Bisnis

Apa Itu Manajemen Pemasaran Jasa? Simak Lebih Lengkapnya

Sebagai pelaku usaha di bidang jasa, Anda wajib melakukan manajemen pemasaran jasa. Manajemen ini sangat penting dilakukan karena persaingan di luar sana sangat ketat. Jika Anda tidak mempunyai manajemen dengan baik, maka produk jasa yang ditawarkan tersebut akan tenggelam dengan sendirinya. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan usaha Anda gulung tikar secara perlahan karena tidak mampu memanajemen jasa dengan baik. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran Jasa

Manajemen pemasaran jasa adalah sebuah proses pengelolaan pemasaran atau marketing produk jasa yang dilakukan oleh penyedia jasa dengan tujuan produk jasa miliknya bisa dikenal masyarakat dengan baik sehingga mendorong mereka untuk menggunakan jasa tersebut. Manajemen pemasaran jasa ini tentunya akan berbeda dengan manajemen pemasaran produk karena karakteristik antara produk dan jasa memang berbeda pula.

Dalam manajemen pemasaran jasa, sistem pemasaran yang harus dilakukan tidak hanya dipahami oleh penyedia jasa atau pimpinan perusahaan saja. Akan tetapi, semua karyawan juga harus terlibat dalam pemasaran tersebut. Perusahaan dan para karyawan yang menyediakan jasa harus bisa meyakinkan calon pengguna jasa bahwa jasa yang mereka tawarkan memang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Strategi Manajemen Pemasaran Jasa

Manajemen pemasaran jasa yang akan Anda lakukan tidak boleh dijalankan dengan asal-asalan saja. Anda harus menjalankan manajemen pemasaran dengan strategi yang matang. Tanpa adanya strategi pemasaran, maka manajemen pemasaran yang Anda lakukan akan menemui banyak kegagalan. Pastikan bahwa strategi yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi sekitar pada saat itu. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap laku atau tidaknya produk jasa milik Anda. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda terapkan.

1. Mengelola Diferensiasi Jasa

Dalam menjalankan bisnis jasa, pastinya akan ada kompetitor berat yang juga menawarkan produk jasa serupa dengan milik Anda. Agar pemasaran jasa Anda tetap berhasil dan laku keras, maka Anda harus melakukan diferensiasi jasa. Hal ini maksudnya adalah Anda harus membuat inovasi baru dan perbedaan yang mencolok dari kompetitor yang lain agar produk Anda memiliki ciri khas tersendiri.

2. Berpusat Pada Pelanggan dan Karyawan

Untuk menyukseskan manajemen pemasaran jasa yang dilakukan, maka pemasaran harus berpusat pada pelanggan sekaligus karyawan. Sebab, karakter jasa yang ditawarkan oleh perusahaan berpusat pada karyawan yang membuat jasa tersebut. Selanjutnya, perusahaan juga harus tetap memperhatikan karakter pelanggan. Hal ini berhubungan dengan keinginan pelanggan terhadap jasa yang akan digunakan.

3. Mengelola Kualitas Jasa

Strategi berikutnya dalam manajemen pemasaran jasa yakni mengelola kualitas jasa. Sebuah perusahaan jasa akan tetap eksis jika mereka mengedepankan dan tetap menjaga kualitas produk jasa yang dijual. Oleh sebab itu, kualitas jasa harus tetap dipertahankan dan jangan ceroboh dalam menjaga kualitas tersebut.

4. Mengelola Produktivitas Jasa

Produktivitas jasa juga sangat penting untuk dilakukan dalam manajemen pemasaran jasa. Produktivitas yang dimaksud adalah berkaitan dengan waktu dan banyaknya jasa yang dilakukan. Jangan sampai karyawan perusahaan mengerjakan jasa yang dipesan oleh pengguna jasa dalam waktu yang melebihi deadline. Hal ini akan membuat pengguna jasa kecewa terhadap perusahaan jasa tersebut.

Dalam manajemen pemasaran jasa, Anda harus teliti dan mampu melihat kondisi pasar pada saat itu. Dengan begitu, nantinya Anda akan bisa menciptakan sebuah produk jasa yang memang berbeda dengan yang lainnya. Hal ini akan menjadi sebuah inovasi baru yang lebih menarik perhatian dari masyarakat yang akan menjadi pengguna jasa tersebut. Selain manajemen pemasaran jasa yang baik, Anda harus memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha jasa. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha jasa, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha jasa dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Ibnuismail. May 17th, 2021. Strategi Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi Ampuhnya. Accurate.id: https://bit.ly/3rHcJKZ

Share this Post