Bisnis

Berikut 3 Komponen Arus Kas yang Perlu Anda Ketahui

Komponen arus kas masuk ke dalam laporan pendapatan dan pengeluaran perusahaan atau lebih kita kenal sebagai cash flow. Laporan arus kas (cash flow) tersebut nantinya berfungsi untuk melihat apakah kondisi keuangan suatu perusahaan positif atau negatif.

Perusahaan dapat dikatakan sehat jika laporan arus kasnya memiliki nilai positif yang artinya jumlah pendapatan/pemasukan lebih besar daripada uang yang dikeluarkannya. Sebaliknya, jika pendapatan yang diperoleh ternyata jumlahnya lebih sedikit dari pengeluaran otomatis cash flow akan bernilai negatif dan bisa berdampak pada perkembangan perusahaan.

3 Komponen Penting di Dalam Laporan Arus Kas

Mengingat fungsinya yang begitu penting artinya pembuatan laporan arus kas atau cash flow harus benar-benar tepat dan sesuai. Cash flow adalah laporan keuangan yang mencatat jumlah pendapatan/pemasukan dan pengeluaran perusahaan maupun individu pada satu periode pembukuan.

Sebagaimana yang diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi (PSAK) Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 9 bahwa laporan arus kas harus memuat tiga komponen penting yang terdiri dari :

1. Arus Kas Kegiatan Operasional

Komponen ini bisa dikatakan merupakan hal yang paling penting atau paling utama dalam cash flow. Aktivitas yang paling utama dari sebuah usaha atau perusahaan pada umumnya merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan operasional perusahaan.

Contohnya seperti kegiatan operasional dalam proses produksi, aktivitas pengiriman barang, penjualan serta pembayaran yang berasal dari pelanggan.

Komponen dalam arus kas ini kebanyakan berasal dari aktivitas yang terkait dengan transaksi dimana dampaknya sangat mempengaruhi jumlah laba bersih yang didapatkan perusahaan.

2. Arus Kas Kegiatan Investasi

Komponen yang kedua yaitu arus kas yang asalnya dari kegiatan investasi. Komponen ini merupakan pendapatan maupun pengeluaran perusahaan yang berhubungan dengan aktivitas investasi jangka panjang yang dilakukannya.

Contoh pendapatan maupun pengeluaran dari kegiatan investasi misalnya penjualan dan penerimaan aset yang sifatnya tidak tetap, aset jangka panjang serta aset yang tidak berwujud.

3. Arus Kas Kegiatan Pendanaan

Komponen arus kas yang ketiga adalah pendapatan/pemasukan maupun pengeluaran perusahaan yang asalnya dari kegiatan pendanaan. Atau bisa juga dikatakan pemasukan maupun pengeluaran yang asalnya dari transaksi perusahaan terkait dengan utang maupun ekuitas usahanya.

Komponen ini memiliki peranan yang cukup penting karena dapat difungsikan sebagai acuan untuk menunjukkan bagaimana kondisi dan kekuatan keuangan dari perusahaan.

Contoh komponen dari kegiataan pendanaan antara lain emisi saham perusahaan, pembayaran kredit ke bank dan juga pembayaran dividen kepada investor.

Metode Penyusunan Laporan Arus Kas

Secara umum di dalam pembuatan laporan arus kas atau cash flow dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu :

1. Metode Langsung

Yaitu penyusunan laporan keuangan yang dibuat berdasarkan pada buku kas maupun bank dimana aliran uang kas dari kegiatan operasional akan langsung dibagi menjadi kas masuk dan kas keluar. Setelah itu baru dilanjutkan pada kas dari investasi serta pembiayaan.

2. Metode Tidak Langsung

Sedangkan metode tidak langsung disusun dengan tiga elemen yaitu yang berasal dari kas kegiatan usaha, kegiatan investasi maupun kegiataan pendanaan. Jika menggunakan metode ini maka perusahaan membutuhkan adanya laporan laba rugi dan juga neraca yang berlangsung pada periode pembukuan tersebut.

Melalui pemahaman tentang komponen arus kas yang benar tersebut diharapkan para pelaku usaha dapat mengambil keputusan terbaik dan tepat serta menyusun perencanaan bisnis yang bagus demi kemajuan perusahaan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Bili Walyma. 8 April 2020. 3 Komponen Aktivitas Penting Dalam Laporan Arus Kas. Zahirsoft.com: https://bit.ly/3JOecqR

21 Januari 2021. Komponen Arus Kas : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Metode Penyusunannya. Kumparan.com: https://bit.ly/3qaI6y5

Share this Post