Bisnis

Apa Itu Valuasi? Simak Pengertiannya Di Sini

Valuasi adalah salah bentuk penilaian perusahaan yang menyediakan barang maupun jasa dengan cara melakukan pengukuran pada seluruh komponen yang saling terhubung. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan singkat tentang valuasi dibawah ini.

Pengertian Valuasi

Valuasi menjadi salah satu cara pengusaha mengontrol bisnis yang dijalankan melalui penilaian keseluruhan. Peran penilaian tersebut sangat penting baik untuk urusan internal maupun eksternal. Dengan valuasi, Anda bisa menghadapi penentuan keputusan akuisisi. Misalnya, ada perusahaan A yang ingin melakukan akuisisi perusahaan perusahaan B, maka perusahaan A harus tahu terlebih dahulu melihat nilai valuasi pada perusahaan B. Hal ini karena perusahaan A akan melakukan pembelian perusahaan B dengan harga yang disesuaikan nilai valuasi perusahaan yang akan diakuisisi tadi.

Nilai valuasi itu sendiri sifatnya tidak tetap atau berubah sesuai dengan performa serta kondisi keuangan suatu perusahaan. Oleh sebab itu, penilaian valuasi wajarnya dilakukan secara berkala. Meski demikian, dalam proses akuisisi dua perusahaan harus ada kesepakatan yang dicapai antara dua perusahaan bersangkutan meski sudah ada penilaian valuasi.

Apa Saja yang Mempengaruhi Valuasi?

Sifat valuasi yang tidak tetap tentu karena ada faktor yang mempengaruhi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik perusahaan untuk bisa mendapatkan valuasi yang baik dan bagus, berikut ini penjelasannya.

1. Penjualan Stabil

Faktor yang mempengaruhi nilai valuasi perusahaan adalah penjualan. Jika penjualan stabil atau mengalami peningkatan, maka secara otomatis nilai valuasinya ikut aman dan bagus. Jika sampai terjadi kerugian atau penurunan penjualan, nilai valuasi akan ikut turun dan jelek.

2. Kebutuhan Dana

Selain melihat penjualan, pendanaan perusahaan juga bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya valuasi. Biasanya perusahaan rintisan atau yang baru berdiri bisa berjalan karena mendapatkan beragam jenis pendanaan. Bisa juga perusahaan yang sudah lama berjalan namun di tengah ada masalah sehingga membutuhkan suntikan dana yang baru, hal-hal seperti itu sangat mempengaruhi valuasi perusahaan. 

Valuasi perusahaan dianggap baik atau bagus jika perusahaan sudah tidak menerima banyak pendanaan. Sebab, perusahaan yang sudah menghasilkan imbal hasil artinya sudah berhasil berkembang ke tahap yang memuaskan.

3. Model Bisnis

Perusahaan yang memiliki model bisnis unik sehingga mampu bertahan hingga lebih dari 5 tahun bahkan sampai puluhan tahun, artinya valuasinya baik. Model bisnis yang baik dan unik ialah yang bisa membuat perusahaan bertahan meski ada perubahan waktu serta bisa membaca kebutuhan para konsumen. Hal seperti ini yang membuat nilai valuasi jadi meningkat. 

4. Kualitas Manajemen

Manajemen yang berkualitas juga secara otomatis membuat valuasi sebuah perusahaan meningkat dan cenderung tinggi. Hal ini dikarenakan pemimpin perusahaan adalah orang yang kompeten, dengan pendidikan dan wawasan yang mumpuni, memiliki pengalaman yang baik dalam mengatur dan mengelola sebuah bisnis, serta mampu membuat perusahaan mempunyai struktur organisasi yang jelas dengan orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya masing-masing.

5. Aset yang Dimiliki

Dalam penilaian valuasi perusahaan, aset yang dimiliki juga memberikan pengaruh. Aset di sini artinya harta yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa berupa tanah, gedung, atau investasi. Dari aset tersebut, tidak hanya dihitung kuantitasnya saja, namun dilihat juga seberapa baik perusahaan mengelola semua aset yang dimiliki supaya bisa berkembang dan menghasilkan.

Kesimpulannya, valuasi adalah penilaian yang penting dilakukan perusahaan termasuk usaha Anda saat ini. Modal juga penting Anda miliki untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Mutia Fauzia. 02/11/2021, 17:45 WIB. Valuasi: Pengertian, Cara Menghitung, dan Contoh. Money.kompas.com : https://bit.ly/33imZ3x

Share this Post