Bisnis

Apa Itu Wiraswasta? Berikut Pengertian Lengkapnya

Wiraswasta adalah seseorang yang bekerja secara mandiri dan tidak memiliki atasan. Seorang wiraswasta biasanya memiliki kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis. Mereka tidak bekerja di suatu instansi, melainkan bekerja mandiri dengan mengembangkan ide-ide kreatifnya.

Pengetahuan mengenai kewiraswastaan sendiri sudah mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1970-an. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan untuk mengubah pola berpikir konvensional masyarakat Indonesia untuk menjadi maju serta menghasilkan para entrepreneur yang andal. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian wiraswasta secara mendalam, simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta cenderung diartikan kepada seseorang yang bisa membuka lapangan kerja sendiri. Seorang wiraswastawan memiliki keberanian dalam memecahkan permasalahan hidup serta memenuhi kebutuhan mereka dengan kekuatan yang ada pada diri mereka sendiri, mengingat wiraswasta berasal dari 2 kata, yaitu wira yang berarti berani, perkasa atau utama, dan swasta yang diartikan sebagai berdiri di atas kekuatan sendiri.

Menurut Fadel Muhammad, orang-orang yang berwiraswasta lebih fokus pada peluang daripada risiko. Wiraswastawan dapat mengkoordinasikan sumber daya dalam bentuk apapun diantaranya alam, energi, manusia serta peralatan-peralatannya menjadi benda dan jasa ekonomi berdasarkan penjelasan Djatmiko. Wiraswasta juga memiliki sejumlah karakteristik diantaranya seperti percaya pada diri sendiri, mental yang tangguh, gesit dalam mencoba, dan mempunyai cakrawala yang luas ke depan (Suhadi, 1985).

8 Karakteristik yang Dimiliki Wiraswastawan

1. Berdedikasi dan Disiplin

Seorang wiraswasta harus memiliki dedikasi yang tinggi terhadap apa yang mereka kerjakan. Wiraswasta selalu siap untuk mengorbankan pikiran, tenaga dan waktu demi mencapai tujuan mereka. Hal ini tidak lepas dari keyakinan yang teguh serta disiplin kerja yang baik.

2. Memiliki Tanggung Jawab Tinggi

Sebagai wiraswastawan, Anda dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Karena dalam mengembangkan usaha atau bisnis sendiri tentunya Anda harus berani dalam mengambil risiko dengan melihat peluang yang ada.

3. Lebih Memilih Risiko Moderat

Tak jarang juga seorang pelaku wiraswasta lebih memilih risiko moderat. Risiko moderat jika dalam investasi adalah tipe investor dengan profil risiko sedang. Karakter ini biasanya tidak terlalu berani mengambil risiko sehingga seringkali menghindari risiko baik yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Meski begitu mereka berani mengambil risiko apabila masih dalam batas kemampuan.

4. Semangat dan Pekerja Keras

Karena bekerja secara mandiri, tentunya wiraswasta harus memiliki sifat yang penuh semangat dan merupakan seorang pekerja keras. Berani menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah untuk mencapai kesuksesan.

5. Berorientasi pada Masa Depan

Sebagai wiraswastawan, Anda pasti sudah memiliki banyak rencana di masa depan. Seperti target yang ingin dicapai dari usaha atau bisnis yang dirintis. Oleh karenanya wiraswasta harus memiliki future orientation yakni memiliki perspektif dan wawasan jauh ke depan. 

6. Memiliki Keterampilan Mengorganisir

Keterampilan mengorganisir sumber daya juga termasuk dari karakteristik wiraswasta. Sebab wiraswasta bekerja sendiri tanpa arahan dari atasan, sehingga semua sumber daya yang ada harus benar-benar dikelola dan diorganisir dengan baik supaya menciptakan nilai tambah.

7. Menghargai Prestasi daripada Uang

Bukan berarti uang atau imbal hasil usaha tidak begitu penting bagi wiraswasta, akan tetapi wiraswasta akan lebih menghargai prestasi dari target-target dan rencana yang berhasil mereka capai. Prestasi inilah yang kemudian menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berinovasi.

8. Positif dan Percaya Diri

Karena hampir semua pekerjaan dilakukan sendiri, pelaku wiraswasta umumnya memiliki sifat yang positif dan percaya diri. Sifat inilah yang kemudian membuat mereka menghindari sifat suka mengandalkan orang lain. Tentunya mereka adalah orang-orang dengan mental yang tangguh.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa wiraswasta adalah orang-orang yang bekerja secara mandiri dengan mengembangkan ide-ide kreatif dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Edelweis Lararenjana. 8 Juli 2020. Wiraswasta Adalah Pelaku Kegiatan Ekonomi secara Mandiri, Ketahui Selengkapnya. Merdeka.com: https://bit.ly/3BYcz6n

Share this Post

Artikel Terbaru