Bisnis

Apa Itu Pendanaan Eksternal? Simak Pengertiannya Disini!

Pendanaan eksternal adalah segala bentuk pendanaan yang berasal dari luar perusahaan. Pendanaan eksternal atau external financing menjadi salah satu cara perusahaan agar bisa memperoleh dana dalam jumlah besar untuk mendukung kegiatan bisnisnya. External financing ini diperlukan karena tidak selamanya pendanaan dari dalam perusahaan sendiri bisa menutupi kebutuhan.

Bagi suatu perusahaan, pendanaan dari pihak luar berfungsi sebagai sumber modal jangka panjang seperti ekspansi bisnis misalnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan pendanaan eksternal menjadi andalan dari banyak perusahaan-perusahaan besar. Sumber pendanaan eksternal bentuknya juga lebih variatif daripada pendanaan yang berasal dari perusahaan.

Macam-Macam Sumber Pendanaan Eksternal

Jika pendanaan internal yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri diperoleh dari keuntungan yang ditahan (retained earning) berbeda halnya dengan pendanaan eksternal. Di dalam external financing terdapat beberapa sumber pendanaan, yaitu :

1. Ekuitas

Sumber pendanaan eksternal bisa diperoleh perusahaan dari ekuitas yang dijualnya misalnya saham. Melalui ekuitas perusahaan bisa mendapatkan modal besar dari para investor maupun grup swasta.

Sebagai imbalan atas pendanaan yang diberikan kepada perusahaan melalui ekuitasnya maka investor tersebut berhak atas sebagian perusahaan sesuai persentase saham yang dimilikinya.

Pendanaan melalui ekuitas bisa didapatkan dari Penawaran Umum Perdana (IPO) yang dilakukan perusahaan. Imbalan yang diberikan kepada pemilik dana yaitu dengan memberikan deviden atau bagi hasil dari keuntungan yang diperoleh perusahaan.

2. Modal Ventura

Sumber pendanaan eksternal selanjutnya adalah melalui modal ventura. Disini pemilik modal akan memberikan dana melalui lembaga keuangan yang disebut sebagai perusahaan ventura. 

Namun biasanya untuk mendapatkan pendanaan dari modal ventura ini tidaklah mudah karena seleksi dilakukan secara ketat dan selektif.

3. Investasi

Perusahaan dapat juga memperoleh pendanaan eksternal dari investor individu maupun perusahaan yang lain. Investor tersebut akan memberikan dana dalam jumlah tertentu yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan operasional ataupun proyek yang dilakukan oleh perusahaan.

4. Pinjaman Bank

Pinjaman dari bank menjadi sumber pendanaan eksternal yang paling umum dipilih pelaku usaha maupun perusahaan. Mendapatkan modal melalui pinjaman bank memang lebih mudah dan bisa mencapai jumlah besar. Selain itu perusahaan tidak perlu membuat dan mengeluarkan surat utang untuk meminjam uang kepada lembaga keuangan seperti bank.

Bank atau lembaga keuangan non bank nantinya akan memberikan penawaran kepada nasabah dengan tenor tertentu. Biasanya nasabah juga akan diminta untuk memberikan jaminan atas pinjaman tersebut. Jaminan yang diberikan umumnya adalah aset perusahaan yang digunakan dalam kegiatan operasionalnya.

5. Hibah

Sumber pendanaan eksternal bagi perusahaan mungkin saja diperoleh dari pemberian pihak lain dalam hal ini biasanya berasal dari pemerintah. Pendanaan pemberian yang disebut hibah ini dapat juga berasal dari badan-badan amal tertentu.

Hibah tersebut akan diberikan kepada perusahaan yang telah memenuhi kriteria tertentu misalnya melakukan produksi yang ramah lingkungan.

6. Crowdfunding

Pendanaan eksternal bisa dilakukan menggunakan media sosial yang disebut crowdfunding. Perusahaan akan mendapatkan sumbangan dari masyarakat yang umumnya dilakukan melalui website maupun media sosial. Meskipun biasanya setiap orang hanya menyumbang dalam jumlah kecil namun tidak menutup kemungkinan jumlah total yang diperoleh menjadi besar.

Kesimpulannya, pendanaan eksternal adalah pendanaan yang dibutuhkan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman usaha melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Wibowo Subekti. 17 Oktober 2020. Sumber Pendanaan Perusahaan. Wibowopajak.com : https://bit.ly/3DSdbKn

7 Mei 2019. Apa Itu External Financing?. Wartaekonomi.co.id : https://bit.ly/3s1Vgyq

Share this Post

Artikel Terbaru