Bisnis

Apa Itu SIUP? Ini Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Berkas ini yang cukup penting bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah perusahaan perseorangan. Selengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu Surat Izin Usaha Perdagangan beserta manfaat dan cara membuatnya berikut ini.

Pengertian Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan digunakan untuk menjalankan sebuah usaha perdagangan barang maupun jasa. Surat ini harus dimiliki bagi siapa saja yang memiliki usaha perdagangan baik itu perorangan, commanditaire venootschap (CV), maupun Perseroan Terbatas (PT) apalagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penerbit dari dokumen ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berada di sekitar wilayah perusahaan berdiri.

Manfaat Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan digunakan pemerintah untuk mendata semua badan usaha yang ada di Indonesia. Surat Izin Usaha Perdagangan ini sendiri juga mempunyai banyak manfaat dan juga kegunaan yang baik untuk para pelaku bisnis yang memilikinya.

1. Izin Resmi Pemerintah

Pengusaha yang menjalankan sebuah bisnis selain memiliki barang atau jasa juga harus mempunyai pengesahan atau legalisir atas produk-produknya dari pemerintah. Surat Izin Usaha Perdagangan menjadi bukti jika produk yang dihasilkan sudah legal dan sah di mata hukum dan pemerintah. Jadi jika ada penertiban usaha liar, bisnis tersebut tetap aman dan bisa lanjut berjalan.

2. Syarat Utama Penunjang Usaha

Surat Izin Usaha Perdagangan berperan sebagai penunjang usaha seperti untuk pengajuan pinjaman modal pada pihak bank atau untuk mengajukan investasi pada calon investor. Adanya Surat Izin Usaha Perdagangan membuat perusahaan lebih kredibel sehingga tidak ada yang ragu meminjamkan modal usaha atau berinvestasi.

3. Mempermudah Ekspor dan Impor

Perusahaan yang sekarang banyak berdiri di tengah masyarakat hampir semua melakukan perdagangan internasional. Kegiatan tersebut tentunya ada kaitan erat dengan perusahaan di luar negeri. Agar bisa menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan di luar Indonesia, dokumen legalitas tentu sangat diperlukan dan wajib ada yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan. Tak hanya untuk berhubungan dengan perusahaan luar negeri, berkas ini juga bermanfaat dalam mempermudah proses bea cukai.

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Proses untuk membuat Surat Izin Usaha Perdagangan tidak rumit. Paling penting untuk mengurus berkas ini adalah mengetahui alurnya dengan benar. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai proses pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan yang perlu diketahui:

1. Siapkan Dokumen Administrasi

Cari tahu terlebih dahulu jenis usaha dagang yang dijalankan saat ini lalu dapatkan syarat administrasinya apa saja. Setiap jenis usaha yang dijalankan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Paling umum dokumen administrasi yang harus ada seperti fotokopi KTP pemilik usaha yang didukung dengan foto berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar. Selebihnya mengikuti ketentuan tergantung jenis usaha yang dijalankan.

2. Mengisi Formulir

Jika semua dokumen untuk syarat administrasi sudah lengkap dan siap, selanjutnya mengambil dan mengisi formulir pendaftaran yang ada di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan terdekat. Biasanya yang melakukan ini adalah owner jika memang tidak bisa maka perlu surat kuasa untuk bisa mengambil formulir pendaftaran. Jangan lupa untuk membawa materai yang akan digunakan di akhir formulir.

3. Membayar Biaya Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan

Jika formulir sudah diisi lengkap dengan teliti maka selanjutnya menyerahkan dokumen persyaratan dan formulir lalu membayar biaya yang sudah ditentukan kantor dinas setempat. Besar biaya tidak ada patokan karena setiap wilayah memiliki tarif sendiri.

4. Mengambil Surat Izin Usaha Perdagangan

Setelah dua minggu mengumpulkan semua dokumen dan juga sudah membayar biaya pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan maka surat tersebut bisa diambil. Pengambilan surat harus dilakukan oleh owner namun bisa diwakilkan juga dengan membawa surat kuasa.

Kesimpulannya, SIUP adalah dokumen yang penting bagi Anda untuk membangun dan mengembangkan usaha. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Trias. December 10, 2020. Apa Itu SIUP? Inilah Pengertian Dan Panduan Lengkap Mengenai SIUP. Izin.co.id: https://bit.ly/39eAf9j

Share this Post

Artikel Terbaru