Bisnis

Apa Itu Payroll? Berikut Pengertian dan Penjelasannya

Payroll adalah suatu sistem penggajian pada sebuah perusahaan. Cara menghitung payroll tidak semudah kelihatannya. Payroll memainkan peran penting dalam sebuah perusahaan sehingga sistem penggajian harus dilakukan dengan benar dan harus memprioritaskan pertimbangan yang menyeluruh.

Ada banyak faktor yang memengaruhi ketika melakukan perhitungan payroll. Payroll itu sendiri mengacu kepada jumlah bersih yang harus dibayarkan kepada karyawan setelah disesuaikan dengan pajak, serta pemotongan lainnya. Termasuk di antaranya kebijakan perusahaan yang meliputi kebijakan kehadiran, kebijakan gaji, kebijakan cuti dan tunjangan, serta masih banyak lagi.

Penghitungan payroll dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan cara manual, menyewa seorang akuntan, dan menggunakan perangkat lunak. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. Cara Manual

Menghitung payroll secara manual memang akan memakan waktu Anda, akan tetapi cara ini termasuk pilihan yang termurah. Penggajian dengan cara ini tetap harus dilakukan dengan benar dan mematuhi segala perhitungan termasuk pajak yang diperlukan. Kesalahan dalam perhitungan dapat melanggar hukum sehingga Anda berpotensi terkena denda. Pastikan Anda membayar gaji dengan benar dan tepat waktu supaya karyawan senang dan dapat mempertahankan kinerjanya dengan baik.

2. Menyewa Akuntan

Menyewa akuntan menjadi salah satu cara bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan penggajian sendiri. Walau begitu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa seorang akuntan profesional.

Akuntan profesional dan berpengalaman akan bekerja secara akurat dan efisien meskipun dengan data dalam jumlah besar. Sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih ringan dan memiliki banyak waktu untuk fokus ke hal yang lain.

3. Menggunakan Software

Ada cara lainnya apabila Anda ingin melakukan penggajian sendiri dengan mudah, yakni menggunakan perangkat lunak khusus untuk menghitung penggajian. Sistem payroll ini termasuk sistem penggajian modern yang saat ini telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempermudah perhitungan secara akurat dan efisien.

Manfaat Payroll bagi Karyawan dan Perusahaan

1. Bagi Karyawan

Untuk karyawan, adanya sistem payroll bermanfaat untuk mengetahui laporan gaji tiap bulan. Sehingga setiap karyawan dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai berapa gaji bersih yang diterima setiap bulan dengan persentase potongan pajak, termasuk tunjangan-tunjangan lainnya.

Sistem payroll juga dapat memudahkan karyawan mengetahui slip gaji. Bisa saja setiap bulannya besaran gaji yang diterima oleh karyawan berbeda. Hal itu disebabkan oleh beberapa alasan tertentu, di antaranya seperti:

  • Absen dengan tanpa alasan atau keterangan apapun.
  • Jatah lembur.
  • Bonus karena telah mencapai target bulanan.
  • Adanya potongan denda karena melakukan kesalahan yang berpotensi merugikan perusahaan.

2. Bagi Perusahaan

Sedangkan untuk perusahaan sendiri, terutama bagian administrasi atau HR yang meng-handle penggajian karyawan, adanya payroll bermanfaat untuk menghemat waktu. Sebab suatu perusahaan terlebih perusahaan besar tentunya memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit. Sehingga apabila dilakukan tanpa sistem payroll maka akan sangat memakan waktu serta dapat meningkatkan potensi kesalahan penghitungan.

Untuk itulah payroll digunakan untuk membantu pembagian gaji kepada seluruh karyawan serta membuat laporan gaji per bulan bagi karyawan. Manfaat lainnya, payroll bekerja secara otomatis sehingga apabila ada karyawan yang absen satu hari, maka sistem payroll akan secara otomatis menghitung besaran gaji untuk karyawan tersebut.

Simpulannya, payroll adalah suatu sistem penggajian yang lebih modern. Slip gaji yang Anda dapatkan tiap bulan bisa digunakan sebagai pedoman mengatur keuangan. Bila Anda ingin mendapatkan manfaat lebih dari gaji yang Anda terima, Anda bisa menyisihkannya untuk pendanaan di Investree. Mulai dari Rp1 juta, Anda sudah bisa melakukan pendanaan dengan imbal hasil hingga 20% p.a. Unduh Investree for Lender sekarang yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Referensi:

Ani Mardatila. 29 April 2021. Payroll adalah Sistem Gaji dalam Perusahaan, Ini Manfaatnya. Merdeka.com: https://bit.ly/2VM4zod

Share this Post

Artikel Terbaru