Apa Itu Pemasaran Jasa? Pahami Lebih Jauhnya di Sini

Pemasaran jasa adalah kegiatan yang menawarkan produk jasa. Dalam setiap bisnis baik itu bisnis produk maupun jasa pasti memerlukan yang namanya marketing atau pemasaran. Hal ini wajib dilakukan karena tanpa marketing, maka bisnis Anda tidak akan dikenal banyak orang. Orang tidak akan tahu jika Anda menjual sebuah produk sehingga produk tersebut pun cenderung tidak laku. Begitu pula dengan bisnis jasa, Anda juga diwajibkan untuk melakukan pemasaran jasa agar jasa yang Anda tawarkan tersebut bisa digunakan banyak orang dan Anda pun sebagai pebisnisnya bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari pemasaran jasa dibawah ini.

Pengertian Pemasaran Jasa

Pemasaran jasa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen atau distributor dalam rangka menawarkan sebuah produk yang tidak terlihat, tidak berwujud, tidak bisa diraba, dan bahkan tidak bisa dirasakan. Dalam hal ini produk yang dimaksud tersebut disebut dengan nama jasa. Walaupun tidak terlihat jasa tersebut bisa bermanfaat dan digunakan oleh para konsumen.

Dalam praktik bisnis jasa, perusahaan yang menyediakan jasa bagi para konsumen disebut dengan penyedia jasa. Perusahaan ini harus berpikir keras bagaimana jasa yang mereka miliki bisa dikenal oleh masyarakat luas dan pada akhirnya banyak yang menggunakan. Selanjutnya, untuk menuntaskan misi tersebut, maka muncullah pemasaran jasa.

Pemasaran jasa tersebut tujuannya adalah untuk memperkenalkan jasa yang dimiliki kepada para konsumen. Jenis Jasanya sendiri juga sangat beragam. Ada jasa kebersihan, jasa desain grafis, jasa potret, dan masih banyak jasa-jasa lain bergantung pada jenis perusahaannya. Setiap jasa yang berbeda, biasanya cara melakukan pemasarannya pun juga tidak sama. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis jasa yang baru merintis kerajaan bisnisnya.

Karakteristik Pemasaran Jasa

Pemasaran jasa berbeda dengan pemasaran produk. Pemasaran jasa mempunyai ciri-ciri tersendiri sehingga hal tersebutlah yang akan membedakannya dengan pemasaran produk. Ada beberapa karakteristik dari pemasaran jasa yang harus Anda ketahui dengan baik supaya Anda bisa melakukan pemasaran jasa sebagai pebisnis yang kompeten dan profesional.

1. Tidak Berwujud

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jasa memang tidak nampak dan tidak mempunyai wujud. Hal ini berbeda dengan produk yang memang dalam praktiknya wujud yang dijual benar-benar ada dan nampak secara nyata.

2. Tidak Terpisahkan

Jasa tidak akan pernah bisa terpisahkan dari penyedia jasanya. Sebab, tanpa penyedia jasa, maka jasa itu tidak akan pernah ada. Sebagai contoh, Anda memesan jasa perbaikan AC, maka hal ini tentu harus bersama orang yang memperbaiki AC tersebut.

3. Bervariasi

Karakteristik jasa yang selanjutnya yakni bervariasi. Hal ini maksudnya bahwa jasa yang ada antara satu penyedia jasa yang lainnya tidak bisa disamakan walaupun jenisnya berbeda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti halnya karakteristik sang pembuat jasa.

4. Tidak Tahan Lama

Jasa dikatakan tidak tahan lama karena jasa tidak bisa disimpan dan digunakan di kemudian hari. Hal tersebut tidak dapat disimpan dengan lama dan tidak bisa distok kesediaannya layaknya sebuah produk yang dijual.

Kesimpulannya, pemasaran jasa adalah salah satu jenis pemasaran yang penting Anda pelajari jika ingin menjalankan usaha jasa. Lakukan pemasaran pada jasa yang Anda tawarkan baik itu secara online maupun offline. Anda bisa melakukan pemasaran dengan mudah melalui berbagai media sosial yang ada. Pemasaran menggunakan media ini jelas menguntungkan dan tanpa mengeluarkan banyak modal. Namun, jika pemasarannya memang benar-benar kreatif, tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak yang tertarik dengan jasa Anda. Meski begitu, memiliki modal sangat penting untuk mengembangkan usaha jasa lebih jauh lagi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha jasa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha jasa dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Ridwan Karim. April 16, 2021. Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi. Penerbitbukudeepublish.com: https://bit.ly/3rMA11P