Balanced Scorecard (BSC): Pengertian, Fungsi dan Perspektifnya

Strategi adalah nyawa dalam keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Balanced scorecard adalah salah satu dari strategi bisnis yang biasa digunakan oleh pelaku usaha. Lalu, apa itu balance scorecard dan apa fungsinya untuk perusahaan? Simak pembahasan lengkap mengenai balance scorecard lengkap dengan perspektifnya berikut ini!

Pengertian Balanced Scorecard (BSC)

Balanced scorecard (BSC) adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk mengubah tujuan strategis organisasi ke dalam serangkaian tujuan kinerja yang terukur, terpantau, dan fleksibel. Balance scorecard akan menerjemahkan visi dan strategi perusahaan ke dalam serangkaian ukuran koheren dalam empat perspektif yang berimbang. balance scorecard juga digunakan untuk memperbaiki sistem pengukuran kinerja eksekutif agar lebih tahu sejauh mana perkembangan yang telah dicapai perusahaan. Lebih lanjut, balance scorecard memberikan pandangan yang lebih komprehensif kepada para manajer untuk mengukur kinerja perusahaan di berbagai bidang sekaligus juga memastikan agar tujuan strategis organisasi terpenuhi.

Fungsi Balanced Scorecard (BSC)

  • Memberi Struktur Dalam Strategi

  • Mempermudah Komunikasi Strategi Pada Karyawan

  • Menyelaraskan Seluruh Departemen dan Divisi

  • Membantu Karyawan Menyelaraskan Tujuan Pribadi dan Tujuan Perusahaan

  • Membuat Strategi Terus Berjalan Sesuai Rencana

4 Perspekif Dalam Balanced Scorecard (BSC)

  1. Perspektif Keuangan

Pengukuran kinerja keuangan dapat menilai sejauh apa perencanaan dan implementasi strategi memberikan perbaikan mendasar pada perusahaan. Balance scorecard dapat menjelaskan dengan lebih mendalam tentang pencapaian visi dalam mewujudkan pertambahan kekayaan. 

Contohnya, peningkatan kepuasan customer melalui peningkatan revenue; peningkatan produktifitas dan komitmen karyawan melalui cost effectiveness sehingga terjadi peningkatan laba; dan peningkatan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan financial returns.

2.  Perspektif Pelanggan

Suatu perusahaan harus selalu menciptakan dan menyajikan produk atau jasa yang memiliki nilai lebih kepada pelanggan agar dapat mencapai kinerja keuangan yang besar dalam jangka panjang. 

Kesuksesannya dapat diukur dari pangsa pasar (market share) yang makin meluas; tingkat perolehan pelanggan baru (customer acqutition); kemampuan perusahaan mempertahankan para pelanggan lama (customer retention); tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction); tingkat profitabilitas pelanggan (customer profitability); dan citra baik perusahaan di mata pelanggan.

3.  Perspektif Proses Bisnis Internal

Perspektif proses bisnis internal menampilkan proses kritis yang memungkinkan unit bisnis untuk memberi value proposition yang mampu menarik dan mempertahankan pelanggannya di segmen pasar yang diinginkan dan memuaskan para pemegang saham. 

Hal tersebut terbagi menjadi 3 prinsip dasar, yaitu proses inovasi (identifikasi keinginan pelanggan dan melakukan proses perancangan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan); proses operasi (perencanaan, pembentukan bahan mentah hingga menjadi produk jadi, proses marketing, hingga proses transaksi antara perusahaan dan pembeli), dan pelayanan purna jual (layanan konsultasi, perbaikan, perawatan, dan garansi).

4.  Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Dibandingkan strategi lain, balance scorecard lebih menekankan pada aspek organisasi, yaitu bagaimana perusahaan bisa memanfaatkan sumber daya manusia yang ada menjadi keunggulan perusahaan. Untuk itu, suatu perusahaan biasanya melakukan investasi dalam bentuk upskilling karyawan.

Itulah pengertian lengkap mengenai balanced scorecard dalam kemajuan bisnis Anda. Perlu diketahui, perspektif keuangan merupakan perspektif utama dalam BSC. Maka, pastikan Anda memaksimalkan perencanaan keuangan pada bisnis Anda. Untuk mencapai visi perusahaan sekaligus mengembangkan bisnis Anda, Investree hadir menawarkan modal dari para pemilik modal (lender). Anda dapat mendaftarkan pinjaman perusahaan Anda di Investree melalui link berikut ini: https://investr.ee/BlogBorrower.

Mari kembangkan perusahaan Anda bersama Investree!

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/balanced-scorecard/

https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu-balanced-scorecard/