Apa Itu Market Share? Inilah Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Market share adalah salah satu komponen penting bagi sebuah perusahaan untuk melihat apakah mereka memiliki kuasa atau tidak. Artinya, market share menjadi bagian penting dalam perusahaan karena berkaitan dengan persaingan bisnis. Khususnya bagi bisnis dengan jenis produk yang sama.

Pengertian Market Share

Dalam dunia bisnis, market share adalah bagian atas seluruh permintaan terhadap suatu produk yang menggambarkan golongan pelanggan berdasarkan ciri tertentu. Penggolongan pelanggan ini umumnya dikelompokkan berdasarkan penghasilan, jenis kelamin, usia, status sosial, serta pendidikan.

Selain itu, market share juga dapat diartikan sebagai bagian dari suatu pasar yang dipimpin oleh sebuah perusahaan yang diwujudkan dalam format persentase. Market share bisa Anda pahami sebagai nilai total persentase penjualan di sebuah perusahaan yang berasal dari banyak sumber dengan nilai total produk dalam suatu industri.

Fungsi Market Share

Adapun berbagai fungsi market share adalah sebagai berikut.

1. Tolak Ukur Keberhasilan Bisnis

Market share adalah salah satu indikator atau tolak ukur yang paling sederhana untuk mengukur keberhasilan suatu bisnis. Jadi, siapa yang dapat menguasai pasar yang lebih luas, maka perusahaan tersebut menjadi yang terbaik diantara kompetitornya.

2. Membandingkan Ukuran Antar Perusahaan

Fungsi kedua dari market share adalah sebagai pembanding ukuran antar perusahaan. Apabila perusahaan Anda berhasil mendapatkan market pasar terbesar, maka revenue yang didapat juga menjadi lebih tinggi.

Apabila ingin listing ke bursa efek, perusahaan terlihat lebih menarik bagi investor karena berhasil menjadi perusahaan tersebut dalam industri tersebut. Begitu sebaliknya, jika market share Anda tidak masuk urutan tiga besar, kemungkinan investor melirik perusahaan Anda akan sangat kecil.

3. Bahan Evaluasi Perusahaan

Terakhir, market share juga berfungsi sebagai bahan evaluasi perusahaan. Misalnya, Anda bisa membandingkan market share perusahaan dengan kompetitor. Mulai dari jenis produk kompetitor yang lebih laris, keunggulan kompetitor menurut konsumen, hingga strategi bisnis seperti apa yang harus dilakukan untuk mengejar keunggulan kompetitor.

Jenis-Jenis Market Share

Setidaknya ada tiga jenis market share yang perlu diketahui para pelaku bisnis. Berikut penjelasannya.

1. Common Market Share

Common market share adalah jenis market share pada umumnya dan diperebutkan oleh seluruh bisnis dalam satu industri yang saling bersaing. Agar bisa menjadi pemenang di jenis market share ini, perusahaan harus bisa mengatur strategi penjualan yang tepat agar bisa dapat mendominasi perusahaan-perusahaan lain.

2. Preferred Market Share

Preferred market share merupakan jenis market share yang didapatkan oleh perusahaan karena melakukan merger atau akuisisi pasar. Misalnya, perusahaan A menguasai 15% pasar dan perusahaan B memenangkan 7,5%. Maka di kemudian hari, perusahaan A melakukan akuisisi terhadap perusahaan B sehingga mendapatkan tambahan market share hingga menjadi 22,5%.

3. Mutual Fund Share

Mutual fund share adalah jenis pembagian pangsa pasar berdasarkan saham yang dimiliki oleh investor. Sebagai contoh, Anda memiliki saham 5% di 10 perusahaan teknologi di Indonesia. Nah, jika 10 perusahaan tersebut berhasil menguasai market share industri sebanyak 80%, otomatis mutual fund share Anda sebesar 4% di industri tersebut.

Contoh Market Share

Untuk bisa mengetahui market share sebuah perusahaan, Anda perlu mengetahui rumus menghitungnya, yaitu:

Market share = (pendapatan perusahaan/pendapatan total industri) x 100%

Dari rumus tersebut, Anda bisa mengetahui pendapatan perusahaan pada tahun 2021 misalnya sebesar Rp 37.500.000. Sedangkan total pendapatan industri pada waktu yang sama sebesar Rp 355.000.000. Maka, cara menghitung market share perusahaan yang benar adalah sebagai berikut.

Market share = (37.500.000/355.000.000) x 100%

Market share = 10,56%

Jadi, dari perhitungan tersebut diketahui bahwa perusahaan Anda berhasil menguasai 10,56% pangsa industri.

Itulah penjelasan singkat seputar market share yang wajib dipahami setiap pelaku bisnis. Agar perusahaan Anda terus berkembang dan bisa menguasai pasar industri, maka bisa coba untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Tidak dapat dipungkiri jika kini banyak perusahaan yang mencari investor untuk mendapatkan pinjaman modal usaha agar bisnisnya bisa terus berkembang. Nah, kini Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di Investree dengan bunga yang relatif rendah dan sistem transparan.

Masih ragu mengajukan pinjaman modal usaha di Investree? Silakan kunjungi website resminya sekarang juga.

Referensi:

https://accurate.id/bisnis-ukm/market-share/#Cara_Mengetahui_Ukuran_Pasar

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/05/10/market-share-adalah