saling percaya bisa dibangun antara pihak penjual dengan pembelinya. Umumnya, tim penjualan yang mempergunakan metode ini berharap pembelinya bisa melihat adanya niat tulus sehingga kepercayaannya meningkat. Syarat untuk melakukan metode ini yaitu tim sales harus sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pembeli sehingga produk yang ditawarkan bisa sesuai keinginan konsumen.

 

Metode penjualan yang paling efektif adalah yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Terdapat dua prinsip didalamnya yaitu seni berkomunikasi dan keadaan yang saling menguntungkan jadi pilihlah mana yang paling cocok dan tepat bagi bisnis serta perusahaan Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

28 Mei 2019. Teknik Penjualan : 5 Metode Penjualan Modern yang Sangat Efektif. Rumahumkm.net : https://bit.ly/3kUX9t6

Trias Ismi. 8 Maret 2021. 6 Contoh Sales Methodology untuk Strategi Penjualan Efektif. Glints.com : https://bit.ly/3m7Zi3X

Share this Post

Artikel Terbaru