Bisnis

Apa Itu Pinjaman Multiguna? Simak Lebih Lengkap Di Sini!

Pinjaman multi guna juga sering disebut sebagai pinjaman menggunakan jaminan. Ini adalah salah satu jalan alternatif yang biasa diambil, khususnya bagi orang yang membutuhkan dana yang jumlahnya banyak namun cair dalam waktu singkat.

Mengenal Pinjaman Multiguna

Pinjaman Multiguna juga sering disebut sebagai kredit multiguna. Salah satu pembiayaan atau pinjaman yang diambil oleh orang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan dana yang cukup banyak saat itu juga.

Kredit multiguna bisa diambil kapan saja asal nasabah memiliki jaminan sesuai dengan persyaratan dari pihak penyedia dana. Jaminan bisa berupa aset seperti Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor kendaraan bahkan sampai sertifikat rumah.

Di era dunia digital seperti sekarang, semakin banyak fintech yang memberikan tawaran kepada nasabah kemudahan kredit multiguna. Pengambilan pinjaman bisa diambil dengan dua cara, secara langsung atau konvensional dan online.

Tak hanya memperhatikan kemudahan proses pengambilan pinjaman saja, pemahaman produk juga penting sebelum memutuskan untuk membuat pengajuan kredit multiguna tersebut. Oleh karena itu, coba pahami dulu kelebihan serta resiko dari pengajuan kredit atau pembiayaan multiguna.

Kelebihan Pembiayaan Multiguna

1. Limit Pinjaman Cukup Tinggi

Kredit multiguna memiliki limit atau plafon pinjaman yang cukup tinggi. Rentang limit kredit multiguna antara 2 juta rupiah sampai 2 miliar rupiah. Tentu saja pinjaman ini baru bisa diambil jika ada jaminan aset yang berharga milik nasabah. Dari adanya jaminan tersebut, pihak pemberi pinjaman akan mengurangi resiko kerugian, jika saja nasabah tidak bisa atau gagal melunasi atau pinjaman yang diambil.

Alasan yang mendasari banyak nasabah membutuhkan kredit multiguna limit yang tinggi tersebut. Selain alasan utamanya yaitu cepat cair daripada jenis pinjaman lain.

2. Tenor yang Panjang

Selain limit atau plafon tinggi, kredit multiguna juga memiliki tenor yang cukup lama atau panjang. Nasabah akan lebih ringan dalam melunasi pinjaman yang diambil, sebab kisaran tenornya antara 5 sampai 10 tahun. Hal tersebut juga bisa membuat nasabah menghindari resiko kredit macet.

3. Jumlah Dana yang Lebih Besar

Adanya jaminan aset berharga membuat jumlah dana pinjaman bisa lebih besar jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan. Hal ini yang juga menjadi alasan kredit multiguna dicari banyak orang. Dana pinjaman yang besar cocok untuk nasabah yang membutuhkan suntikan dana untuk mengembangkan bisnis, bisa juga untuk nasabah yang investasi demi masa depan khususnya pendidikan.

Risiko Pembiayaan Multiguna

1. Kehilangan Aset Berharga

Setiap tindakan tentu memiliki resiko masing-masing. Bagi nasabah yang tidak bisa atau gagal melunasi pinjaman, secara otomatis nanti aset yang dijadikan jaminan disita. Ini merupakan salah satu resiko yang perlu dipikirkan dengan baik. Usahakan untuk mempertimbangkan dulu tentang kemampuan melunasi pinjaman, sebelum menjaminkan aset berharga.

2. Proses Pengajuan Lebih Lama

Jaminan aset berharga dengan nilai yang besar mempengaruhi pengajuan kredit. Pengajuan pinjaman ini lebih lama dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan. Hal ini karena lembaga keuangan membutuhkan waktu lebih untuk memeriksa aset yang dijaminkan dengan teliti dan hati-hati.

Pemeriksaan aset harus sesuai dengan kriteria dan juga syarat yang dipakai lembaga keuangan. Pastikan sebisa mungkin ajukan pinjaman dengan jaminan aset jauh-jauh hari. Jadi nanti saat dibutuhkan dana sudah cair.

Untuk menghindari resiko lain seperti penipuan, hingga resiko gagal melunasi pinjaman sebaiknya pertimbangkan dulu segala sesuatunya sebelum membuat pengajuan pinjaman multiguna. Pastikan untuk memahami betul syarat dan ketentuan berlaku, serta mengetahui kemampuan diri akan membayar pelunasan. Jangan lupa cari juga penyedia dana yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu platform yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Wulan. Jumat, 14 Mei 2021 | 15:00 WIB. Kenali Apa Itu Kredit Multiguna, Fasilitas Pinjaman dengan Jaminan. Cerdasbelanja.grid.id : https://bit.ly/2YRMnuV

Share this Post